Desa Munduk Singaraja Buleleng – Sejarah, Tiket Masuk & Fasilitas Wisata

Desa Munduk – Cari informasi Tempat Wisata di Bali Terbaru ? jika iya, simak ulasan Sejarah, Air Terjun Munduk, Taman Bunga Munduk dan daftar Tempat Wisata di Desa Munduk Singaraja Bali.

Hi sobat traveler’s, jumpa lagi dengan Kang Dian, penulis blog informasi Wisata Bali, yang kali ini akan me-Review satu Tempat Wisata di Kabupaten Buleleng Bali yang Terkenal, Desa Munduk.

Info Wisata Desa Munduk Bali ini kang dian sajikan untuk melengkapi daftar tempat – tempat wisata di kabupaten Buleleng Bali yang wajib untuk dikunjungi,

yang sebelumnya sudah banyak kang dian review seperti salah satu Taman Rekreasi dan Hiburan Keluarga Terbesar Bali Utara, Krisna Funtastic Land,

kemudian salah satu Objek Wisata Pantai di Bali yang ada di kabupaten Buleleng dan terkenal sebagai lokasi pantai untuk melihat pertunjukan ikan lumba – lumba, Pantai Lovina,

lalu objek wisata Pemandian Air Panas di Buleleng Bali yang sangat terkenal yaitu Pemandian Air Panas Banyuwedang dan Pemandian Air Panas Sanih,

tidak ketinggalan objek Wisata Pulau Menjangan yang berada di kawasan Taman Nasional Bali Barat.

Nah lalu seperti apakah daya tarik Objek Wisata Desa Munduk Buleleng Bali ini, dan seperti apakah Sejarah Desa Munduk sehingga terkenal menjadi salah satu desa wisata di bali ?

seperti apakah eksotisme Air Terjun Munduk dan Taman Bunga Munduk Bali yang sangat terkenal itu sehingga kita wajib untuk mengunjunginya saat liburan ke Bali ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, seperti biasa kang dian amu ajak sobat sekalian untuk mengetahui informasi lengkap Desa Munduk Bali di bawah ini.

Desa Munduk Bali

Desa Munduk Banjar Singaraja Buleleng Bali

Foto By @ Top Indonesia Holiday

Sahabat traveler’s, ada banyak sekali tempat wisata lama maupun Objek Wisata Baru di Bali yang saat ini menjadi destinasi wisata favorit wisatawan yang liburan di bali.

Tempat wisata alam Pantai di Bali seperti Pantai Kuta, memang benar hingga saat ini masih menjadi primadona wisata pulau dewata, dan disusul kemudian Air Terjun di Bali,

selanjutnya ada objek wisata Museum di Bali, Danau di Bali, Pura di Bali, Rumah Pohon di Bali hingga taman wisata rekreasi air waterpark seperti Waterbom Bali,

ada juga obkek wisata favorit keluarga dan anak yaitu Kebun Binatang di Bali seperti Bali Zoo Park dan Bali Safari And Marine Park,

dan tidak ketinggalan objek wisata museum 3 dimensi seperti IAM Bali dan DMZ, hingga tempat pertunjukan sulap Kuta Theatre Magic dan World Of Magic pun ada di Bali.

Sangat banyak sekali bukan sobat traveler’s ? dijamin tidak akan habis dalam satu hari jika kang dian sebutkan satu – persatu Tempat Wisata Hits di Bali 2018 saat ini.

Namun kang dian mau menambahkan satu lagi objek wisata di bali lainnya yang sangat rekomended untuk anda kunjungi di waktu liburan anda, yaitu objek wisata Desa Munduk Bali.

Inilah objek wisata desa bali yang sangat terkenal karena memiliki keindahan alam pegunungan yang masih alami luar biasa, begitu eksotis dan romantis untuk dinikmati.

saking populernya keindahan alam khas dataran tinggi yang di miliki oleh desa munduk ini, maka desa ini pun populer dijuluki ” Negeri Di Atas Awan ” oleh wisatawan yang datang ke sana.

Nah dimanakah alamat tempat wisata Desa Munduk Bali ini ? yuk kita cari tahu informasi di bawah ini lengkap dengan peta lokasi dan rute jalan menuju ke Desa Munduk di Buleleng Bali.

Alamat Desa Munduk di Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, alamat Desa Munduk sendiri lokasinya berada terletak di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia.

Lokasinya berjarak sekitar 72 kilometer dari kawasan Tempat Wisata di Denpasar, dan bisa ditempuh dengan waktu berkendara sekitar 2 jam dari kawasan Tempat Wisata di Kabupaten Badung yang terkenal,

seperti Tempat Wisata di Kuta, Tempat Wisata di Seminyak dan Tempat Wisata di Canggu.

Sementara dari kawasan Tempat Wisata di Kabupaten Karangsem berjarak sekitar 45 KM, dari Tempat Wisata di Kabupaten Gianyar berjarak sekitar 47 KM.

Lalu berapa jarak dan waktu tempuh menuju Desa Munduk di Banjar Buleleng ini dari kawasan Wisata Kintamani, Bedugul Bali, Tempat Wisata di Ubud dan tempat wisata lainnya ?

nah di bawah ini kang dian akan bagikan petunjuk jalan lengkap dengan rute jalan menuju ke objek wisata desa munduk di buleleng bali.

Peta Lokasi Wisata Desa Munduk di Banjar Buleleng Bali

Rute Jalan Menuju ke Desa Munduk Di Banjar Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, ada banyak rute jalan menuju ke desa munduk, nama cara paling cepat menuju Desa ini adalah melewati Rute Jalan Denpasar – Singaraja Via Bedugul.

Rute jalananan adalah tanjakan dan turunan serta berkelok, sehingga etelah sampai puncak kita bisa beristirahat sejenak jika lelah atau pusing saat berkendara,

sebab di kawasan puncak tersebut, terdapat banyak tempat makan dan istirahat seperti kedai dan warung yang menyajikan menu kuliner sate, bakso, dan buah strawberry.

Setelah berhenti sebentar, kemudian dilanjutkan perjalanan meunju ke pertigaan dan ambil arah jalan menuju daerah gobleg dan lurus menuju kota Singaraja hingga tiba di Desa Munduk.

Ada yang perlu diperhatikan ialah Anda wajib sering melihat papan jalan penunjuk agar tidak tersesat menuju lokasi Desa di Banjar Buleleng Bali ini.

Sejarah Desa Munduk Bali

Sahabat traveler’s, ada yang menarik seputar Sejarah Desa Munduk, semenarik dengan Sejarah Pantai Pandawa atau Sejarah Nusa Dua maupun Sejarah Pura Tanah Lot yang wajib anda ketahui,

traveler’s, sebenarnya tidak ada catatan resmi sejarah yang menuliskan secara detil soal siapa yang pertama kali mendirikan pemukiman pertama di Munduk,

namun dalam sebuah prasasti yang terbuat dari perunggu yang ditemukan di tepi Danau Tamblingan, di sebutkan bahwa pernah ada kerajaan kecil di puncak pegunungan,

tepatnya di atas danau tamblingan, yaitu Kerajaan Dalem Tamblingan yang berkuasa di bali selama 2000 tahun lamanya.

Konon menurut cerita dongeng warga sekitar, dahulu kala pernah terjadi letusan Gunung Lesung yang dahsyat sehingga memunculkan 3 buah danau di sekitar munduk,

Danau – danau tersebut adalah Danau Beratan, kemudian Danau Bulian dan satu danau dengan ukuran yang terkecil yaitu Danau Tamblingan.

Dari keterangan kepala adat Desa ( Bendega ) Munduk, bahwa orang – orang yang pertama kali mendiami desa di bali ini adalah orang dari desa Gobleg.

Desa Gobleg sendiri adalah salah satu nama desa yang termasuk ke dalam sistem Catur Desa, dimana di dalamnya ada Munduk, Gobleg, Gesing dan Umujero.

Desa Munduk di masa kolonial Belanda dikenal sebagai desa tempat seniman besar bali berkarya seperti Wayan Genjong, Nengah Putra, Putu Togog hingga generasi Made Terip.

pada saat itu kesenian tradisional yang menjadi ciri khas desa munduk seperti kesenian Gambuh Arja, Gong Kebyar dan Legong sangat berkembang pesat,

dan saat ini kita masih bisa menyaksikan pertunjukan kesenian tersebut pada acara Bali Art Festival yang rutin dilangsungkan di Taman Werdhi Budaya Art Centre Denpasar Bali.

Tidak hanya pesatnya kesenian tradisional, pada masa kolonial pun, pemerintah belanda memperkenalkan kopi arabika dan di tahun 1915 kopi robusta mulai ditanam di desa ini,

dan hasilnya dari mulai tahun 1900 hingga 1960, Desa Munduk menjadi penghasil biji Kopi terbesar di bali dan menjadi desa terkaya di bali karena komoditas kopinya selain teh dan cengkeh.

Dan saat ini, seiring perkembangan pariwisata di bali pada umumnya yang sangat pesat, wisata desa munduk pun ikut terangkat namun tetap pertahankan ciri desa agraris yang menjaga tradisinya.

Desa Munduk pertama kali di promosikan oleh Nyoman Bagiarta ( Mantan Kepala Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Denpasar ) sebagai desa wisata di bali pada tahun 1990.

dan oleh karenanya juga, saat ini desa munduk menjadi sebuah salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Buleleng yang sangat terkenal dengan ciri khas daya tarik wisata alamnya tersebut,

Baca Juga : Objek Wisata Desa Jatiluwih

Daya Tarik Tempat Wisata di Desa Munduk Bali

Sahabat traveler’s, ada banyak sekali objek wisata desa di bali yang terkenal dan beberapa nama desa tersebut sudah kang dian review untuk anda seperti ;

Desa kuno bali aga yang terkenal dengan pemakaman unik dimana mayat disimpan di luar ruangan dengan cara digeletakan di tanah yaitu Desa Trunyan dekat Danau Batur,

kemudian ada juga wisata Desa Penelokan yang menawarkan keindahan desa di dataran tinggi pegunungan di Kintamani yang menyuguhkan pemandangan alam nan eksotis,

yang lainnya ada juga wisata Desa Tenganan Pegringsingan, terus wisata Desa Penglipuran hingga wisata desa Jatiluwih dan masih banyak yang lainnya.

Nah kini daftar objek wisata desa di bali yang menarik pun akan bertambah satu lagi dengan kang dian menuliskannya untuk anda saat ini, yaitu Wisata Desa Munduk.

Dan berikut adalah bebepara hal menarik serta unik yang bisa anda dapatkan ketika mengunjungi desa munduk di banjar buleleng bali ini.

Desa Penghasil Kopi, Teh dan Cengkeh di Bali

Sahabat traveler’s, lokasi Desa Munduk berada di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan air laut.

berada di dataran tinggi pegunungan, menjadikan hawa dingin dengan kisaran suhu 20 – 25 derajat celcius selalu menyelimuti desa wisata yang berada di Bali Utara ini.

Rute jalanan yang menanjak dan berkelok-kelok menyusuri lereng pegunungan menjadi alur yang wajib dilewati untuk mencapai Desa Munduk.

Suguhan pemandangan alam indah dua danau yang berdampingan di desa munduk, yaitu Tamblingan dan Bulian seperti menjadi ucapan selamat datang bagi pengunjung yang ke sana.

Saat memasuki batas desa, hamparan perkebunan cengkeh langsung menyambut tatapan mata, bahkan di beberapa titik, tampak terlihat juga tanaman kopi dan teh yang hijau memanjakan mata,

bahkan jika saat musim panen tiba, kita pun bisa melihat para warga desa munduk yang tengah memanen hasil perkebunan kopi, teh dan cengkah di sini.

Lanscape hamparan alam dengan background Gunung Batukaru ( gunung tertinggi kedua di Bali ) tampak seperti membentengi desa ini dan mengirimkan angin segar yang menyejukan khas pegunungan.

Dan jika kita coba palingkan wajah ke sisi utara, maka kita pun akan bisa menyaksikan keindahan laut jawa yang berkilau di salah satu Tempat melihat Sunset di Bali ini.

Tempat Wisata Edukasi di Bali

traveler’s, selain pesona keindahan alam dan perkebunannya, ada banyak hal menarik lainnya yang bisa anda dapatkan saat mengunjungi Desa Munduk ini.

Tahukah traveler’s, bahwa warga di Desa ini juga ternyata sangat terampil dan pandai dalam membuat kain khas daerah ini yaitu Tile dan Kdape.

Tile adalah kain bergambar wayang, binga dan pepohonan yang panjangnya bisa mencapai 4 meter dan biasa digunakan warga bali sebagai hiasan saat upacara pernikahan,

sementara Kdap adalah kain yang dibuat dari bahan beludru yang kemudian diberikan gambar dengan cara di lem dan dijahit.

nah sahabat traveler’s, itulah daya tarik pesona keindahan alam khas pegunungan yang disuguhkan oleh desa munduk, selain wisata seni dan tradisi juga agrowisatanya yang luar biasa.

Sahabat traveler’s, selain daya tarik di atas, Desa Munduk di Banjar Buleleng Bali ini juga menyimpan objek wisata menarik lainnya yang wajib anda ketahui.

Tempat Wisata di Desa Munduk Bali

Berikut adalah beberapa nama Objek Wisata di Desa Munduk Buleleng Bali yang paling terkenal dan saat ini banyak sekali dikunjungi wisatawan setiap harinya.

Objek Wisata Air Terjun di Desa Munduk

Sahabat traveler’s, selain Air Terjun di Gianyar, berikut beberapa nama tempat wisata air terjun yang ada di desa munduk kecamatan banjar buleleng bali yang rekomended anda kunjungi ;

1.Air Terjun Melanting

Air Terjun Melanting Buleleng BaliSahabat traveler’s, ada banyak Tempat Wisata Air Terjun di Bali yang sangat indah dan saat ini terkenal sudah menjadi destinasi wisata favorit sejumlah turis mancanegara.

Beberapa nama tempatnya sudah kang dian review seperti Air Terjun Kanto Lampo, Air Terjun Tukad Cepung, Air Terjun Nungnung, Air Terjun Aling – Aling hingga Peguyangan Waterfall di Nusa Penida.

Nah sahabat traveler’s, saat anda berkunjung ke kawasan wisata di bali utara ini, ternyata terdapat juga objek wisata Air Terjun di Desa Munduk Bali yang indah,

salah satunya adalah Air Terjun Melanting yang saat ini adalah salah satu air terjun tertinggi di bali dengan ketinggian air terjunnya mencapai 20 meter.

Alamat Air Terjun Melanting sendiri lokasinya berada di Jl. Air Terjun Melanting, Gobleg, Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali 81152 [ Peta Lokasi ]

lokasi air terjun melanting ini sendiri diapit oleh tebing tinggi yang hijau karena ditumbuhi tanaman dan pepohonan hutan tropis dengan debit air yang sangat deras dan kuat.

Oleh karenanya, sangat disarankan serta diperhatikan untuk keamanan anda, jika mengunjungi tempat ini, maka jangan berdiri terlelalu dekat dengan air terjun karena berbahaya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Melanting di Desa Munduk Kecamatan Banjar Buleleng Bali ini sendiri saat ini adalah setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp.5.000/orang.

2.Air Terjun Munduk

Air Terjun Munduk Singaraja Buleleng BaliSahabat traveler’s, destinasi Tempat Wisata Air Terjun di Desa Munduk lainnya yang sangat bagus dan menarik untuk dikunjungi adalah Munduk Waterfall

Alamat Air Terjun Munduk ini lokasinya berada di Jalan Raya Munduk, Desa Munduk, Banjar, Buleleng, Munduk Banjar, Munduk, Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali 81152.

Daya Tarik wisata air terjun munduk di buleleng bali ini adalah menawarkan suguhan Air terjun bertipe plunge di antara hutan hujan lebat.

Rute Jalan menuju Air Terjun Munduk ini bisa kita akses melalui jalur pendek dan curam, namun bagi para pecinta alam kegiatan trekking rute curam ke air terjun munduk adalah pilihannya.

Nah berapa Harga Tiket Masuk Air Terjun Munduk dan apa saja daya tarik serta fasilitas wisatanya, silahkan anda bisa baca reviewnya di sini : Air Terjun Munduk.

Sahabat traveler’s, air terjun di desa munduk terkenal lainnya yang bisa juga anda kunjungi antara lain ada Air Terjun Golden Valley, dan Air Terjun Laangan.

Sementara untuk objek wisata air terjun di kabupaten buleleng lainnya yang terkenal dan wajib anda ketahui juga adalah Air Terjun Sekumpul dan Air Terjun Les.

Objek Wisata Danau di Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, ada banyak tempat wisata danau di bali yang bisa kita kunjungi, dan beberapa nama danau tersebut sudah kang dian review beberapa diantaranya seperti,

Danau Buyan dan Danau Beratan dengan Pura Ulun Danu Beratan nya yang ada di Kintamani dan Danau Batur di Bedugul yang lokasinya dekat dengan Toya Bungkah Hot Spring.

Danau Tamblingan

Sejarah Danau Tamblingan Bedugul BaliNah sahabat traveler’s, Danau tamblingan adalah salah satu danau yang lokasinya berada di desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng Bali.

Di dekat lokasinya terdapat banyak Pura yang disucikan dan selama ini digunakan sebagai tempat upacara adat dan keagamaan seperti Pura lainnya di Bali Pura Besakih, Pura Uluwatu dll.

Daya tarik dan aktifitas serta fasilitas wisata yang menarik minat banyak pengunjung yang datang ke Danau Tamblingan antara lain adalah menikmati wahana permainan air yang ada di sini.

Nah berapakah Harga Tiket Masuk Danau Tamblingan, kemudian apa saja daya tarik dan fasilitas wisata yang ada di sana ? silahkan baca reviewnya di sini : Danau Tamblingan.

Fasilitas Wisata Desa Munduk Singaraja Bali

Sahabat traveler’s, sebagai sebuah kawasan wisata yang terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan yang datang tak hanya dari dalam negeri namuan juga mencanegara,

maka pemerintahan daerah dengan dibantu oleh masyarakat desa munduk serta pihak swasta telah menyiapkan beberapa fasilitas wisata untuk kenyamanan pengunjung yang datang ke sini,

dari mulai kawasan tempat parkir kendaraan, Kamar mandi/Toilet kemudian pusat wisata kuliner dari mulai cafe & resto hingga warung makan sederhana pun ada.

Penginapan Murah di Desa Munduk Singaraja Bali

Sahabat traveler’s, selain pasilitas wisata di atas, bagi anda yang mau bermalam, terdapat juga beberapa Hotel Murah di Desa Munduk, Kecamatan Banjar Buleleng Balu yang bisa anda tempati,

dan berikut adalah nama penginapan murah yang ada di munduk Village yang sangat rekomended kang dian berikan untuk anda pertimbangkan tempati,

1.Puri Lumbung Cottages

Puri Lumbung Cottages di Desa Munduk - Singaraja Bali

Alamat Puri Lumbung Cottages adalah tempat penginapan murah yang lokasinya berada di Banjar Taman, Desa Munduk, Kec. Banjar, Munduk, Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali 81152 [ Peta Lokasi ]

Harga Sewa Puri Lumbung Cottages paling murah yang ditawarkan bisa anda dapatkan via Agoda.com dengan mulai dengan harga Rp.832.410.

Nah seperti apa fasilitas Puri Lumbung Restaurant dan berapa Harga Tiket Kolam Renang Puri Lumbung Cottages serta Tiket Masuk Puri Lumbung di Munduk Bali ini ?

kemudian seperti apa penilaian para tamu yang pernah menginap di sana ? silahkan baca review dan langsung pesan di sini >> Booking Puri Lumbung Cottages <<

Nah sahabat traveler’s, bagaimana, apakah dengan penjelasan dari kang dian sejauh ini anda tertarik untuk segera mengekplorasi objek wisata di desa munduk ini ?

Jika iya, di bawah ini kang dian juga punya sedikit tips wisata ke Munduk dan objek wisata yang ada di sana dan tempat wisata lainnya di bali.

Tips Berwisata ke Desa Munduk Singaraja Bali

Hal pertama yang wajib anda lakukan selama berwisata di desa ini adalah menjaga kebersihan dan juga ketertiban lingkungan dengan mentaati aturan serta adat setempat.

Yang kedua adalah demi kenyamanan dan keamanan anda, karena rute jalan menuju desa ini cukup berkelok, menanjak serta curam,, maka rekomendasi nasi roda dua adalah pilihan tepatnya.

nah sahabat traveler’s, dengan informasi di atas, kang dian cukupkan juga ulasan seputar Sejarah, Objek wisata Air Terjun dan Taman Bunga Objek/Tempat Wisata di Desa Munduk.

Desa Munduk
  • Desa Munduk
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Desa Munduk
Lokasi : Kec.Banjar Buleleng Bali
Jam Buka : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis
Fasilitas : Air terjun, Danau & Penginapan

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending