Air Terjun Campuhan – Twin Waterfall Gitgit Buleleng Bali

Air Terjun Campuhan BulelengTwin Waterfall Bali – Apakah anda sedang mencari Tempat Wisata Alam di Bali yang menawarkan keindahan Air terjunnya yang indah ? Jika Iya, Yuk kita kunjungi Air Terjun Campuhan.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya, admin blog seputar infomasi Tempat-tempat wisata di Bali, yang kali ini akan me-review Objek wisata yang berjuluk Twin Waterfall.

Informasi ini masih kelanjutan dari Daftar Tempat Wisata Air Terjun di desa Gitgit, Kabupaten Buleleng Bali bagian utara.

Seperti yang sudah saya review sebelumnya ada Air Terjun Nungnung, Air Terjun Les Yeh Mampeh, Air Terjun Gitgit dan Air Terjun Bertingkat.

Seperti apa sih daya pikat objek wisata air terjun Campuhan di Buleleng Bali utara ini ? berapa harga tiket masuk dan dimana alamat/lokasi serta bagaimana cara menuju ke sana ?

Nah untuk itu, di bawah ini kang dian akan membedahnya secara detil dan lengkap bagi sahabat pembaca setia blog tempatwisatadibali.info.

Air Terjun Campuhan – Twin Waterfall Buleleng Bali

Air Terjun Campuhan Gitgit Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, membicarakan seputar Tempat Wisata di Bali yang sangat menarik memang tidak akan ada habis dan matinya.

Jika persepsi kita selama ini pulau dewata hanya terkenal dengan destinasi wisata Pantai Pasir Putih Bali nya, ternyata itu salah.

Berwisata ke Bali yang ngehits saat ini itu bukan hanya menikmati pesona Pantai Pandawa, Pantai Nusa Dua Bali atau Pantai Sawangan, Pantai Mengiat dan Pantai Segara Samuh.

Masih banyak objek wisata di pulau dewata Bali lainnya untuk anda kunjungi, salah satunya adalah objek wisata air terjunnya yang juga terkenal sangat indah.

Pariwisata di Bali saat ini terus tumbuh dan berkembang, seiring semakin banyaknya wisatawan baik dalam dan mancanegara yang datang liburan ke Bali.

Dan salah satu wilayah atau daerah Bali yang saat ini ramai dikunjungi wisatawan adalah Kabupaten Buleleng Bali.

Salah satu primadona tempat yang menjadi daya tarik wisata dari kabupaten di Bali utara ini adalah objek wisata air terjun di desa Gitgit, yaitu Air Terjun Campuhan.

Daftar Air Terjun di Kabupaten Buleleng Bali

Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Air Terjun di Desa Gitgit Kabupaten Buleleng Bali

Sahabat, sebelum kang dian jelaskan seputar daya tarik wisata dari air terjun Campuhan di desa Gitgit ini, ada baiknya anda tahu fakta menarik yang satu ini.

Sahabat traveler’s, tahukah anda bahwa 95 persen objek wisata Air Terjun Terindah di Bali yang sangat indah itu ada Kabupaten Bali ?

Ya benar, dan alasannya adalah karena tofografi atau wilayah geografis dari kawasan selatan Buleleng itu dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan.

Provinsi Bali sendiri yang memiliki luas sekitar enam ribu kilometer persegi, memang saat ini sudah dikenal sebagai destinasi favorit dengan air terjunnya.

Dan berikut adalah beberapa objek wisata air terjun yang berada di kabupaten Buleleng Bali yang wajib anda ketahui selain Air Terjun Campuhan atau turis asing menyebutnya Twin Waterfall.

Di Buleleng ada Ada Air Terjun Sekumpul, Air Terjun Munduk, Air Terjun Melanting, Air Terjun Lemukih, Air Terjun Aling-Aling dan Air Terjun Campuhan ( Twin Fall ).

Juga masih ada Air Terjun Mekalongan, Air Terjun Carat, Air Terjun Jambong serta Air Terjun Les atau Air Terjun Yeh Mampeh.

Bagaimana sahabat traveler’s, banyak juga bukan ? so, jika anda sedang liburan di sekitar Buleleng Bali, jangan sampe lewatkan juga air-air terjun di atas.

Daya tarik Wisata Air Terjun Campuhan

Air Terjun Campuhan Gitgit Buleleng BaliSahabat traveler’s, pesona dari air terjun ini memang luar biasa, dan tidak salah jika turis asing memberinya julukan Twin Waterfall Bali.

Daya tarik tempat wisata air terjun di Kabupaten Buleleng Bali ini menawarkan kawasan wisata alam yang sangat alami, dengan pemandangan yang indah.

Jika dilihat dalam bahasa Bali, kata “Campuhan” sendiri bisa diartikan dengan kata “Campur“.

Dan sesuai dengan namanya, maka air terjun ini pun ternyata merupakan lokasi percampuran dari 2 anak sungai yang mengalirinya.

Yang cukup unik adalah, sumber mata air terjun ini berasal dari 3 buah sumber mata air yang ada di hulunya.

Air Terjun Campuhan saat ini tercatat sebagai salah satu tempat wisata air terjun tertinggi di Bali, karena memiliki ketinggian 45 meter.

Warga sekitar yang tinggal lama di sekitar areal wisata, lama mengenal air terjun ini dengan nama Air Terjun Kembar.

Hal tersebut sangat beralasan karena jika anda perhatikan di tempat itu anda akan bisa melihat 2 buah air terjun yang berdampingan dan bentuknya sama.

Nah di bawah kedua air terjun tersebut, terdapat sebuah kolam kecil tempat jatuhan air terjunnya, dengan warna air yang sangat jernih dan suhunya dingin.

Sahabat traveler’s, lokasi air terjun campuhan buleleng ini berada di antara tebing yang cukup sempit.

Pepohonan rimbun nan hijau yang menghiasi kawasan tersebut menjadikan suasana di sekitar air terjun ini pun sangat sejuk dan cukup gelap.

Kegiatan Wisata Menarik di Air Terjun Campuhan

Sahabat traveler’s, ada banyak aktifitas wisata yang bisa anda lakukan selama menghabiskan waktu liburan di Air Terjun Campuhan.

Berenang

Air Terjun Campuhan Gitgit Buleleng BaliSahabat traveler’s, datang ke sebuah objek wisata alam berupa air terjun, sudah tentu selain menikmati keindahan pemandangan juga untuk bermain air.

Salah satunya adalah menikmati air terjun dengan menceburkan diri ke kolam air alaminya nya.

Nah lokasi kolam yang bagus dan aman untuk berenang adalah air terjun campuhan yang paling atas, yang para turis menyebutnya twin waterfall.

Di sini anda bisa berenang sepuasnya, di dalam air yang suhunya sangat dingin namun akan membuat tubuh akan fresh sesudahnya.

Yang menarik, pengelola juga sudah menyediakan semacam tali yang bisa anda gunakan untuk berayun dan melompat ke dalam air kolam.

Kegiatan bermain air yang paling disenangi pengunjung yang datang ke sini adalah duduk tepat di bawah kucuran air terjun ini.

Bermain Seluncuran

Masa kecil anda kurang bahagia ? jika iya seperti kang dian sendiri, maka cobalah anda bermain seluncuran di atas permukaan bebatuan licin di sini.

Melakukan hal ini pastinya anda harus hati-hati,jangan sampai anda jatuh di bawah dengan posisi tubuh yang salah.

Aktifitas ini bisa dikatakan cukup ekstrim, namun bagi anda penyuka petualangan dan hal baru, pasti akan menikmatinya.

Bersantai Menikmati Alam

Sahabat traveler’a, bagi anda yang tidak suka basah-basahan atau selesai bermain air, aktifitas lainnya yang juga seru adalah bersantai.

Di sini anda bisa duduk-duduk di atas saung atau di atas bebatuan, sambil mata anda menikmati pemandangan alam yang hijau, asri dan indah.

Rasakan sejuknya udara di sini, tariklah nafas anda dalam-dalam, maka dalam sekejap pikiran dan hati anda akan damai dibuatnya.

Berfoto selfie

Air Terjun Campuhan Gitgit Buleleng BaliNah sahabat traveler’s, untuk aktifitas yang ini sudah pasti akan jadi suatu kewajiban yang tidak akan pernah anda lewatkan bukan ?

Banyak sekali spot menarik yang bisa anda jadikan bacground untuk berfoto sendiri atau bareng sama teman, saudara atau pasangan anda di sini.

Salah satunya ya anda berfoto dengan latar belakang air terjun yang putih dan terlihat sangat eksotis ini.

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa aktifitas wisata menarik yang bisa anda lakukan di saat menikmati liburan di Air Terjun Campuhan Gitgit Buleleng Bali ini.

Tips Wisata ke Air Terjun Campuhan

Sahabat traveler’s, meski tempat ini sangat asyik dijadikan tempat bermain air atau sekedar menikmati keindahan alam, namun ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan.

Salah satunya adalah masalah keamanan bagi anda yang mau berenang di kolam air terjun campuhan ini.

Saat ini rekomendasi kolam air yang bisa anda renangi adalah kolam air terjun campuhan yang letaknya berada paling atas.

Kedalaman kolam air ini sekitar 2 meter, dengan kondisi air yang tenang dan jatuhnya air juga tidak langsung terjun ke bawah.

Hindari bagi anda yang tidak memiliki kemampuan berenang yang baik untuk terjun atau bermain di kolam air terjun dibawahnya.

Yang kedalamannya mencapai 8 meter, cukup berbahaya untuk anda berenang di sini, karena airnya terjun jatuh langsung ke dasar.

Bahayanya adalah jika anda terjun ke sini, maka hal yang tidak diinginkan seperti tersedot arus air ke bawah akan sangat membahayakan nyawa anda.

Hal penting lainnya yang wajib anda perhatikan untuk kenyamanan dan keamanan anda liburan di sini adalah hindari datang ke sini di saat puncak musim hujan. atau cuaca buruk.

Hal ini mengantisipasi kejadian seperti air datang tiba-tiba besar seperti air bah yang datang dari hulu.

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa tips wisata yang semoga bermanfaat bagi kenyamanan dan keamananan anda.

Fasilitas Wisata Air Terjun Campuhan

Sahabat traveler’s, untuk memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjung, di lokasi wisata ini tekah disediakan beberapa fasilitas wisata.

Selain ada gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk duduk bersantai dan istirahat, juga terdapat warung yang menjual aneka makanan dan minuman.

Tidak hanya itu, di sini juga telah disediakan toilet yang cukup refresentatif, serta ada areal parkir meski tidak terlalu besar.

Sebelum pulang, anda juga bisa menyempatkan mengunjungi kios yang menjual aneka kerajinan khas bali untuk anda beli sebagai oleh-oleh ke rumah.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Campuhan

Sahabat traveler’s, setiap pengunjung yang akan memasuki kawasan wisata air terjun ini akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.5.000/orang.

Sementara untuk tarif retribusi parkir adalah Rp.2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp.5.000 untuk parkir kendaraan rida empat.

Catatan : harga di atas tiket masuk dan parkir saat tulisan ini dibuat, dan mungkin ke depan berubah seiring ramainya objek wisata ini.

Alamat Air Terjun Campuhan

Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali Indonesia.

Nomer Telepon Objek Wisata Air Terjun Campuhan

Lokasinya yang jauh dari jalan utama, bisa jadi alasan tempat ini belum mempunyai nomer kontak yang bisa anda hubungi untuk mengetahui info tempat ini.

Jam Buka Tempat Wisata Air Terjun Campuhan

Waktu operasional tempat wisata air terjun twin waterfall buleleng bali ini adalah setiap hari, mulai pukul 07.00 – 17.00 WITA.

Peta Lokasi Air Terjun Campuhan di Desa Gitgit Buleleng Bali

Silahkan anda bisa melihat di sini

Rute Jalan Menuju ke Air Terjun Campuhan Bali

Sahabat traveler’s, objek wisata air terjun di desa gitgit ini berjarak sekitar 15 km atau 50 menit waktu berkendaraan dari kawasan wisata Bedugul Bali.

Sementara jika dari arah ibukota provinsi Bali Denpasar, maka lokasi wisata di buleleng ini berjarak 66 km.

Dan jika dari Air Terjun Sekumpul, maka lokasi twin waterfall ini berjarak sekitar 20 kilometer.

Jalan yang dilewati cukup menantang, berkelok-kelok dengan kontur jalan yang naik dan turun, serta akan melintasi Candi Kuning.

Supaya tidak terlewati, silahkan anda perhatikan jalan masuk menuju lokasi air terjun ini dengan melihat plang yang ada di sisi jalan raya.

Nah sesampainya di areal parkiran, maka hal selanjutnya adalah melanjutkan perjalanan menuju lokasi air tejun dengan berjalan kaki.

Jarak dari lokasi parkir ke tempat loket masuk air terjun campuhan di desa Gitgit ini lumayan jauh, sekitar 400 meter.

Sahabat perjalanan belum selesai, setelah anda membayar tiket masuk di loket, maka anda pun masih harus berjalan sekitar 300 meter lagi menuju titik lokasi air terjun.

Anda akan menyusuri jalan setapak yang tidak terlalu lebar berupa anak tangga yang lumayan akan menguras stamina anda.

Namun demikian, anda tidak usah khawatir, rasa lelah dan capek akan terobati dengan surga alam yang ada di bawah, yaitu pesona air terjun campuhan.

Nah sahabat traveler’s, bagaimana cukup menarik dan sangat menantang bukan tempat wisata di Bali utara ini bukan ?

Dari sekarang jangan sampai anda lewatkan kembali untuk mendatangi tempat wisata air terjun ini, sebelum anda menyesal kemudian.

Tempat Wisata di sekitar Air Terjun Campuhan Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, kang dian mau informasikan bahwa, dekat lokasi tempat wisata ini pun ternyata ada satu lokasi air terjun lainnya.

Namanya adalah Air Terjun Mekalangan, yang mana merupakan rangkaian atau kelanjutan dari aliran air yang berasal dari Air Terjun Twin Waterfall.

Nah sahabat traveler’s, demkian saja informasi Tempat Wisata di Bali yang sangat eksotis wisata alamnya, yang ada di desa gitgit buleleng Bali, Twin Waterfall atau Air Terjun Campuhan.

Air Terjun Campuhan
  • Air Terjun Campuhan
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Air Terjun Campuhan
Julukan : Twin Waterfall
Alamat : Ds.Gitgit, Sukasda Buleleng Bali
No Tlp : -
Jam Buka : 07.00 - 17.00 WITA
HTM : Rp.5.000
Fasilitas : Gazebo, Kios, Toilet dll

4.8
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)

No Responses

  1. adminbali 16 Juli 2017

Leave a Reply

Sending