Air Terjun Gitgit Buleleng Bali – Info Sejarah,Lokasi & Tiket Masuk

Air Terjun Gitgit – Apakah anda sedang mencari Tempat Wisata di Bali yang menawarkan pesona air terjun yang indah dan masih alami ? Jika iya kunjungilah Air Terjun Gitgit di Kabupaten Bulelang Bali.

Hai sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan kang Dian, penulis blog informasi seputar Wisata Bali, yang kali ini akan mereview satu Tempat Wisata Air Terjun di Bali, Air Terjun Gitgit.

Informasi ini adalah kelanjutan dari review Daftar Air Terjun di Bali yang ada di Kabupaten Buleleng yang sudah saya kupas, yaitu Air Terjun Nungnung.

Nah lalu seperti apa daya tarik wisata Air Terjun Gitgit ini ? dimana alamat atau lokasinya ? bagaimana cara menuju ke sana dan berapa harga tiket masuknya ?

Baiklah di bawah ini kang dian akan berikan informasinya secara detil dan lengkap khusus bagi anda pembaca blog tempatwisatadibali.info.

Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, jika berbicara seputar Tempat Wisata di Bali memang sangat beragam sekali, dan itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Sejumlah Tempat Wisata Pantai di Bali memang selama ini dikenal sebagai destinasi favorit wisatawan baik dalam maupun mancanegara.

Sebut saja contohnya Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Pandawa dan kemudian Pantai Nusa Dua Bali yang saat ini sedang ngehit dan masih banyak yang lainnya.

Namun pertanyaannya apakah wisata Bali yang terkenal dan wajib anda kunjungi hanya pantainya saja ? tentu jawabannya bukan.

Ada banyak tempat wisata di pulau Bali selain pantai yang bagus dan sangat menarik juga untuk dikunjungi.

Salah satu Objek Wisata di Bali yang tidak kalah menarik, eksotis dan romantisnya dengan wisata Pantai di Bali adalah wisata Air Terjunnya.

Dan salah satu destinasi wisata favorit wisatawan yang menawarkan daya tarik wisata air terjun yang indah menawan dan menantang adalah Air Terjun Gitgit.

Air Terjun ini berlokasi di Desa Gunung Luwih Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, bagian selatan provinsi Bali Indonesia.

Lokasinya berjarak 11 KM dari ibukota kabupaten Buleleng Singaraja, dan sekitar 90 KM dari ibukota Provinsi Bali, Denpasar.

Air Terjun Gitgit memiliki ketinggian sekitar 48 meter di atas permukaan sungai, dengan lebar paling atas 3 meter dan ke bawah semakin lebar hingga 5 meter.

Bagi penduduk sekitar, objek wisata air terjun ini juga sering disebut dengan nama Air Terjun Desa.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Gitgit

Sahabat traveler’s, Jika ditanya dimana lokasi tempat wisata Air Terjun di Bali paling indah dan banyak pilihannya ? maka Bali utara dengan Buleleng adalah juaranya.

Di Kabupaten Bali ini ada banyak sekali objek wisata air terjun yang sangat indah selain Air Terjun Gitgit seperti Air Terjun Munduk dan Sekumpul, Air Terjun Les dan yang lainnya.

Nah lalu, hal menarik dan luar biasa apa yang bisa anda dapatkan ketika melakukan perjalanan wisata ke air terjun ini ?

Air Terjun di Bali Yang Indah dan Masih Perawan

Air Terjun Gitgit Buleleng BaliSahabat traveler’s, Objek wisata ini sendiri lokasinya yang masuk wilayah Tempat Wisata di Bali utara ini terletak di daerah pegunungan Gitgit.

Sehingga dengannya obyek wisata air terjun Gitgit ini menawarkan eksotisme alam nan sejuk, khas sebuah kawasan yang ada di dataran tinggi pegunungan.

Air terjun yang jatuh dari atas tebing ke bawahnya cukup tinggi sekitar 48 meter, sehingga menjadikannya sebagai air terjun tertinggi di Bali.

Oleh karena tinggi dan kuatnya arus air, embun dan uap air yang jatuh dari atas tebing tersebut nampak beterbangan membasahi sekitarnya.

Aliran air yang jatuh ke bawahnya juga warnanya sangat jernih dan bersih, serta dingin sehingga memancing anda untuk segera berendam di sana.

Suhu udara di kawasan air terjun ini sangat sejuk, dengan suasana yang cukup tenang karena lokasinya jauh dari hiruk pikuk bisingnya hidup di perkotaan.

Tempat Wisata Air Terjun di Buleleng Bali ini ibarat sebuah surga bagi wisatawan asal perkotaan, karena tempat ini layaknya sebagai tempat terapi tubuh dan jiwa secara alami.

Kawasan hutan disekitarnya masih perawan rimbun sekali, dan telah menjadi habitat alami bagi aneka satwa seperti Burung yang tidak lelah bernyanyi.

Objek Wisata Adventure di Bali

Sahabat traveler’s, jika anda seorang traveler’s yang punya jika adventure, menaklukan medan menuju wisata air terjun ini punya sensasi tersendiri.

Perlu anda ketahui bahwa, jalanan menuju lokasi air terjun ini adalah berupa jalanan setapak dan berkelok serta medannya naik turun dan juga licin.

Jadi kesiagapan dan kesiapan anda untuk melintasi rute jalan ke air terjun gitgit ini jelas akan menguji nyali dan adrenalin anda.

Wisata Unggulan Bali Selatan

Air Terjun Gitgit Buleleng BaliSahabat traveler’s, alasan lain kenapa anda wajib mengunjungi salah satu Tempat Wisata di Bali Selatan ini adalah karena fasilitas wisatanya lengkap.

Kita ketahui kawasan Bali selatan adalah merupakan destinasi wisata di Bali yang saat ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Hal ini dikarenakan selain letaknya yang cukup dengan Bandar Udara Internasional Ngurah rai, juga sarana dan prasarana wisatanya sangat lengkap.

Di kawasan Bali Selatan banyak tersedia pilihan penginapan mulai dari hotel berbintang hingga villa serta pusat kuliner seperti restaurant dan cafe.

Belum lagi kawasan Bali Selatan sangat populer sebagai buruan para wisatawan yang menyukai liburan di Pantai Bali yang berpasir putih.

Jadi ketika anda memilih liburan ke Air Terjun Gitgit ini, semua fasilitas wisata yang akan menjadikan liburan anda menyenangkan, mudah dan lengkap tersedia.

Kegiatan Menarik di Air Terjun Gitgit

Banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan jika berkunjung ke Air Terjun Gitgit ini, diantara yang terpopuler adalah sebagai berikut ;

1.Berenang

Sahabat traveler’s, kegiatan favorit pengunjung yang datang ke sini sudah pasti adalah berendam di air kolam air terjun ini.

Aktifitas bermain air sambil menikmati keindahan dan kesejukan tempat ini sambil merefresh tubuh di kolam air terjun yang dingin adalah hal asyik dan menyenangkan.

2.Tempat Pemotretan

Bukan rahasia lagi, keindahan dari air terjun ini telah memikat banyak fotografer untuk menjadikan lokasinya ini sebagai buruan jepretan kamera mereka.

Eksotisme alam berupa air terjun dengan background alam sekitarnya yang masih alami, bersih dan hijau membuat banyak pilihan spot menarik untuk dipilih.

3.Trekking

Air Terjun Gitgit Buleleng BaliSahabat traveler’s, keseruan dari objek wisata air terjun ini sudah dimulai saat anda mulai menuju lokasi loket tempat wisata air terjun ini.

Lokasinya berada sekitar 50 meter dari loket penjualan tiket dan areal parkir, dengan kemiringan medan 45 derajat.

Anda harus berjalan menyusuri jalan setapak selebar 1 meter melewati anak tangga dari paving block yang sudah diberi pengaman pembatas besi di sisi kanan kirinya.

Dengan rute jalan yang berkelok, naik dan turun menerobos rerimbunan pepohonan serta rambatan semak belukar yang tumbuh pada tebing adalah hal sungguh asyik.

Selama perjalanan anda pun akan bisa menyaksikan hamparan hijau pesawahan dengan suasana khas alam pedesaan, dan juga perkebunan cengkeh dan kopi.

Fasilitas Wisata Air Terjun Gitgit

Sahabat traveler’s, pengelolaan Tempat Wisata di Buleleng Bali ini sudah tertata dengan baik untuk beri kenyamanan kepada pengunjungnya.

Di sini telah ada fasilitas wisata belanja berupa kios-kios yang menajajakan aneka barang cendera mata atau souvenir khas Bali.

Tidak hanya itu, untuk keperluan makan dan minum di, di kawasan ini pun sudah tersedia beberapa warung atau kios yang menyediakan aneka makanan dan minuman.

Untuk keperluan tempat istirahat wisatawan, di sekitar lokasi air terjun, juga sudah disediakan bale yang cukup besar dengan kursi dari semen.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Gitgit

Sahabat traveler’s, informasi harga tiket masuk terbaru ke air terjun gitgit adalah setiap pengunjung dikenakan tarif Rp.5.000 (dewasa) dan Rp.3.000 (anak).

Alamat Air Terjun Gitgit

Desa Gunung Luwih Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali Indonesia

Jam Buka Objek Wisata Air Terjun Gitgit

Waktu operasional tempat wisata air terjun di bali ini adalah setiap hari, mulai buka pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Peta Lokasi Air Terjun Gitgit

Silahkan anda bisa lihat di sini

Rute Jalan Menuju Air Terjun Gitgit

Sahabat traveler’s, cara mengakses lokasi ini sangatlah mudah, karena lokasinya berada dekat pinggir jalan raya Denpasar – Bedugul – Singaraja.

Lokasi air terjun ini hanya berjarak sekitar 11 km dari Singaraja ke arah selatan menuju desa Pancasari dan 16 km dari kawasan wisata Bedugul.

Sedangkan bagi anda yang dari arah kota denpasar, anda harus menempuh jarak 67 km atau membutuhkan waktu berkendara sekitar 2 jam perjalanan.

Jika dari denpasar, rute jalannya adalah silahkan arahkan kendaraan anda menuju Bedugul atau singaraja.

Setelah anda melewati Bedugul, lanjutkan arah kendaraan anda menuju Gitgit atau Singaraja.

Nah setelah tiba di desa Gitgit, maka selanjutnya perhatikan papan arah petunjuk menuju lokasi air terjun yang berada di samping kiri jalan.

Sahabat traveler’s, akses jalan menuju lokasi aur terjun ini sangatlah bagus, karena jalan rayanya sudah beraspal hotmix.

Namun ada hal yang harus anda perhatikan, karena lokasi air terjun ini berada di dataran tinggi pegunungan.

Yaitu anda harus berhati-hati karena jalanannya berkelok, dengan tikungan tajam naik dan turun serta jalanannya sering diselimuti kabut putih cukup tebal.

Nah sahabat traveler’s, cukup mudah dan jelas bukan ? bagaimana apakah anda tertarik berkunjung ke sini ? pasti tertarik bukan ?

Apalagi perlu anda tahu, ternyata jika kita berwisata ke air terjun gitgit ini, maka disekitar kawasan desa Gunung Luwih Gitgit ini ada empat air terjun lainnya.

Asyiknya, lokasi ke empat air terjunnya tersebut sangat berdekatan, sehingga bagi anda yang berjiwa petualang, ini bisa jadi perjalan wisata yang lengkap dan menyenangkan bukan ?

Daftar Air Terjun di Desa Gunung Luwih Gitgit Buleleng Bali

1.Air Terjun Bertingkat

Air Terjun Bertingkat Gitgit Buleleng BaliSahabat dari namanya saja objek wisata air terjun di desa Gitgit ini sudah bisa ditebak, daya tariknya adalah air terjun dengan beberapa tingkatan.

Terdapat 3 tingkatan air terjun di sini, dengan tingkat ketinggian yang cukup tinggi dan berbeda-beda, serta curahan air yang mengalir di atas bebatuannya.

Masing-masing tingkatan air terjun ini, di bawah tempat jatuh airnya terdapat kolam di dasarnya, dengan warna air yang jernih dan bersih.

Kegiatan wisata menarik di Air terjun bertingkat ini adalah selain berenang, anda juga bisa bermain di pas jatuhan air terjun serta naik ke teras yahg lebih tinggi.

Bagi pengunjung yang mau datang ke sini tidak ada pemungutan tiket masuk dan parkir, alias gratis untuk saat ini.

Sementara untuk fasilitasnya, di sini sudah terdapat beberapa gazebo, serta warung penjual makanan dan minuman.

2.Air Terjun Campuhan

Air Terjun Campuhan Gitgit Buleleng BaliSahabat travler’s, objek wisata lainnya yang ada di sekitar Air Terjun Gitgit adalah air terjun Campuhan, yang namanya dalam bahsa Bali diartikan “Campur”.

Daya tarik objek wisata ini adalah air terjun ini memiliki ketinggian 45 meter, dan campuran 2 sungai dari 3 sumber mata air terjunnya.

Di areal bawah air terjun terdapat kolam air yang berukuran kecil namun airnya sangat jernih dan dingin.

Air terjun ini berada di antara tebing yang sempit dan dikelilingi rimbunya pepohonan, sehingga suasanya cukup dingin dan gelap.

Air terjun Campuhan ini ternyata dikenal juga dengan nama Air Terjun Kembar, karena di sini ada dua buah air terjun berdampingan yang bentuknya sama atau kembar.

Setiap pengunjung yang akan masuk ke objek wisata air terjun campuhan atau air terjun kembar ini, maka perlu menyiapkan Rp.5.000/orang untuk bayar tiket masuknya.

Untuk fasilitasnya di sini sudah tersedia areal parkir meski cukup sempit, kemudian ada kedai makanan dan minuman serta penjual kerajinan tangan.

3.Air Terjun Colek Pamor

Air Terjun Colek Pamor Gitgit Buleleng BaliSahabat traveler’s, nama air terjun ini cukup unik bukan ? dan dikenal juga dengan nama lain Air Terjun Gitgit 2.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 20 meter, dengan sumber airnya berasal dari sebuah gua yang merupakan jalur air bawah tanah.

Gua ini adalah yang menghubungkan aliran air sungai dari sungai Buleleng menuju desa gunung luwih Gitgit.

Lokasinya berada lebih atas dari lokasi Air Terjun Campuhan atau Kembar, dan untuk mengakesnya anda harus masuk ke dalam hutan.

Daya tarik wisatanya, karena letaknya yang tersembunyi dan masih sangat alami, maka banyak wisatawan yang datang ke sini untuk trekking.

Pengunjung yang datang ke sini tidak dipungut biaya untuk tiket masuk, serta karena masih sepinya dengan pengunjung, maka belum tersedia fasilitas wisata saat ini.

4.Air Terjun Mekalangan

Air Terjun Mekalongan Gitgit Buleleng BaliAir terjun selanjutnya yang ada di sekitar Air Terjun Gitgit adalah Air Terjun Mekalangan.

Air terjun ini ternyata merupakan satu rangkaian atau kelanjutan dari air terjun campuhan, dimana seumber airnya dari air terjun kembar tersebut.

Arus air terjun ini cukup deras dan volumenya lebih besar.

Nah sahabat traveler’s, itulah bebarapa lokasi air terjun yang berada di sekitar Air Terjun Gitgit yang bisa anda kunjungi juga.

Bagaimana, apakah anda semakin tertarik untuk mengunjungi salah satu dari air terjun di desa gunung luwih gitgit, kabupaten Buleleng Bali di atas ?

Atau anda tertarik mengunjungi tempat-tempat wisata di Bali utara yang sangat menarik lainnya selain objek wisata air terjun ?

Jika iya, saya rekomendasikan salah satu tempat wisata di Bali utara yang sangat menarik untuk anda kunjungi yaitu Pantai Lovina.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar Tempat Wisata di Bali selain Pantai yang bisa anda kunjungi di Buleleng Bali, Air Terjun Gitgit.

Air Terjun Gitgit
  • Air Terjun Gitgit
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Air Terjun Gitgit
Alamat : Ds.Gunung Luwih Gitgit, Buleleng Bali
No Tlp : -
Jam Buka : 08.00 - 17.00 WIB
HTM : Rp.5.000 (Dewasa) Rp.3.000 (Anak)
Fasilitas : Warung Makanan & Souvenir dll

4.5
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)

No Responses

  1. adminbali 11 Juli 2017

Leave a Reply

Sending