Desa Penglipuran Bangli Bali – InfoSejarah, Harga Tiket Masuk & Keunikan

Desa Penglipuran Bangli Bali – Sedang mencari info Tempat Wisata Unik di Bali yang sangat menarik dan terkenal di kabupaten Bangli ? jika iya, kunjungilah objek wisata Desa Penglipuran.

Hi traveler’s, jumpa lagi dengan Kang Dian, penulis blog Info Tempat – Tempat Wisata di Bali yang Terkenal, yang kali ini akan me-review satu dari 99 Tempat Wisata di Kabupaten Bangli Bali, Desa Penglipuran Bangli Bali.

Info wisata desa penglipuran ini, untuk melengkapi daftar Objek Wisata di Bali terpopuler sebelumnya yang sudah banyak kang dian review informasinya untuk anda seperti diantaranya ;

Objek Wisata Kintamani, Wisata Canggu, Wisata Jatiluwih, Wisata Alas Kedaton, Wisata Nusa Ceningan, Objek Wisata Bedugul dan masih banyak yang lainnya.

Nah seperti apakah daya tarik Sejarah dan Keunikan tempat wisata Desa Penglipuran Bangli Bali yang wajib kita ketahui sebelum datang ke sana ?

Apa saja fasilitas dan akomodasi wisata yang tersedia, dan berapakah Harga Tiket Masuk Desa Penglipuran Bali Resmi dan Terbaru saat ini ?

Dimanakah Alamat dan bagaimana cara mengakses rute jalan menuju ke Lokasi Desa Penglipuran di kabupaten Bangli Bali ini ?

baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, di bawah ini kang dian akan ajak sobat semuanya untuk mengetahui informasi secara lengkap di Review Desa Penglipuran.

Baca Juga : 99 Tempat Wisata di Kabupaten Badung Terpopuler

Desa Penglipuran Bangli Bali

Desa penglipuran Bangli Bali

Sahabat traveler’s, ada banyak tempat wisata di bali yang wajib di kunjungi dan namanya sudah sangat populer dan menjadi destinasi favorit wisatawan yang liburan ke Bali.

bicara seputar pariwisata bali, Objek Wisata Alam Pantai di Bali seperti Pantai Kuta masih merupakan tempat favorit wisatawan untuk Tempat Melihat Sunset di Bali,

kawasan Tempat Wisata di Kuta dan Tempat Wisata di Seminyak Bali adalah 2 lokasi wisata yang merupakan surga kawasan pantai terindah di bali yang wajib anda kunjungi

Namun demikian banyak juga tempat wisata di bali selain pantai yang mulai menjadi buruan wisatawan seperti Objek Wisata Air Terjun di Bali,

serta objek wisata alam lainnya seperti Tempat Wisata di Ubud dimana ada Terasering Sawah Tegalalang, hutan kera Monkey Forest Ubud, Bukit Campuhan dll.

Nah khusus kali ini kang dian punya ulasan informasi bagus tempat wisata di bali selain pantai lainnya yang wajib anda ketahui, yaitu objek wisata Desa Penglipuran Bangli Bali.

Desa Penglipuran adalah salah satu destinasi objek wisata desa di bali yang sangat unik dan sukses mencuri perhatian banyak wisatawan untuk datang ke sana.

Tradisional Balinese Village ini adalah desa wisata yang menawarkan eksotisnya budaya bali lengkap dengan bangunan, kerajinan dan makanan tradisionalnya.

Desa Penglipuran ini namanya semakin terkenal dan menjadi buruan wisatawan sejak desa di bali ini menjadi lokasi tempat syuting sebuah program FTV seperti halnya Pantai Kayu Putih.

Baca Juga : Menguak Sejarah, Misteri dan Mitos Desa Kuno di Bali Desa Trunyan Kintamani.

Alamat Desa Penglipuran Bangli Bali

sahabat traveler’s, alamat Desa Penglipuran lokasinya berada di Jalan Rambutan, Gang III A1, No. 6, Bangli, Kawan, Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali 80613,

Lokasinya berjarak sejauh 56 KM dari Bandar Udara Internasional Ngurah rai, atau bisa ditempuh dengan waktu berkendara sekitar 1 jam 40 menit.

jika dari kawasan Resort terkenal di bali yaitu kawasan BTDC nusa Dua yang populer dengan Pantai Nusa Dua dan Water Blow nya, berjarak 61 KM ( 1 jam 42 menit ).

nah lalu berapakah jarak dan waktu tempuh berkendara dari lokasi dimana anda berada menuju ke objek wisata desa penglipuran bangli ? silahkan lihat di bawah.

Baca Dulu : Eksotisme Wisata Alam Pegunungan Desa Penelokan Kintamani

Peta/Map Lokasi Wisata Desa Penglipuran Bangli Bali

Sejarah Desa Penglipuran Bangli Bali yang wajib diketahui

Sejarah Desa Penglipuran Bangli Bali

Sahabat traveler’s, jika bicara seputar Tempat Wisata di Bali, pasti selalu ada hal menarik yang bisa kita pelajari dari Sejarah dari objek wisata tersebut,

sebut saja contohnya kang dian pernah mengupas bagaimana unik dan menariknya Sejarah Pantai Nusa Dua, Sejarah Pantai Pandawa hingga Sejarah Pura Tanah Lot Bali bukan ?

nah begitu pun dengan Sejarah Desa Penglipuran Bangli Bali ini, dimana desa ini mempunyai lintasan sejarah yang tertulis rapih di lontar, babad serta prasasti.

traveler’s, desa adat penglipuran di desa kubu ini ternyata penduduknya sebagian besar berasal warganya berasal dari desa Buyung Gede, kecamatan Kintamani, Kab.bangli Bali.

Di dalam prasati, desa adat penglipuran ini disebut “desa buyung” yang artinya pondok buyung gede.

Cerita awal berdirinya desa ini bermula, pada zaman kerajaan bangli, penduduk desa buyung gede sering mendapat tugas dari raja bangli untuk ikut berperang dan kegiatan lainnya,

nah karena lokasinya yang jauh dari pusat kerajaan, maka akhirnya raja bangli memberikannya nama desa adat penglipuran hingga sekarang sebagai lokasi kegiatan kerajaan.

Seiring berjalannya waktu, penduduk desa ini pun kemudian membangun perkampungan baru ini dengan Kahyangan tiga ( pura puseh, pura dalem dan pura desa atau balai agung ),

serta pura Dang Kahyangan yang pembuatannya menyerupai dengan yang ada di Desa Buyung Gede, dengan tujuan untuk mengingat pura ngelingang yang ada di Desa Buyung Gede.

Asal Usul Nama Desa Penglipuran Bangli Bali

Sahabat traveler’,s berdasarkan cerita turun temurun dari para tokoh masyarakat penglipuran, berikut adalah 3 asal usul cerita dari nama desa tradisional do bali ini.

1.Penglipuran adalah berasal dari kata “pangeling” dan “pura”, yang artinya tempat untuk pengingat pura di buyung gede serta mengingat leluhurnya.

2.Penglipuran berasal dari kata “pelipur” dan “lara”, yang artinya sebagai tempat untuk menghibur di kala sedih serta tempat penduduk menghibur sang raja saat ada masalah.

3.Penglipuran berasal dari kata “pangleng” dan “pura”, yang artinya bahwa tempat ini dikelilingi beberapa pura di empat penjuru mata anginnya.

Sumber : http://www.penglipuran.net/p/sejarah.html

Daya Tarik Wisata Desa Penglipuran Bangli Bali

Desa Penglipuran Bangli Bali

Sahabat travelers, setiap kita akan mengunjungi tempat wisata di bali, sudah tentu kita ingin mengetahui dulu hal menarik apa yang sekiranya ada di objek wisata tersebut bukan ?

begitu pun ketika anda berencana untuk liburan mengunjungi tempat wisata desa penglipuran di Bali ini, maka anda sudah tepat mengunjungi kawasan yang masyarakatnya masih sangat kental dengan nuansa bali.

1.Desa Unik yang ada di Bali

Angkul di desa penglipuran bangli baliJika anda sedang mencari tempat di bali yang menawarkan sebuah daerah yang wilayahnya belum tersentuh pengaruh modern dan budaya luar, datanglah ke Desa Penglipuran Bangli Bali.

Pada tahun 1995, desa adat penglipuran bangli Bali ini ditetapkan sebagai kawasan pecontohan pertama Desa Wisata di Indonesia oleh pemda bangli.

hal unik pertama yang bisa anda temukan di Desa Penglipuran adalah bentuk bengunan, atap dan dinding rumah terbuat dari bambu hingga ukuran pintu gerbang (angkul) rumahnya sama.

tidak hanya itu saja, keunikan lainnya adalah cara pembagian tata ruang di dalam rumahnya pun sama, seperti antara dapur dengan kamar tidur serta cat tembok pintu gerbang terbuat dari tanah liat.

Konsep awal dibangunnya desa ini terlihat sangat jelas, bahwa desa penglipuran bangli bali ini dibangun dengan mengedepankan lingkungan tempat tinggal yang menyatu dengan alam sekitar.

2.Kearifan Budaya Lokal Penduduk Desa Penglipuran

Sahabat traveler’s, desa penglipuran bangli bali ini selain sebagai kawasan desa budaya juga merupakan pusat kerajinan anyaman bambu, pusat pertanian dan peternakan.

Budaya lokal yang mengedapankan pengelompokan tata ruang begitu sangat tertata dan bisa anda saksikan langsung ketika anda mengunjungi objek wisata unik di bali ini.

kawasan desa ini terbagi ke dalam 3 bagian wilayah, yaitu zona pemukiman warga, areal hutan bambu serta terkahir wilayah pemakaman atau tempat kuburan (setra).

sebagian besar masyrakat desa adat penglipuran bermata pencaharian sebagai petani, dan pada saat tulisan ini dibuat, jumlah penduduk desa ini dihuni oleh sedikitnya 226 KK.

wilayah perkampungan tempat tinggal penduduk desa adat penglipuran ini lokasinya menempati di areal bagian tengah desa penglipuran, tepat di bawah Pura.

luas dari wilayah desa adat penglipuran bangli bali ini sendiri adalah sekitar 110 hektar lebih, dimana dari total luas wilayahnya 40 persen wilayahnya adalah hutan bambu.

ada aturan yang unik jika warga hendak meenebang pohon bambu di sana, dimana mereka tidak boleh sembarangan, namun harus seizin tokoh masyarakat terlebih dahulu.

budaya unik lainnya, warga adat Desa Penglipuran Bangli Bali pria dilarang untuk memiliki istri lebih dari satu sebagai tradisi untuk menghormati kaum wanita,

jika ada yang melanggar, maka mereka akan mendapatkan sangsi adat berupa hukuman akan dikucilkan dari kehidupan keseharian warga desa adat penglipuran.

aturan kearifan budaya lokal lainnya dari desa adat panglipuran adalah adanya budaya hukuman bagi warga yang melakukan pencurian di desa tersebut,

dimana bagi para pelaku akan dikenakan sangsi adat berupa hukuman ritual memberikan sesajian berupa 5 ekor ayam dengan warna bulu yang berbeda di 4 pura leluhur mereka.

tradisi adat istiadat dan budaya lokal warga desa penglipuran bangli bali yang mayoritas beragama hindu adalah mayat warga yang meninggal tidak dibakar (ngaben) tapi dikubur.

Falsafah Tri Hitakarana

traveler’s, jika kita perhatikan penjelasan di atas, bisa terlihat bagaimana penataan tata ruang dari desa ini sudah diwariskan secara turun temurun oleh para leluhurnya.

penduduk desa penglipuran di bangli bali ini, senantiasa dari waktu ke waktu sangat memegang teguh falsafah bali yang disebut dengan “Falsafah Tri Hitakarana”.

Falsafah Budaya Bali ini mengajarkan warga bagaimana mengharmoniskan hubungan manusia dengan sesamanya, dengan lingkungan serta dengan sang pencipta-NYA.

3.Keindahan Alam Pulau Dewata yang Alami dan Tertata

Sahabat traveler’s, sudah mafhum semuanya, bahwa objek wisata alam bali memang sangat eskotis, siapa pun wisatawan yang datang ke Bali, pasti akan sangat menyukainya.

anda pasti sudah baca postingan kang dian tentang liputan objek wisata alam pegunungan bali yang terkenal seperti Danau Batur, Danau Buyan, Danau Tamblingan, Danau Beratan bukan ?

nah desa penglipuran bangli bali juga menawarkan pesona keindahan alam khas dataran tinggi yang sama dengan susana yang tenang, udara sejuk dserta tata ruang yang rapih.

bahkan yang menariknya lagi, desa adat yang masuk wilayah desa Kubu, kecamatan kintamani kabupaten bangli ini berhasil mendapatkan predikat Desa Penglpuran Terbersih.

perlu anda ketahui sobat traveler’s, bahwa desa penglipuran di kelurahan kubu ini berada di ketinggian sekitar 550 hingga 750 meter di atas permukaan air laut.

nah dengan paduan tempat yang sejuk, tenang dengan kehidupan masyarakat desa penglipuran yang masih memegang kuat adat istiadat dan budaya bali,

maka jangan heran jika, banyak wisatawan yang liburan ke sana, khususnya yang turis asing akan sangat betah berlama – lama tinggal bahkan menginap di sana.

5.Desa Wisata Kuliner di Bali

Sahabat traveler’s, hal menarik lainnya dari desa penglipuran bangli, yaitu daya tarik berbagai macam kuliner yang ada di Desa Adat Penglipuran.

Nah bagi sobat anda yang belum pernah dan ingin beriwisata ke Bali bisa menjadikan Desa Adat Penglipuran ini sebagai tempat wisata kuliner di bali yang rekomended.

perlu anda ketahui bahwa pengolahan sumber daya pangan yang di daerah ini oleh warganya sangat dimanfaatkan secara maksimal, diolah secara kreatif dan inovatif.

dan berikut adalah contoh makanan khas desa penglipuran bangli bali yang wajib anda coba ketika suatu hari anda datang ke sana ;

1.Loloh Cemcem, ini minuman kesehatan jamu yang rasanya tidak pahit dan memiliki 6 rasa yang unik yaitu manis, asam dan pedas. Harga sebotol loloh cemcem Rp.5.000.

2.Donat Ketela, inilah jenis kuliner khas desa penglipuran, berupa donat yang terbuat dari bahan ketela singkong, namun rasanya enak dan harganya Rp.5.000/kotak @ 3 pcs.

3.Tipat Cantok, inilah hidangan sejenis ketoprak khas jakarta berupa gado – gado yang di atasnya ditaburi kacang mentik khas bali, harganya Rp.5.000/porsi.

4.Sueg, inilah makanan favorit warga desa adat penglipuran, kuliner khas yang terbuat dari umbi yang harus mati terlebih dahulu pohonnnya.

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa hal menarik dan unik yang bisa anda saksikan ketika mengunjungi tempat wisata desa penglipuran bangli bali,

Harga Tiket Masuk Desa Penglipuran Bangli Bali

Sahabat traveler’s, berdasarkan peratiran daerah no 7 tahun 2010 serta Perbup no 47 tahun 2014 tentang retribusi tempat rekreasi dan olah raga DTW Penglipuran,

maka setiap pengunjung (WNI Dewasa) yang akan memasuki kawasan tempat wisata desa adat penglipuran bangli bali ini akan dikenakan biaya Rp.15.000/orang,

dan berikut adalah daftar harga tiket masuk selengkapnya ;

  • HTM WNI Dewasa : Rp.15.000/orang
  • HTM WNI Anak – Anak : Rp.10.000/orang
  • HTM WNA Dewasa : Rp.30.000/orang
  • HTM WNA Anak – Anak : Rp.25.000/orang

Harga Tiket Parkir Kendaraan Bermotor

  • Kendaraan Roda Empat : Rp.5.000/mobil
  • Kendaraan Roda Dua : Rp.2.000/motor.

Catatan : Harga tiket masuk dan parkir kendaraan di desa penglipuran bangli bali bisa berubah sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan.

Jam Buka Objek Wisata Desa Penglipuran Bangli Bali

Sahabat traveler’s, kawasan tempat wisata di desa adat penglipuran, desa kubu kecamatan bangli ini adalah setiap hari, mulai dari jam 08.00 – 17.00 WITA.

Nomer Telepon Informasi Wisata Desa Penglipuran Bangli Bali

Sahabat traveler’s, untuk informasi harga tiket masuk terbaru, kegiatan atau acara, reservasi tempat atau info penting lainnya, silahkan hubungi 0822-6600-7575 atau follow akun twitternya @penglipuranbali

Tips Wisata ke Desa Penglipuran Bangli Bali

Perayaan Hari Galungan di Desa Penglipuran Bangli BaliSahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik untuk menikmati suguhan keunikan akan adat istiadat, tradisi dan budaya lokal yang ada di sini, kang dian punya tips wisatanya untuk anda.

Jika sobat mau berwisata ke desa adat di bali ini, sebaiknya sobat berkunjung pada waktu mendekati perayaan hari raya galungan atau setelah hari raya galungan.

Hari raya galungan sendiri adalah merupakan sebuah hari raya besar agama hindu di bali yang diperingati setiap 6 bulan sekali di dalam setahunnya.

nah pada saat itu, kita bisa menyaksikan keunikan jejeran penjor ( pohon bambu panjang yang ujungnya yang dihiasi ) di depan setiap rumah penduduk desa tersebut.

tidak hanya itu saja, kita pun bisa menyaksikan keluarnya gadis-gadis bali yang terkenal kecantikannya berpakaian tradisional adat bali yang membawa banten menuju pura.

sangat menarik bukan ?

dan tentunya tidak setiap waktu kita bisa menyaksikan hal seperti ini serta pastinya bisa menjadi spot menarik untuk kita mengabadikannya ke dalam foto dan video.

Fasilitas Dan Akomodasi Wisata Desa Penglipuran Bali

Sahabat traveler’s, untuk kenyamanan wisatawan yang ingin berlama – lama menikmati kehangatan adat istiadat, budaya serta tradisi di desa adat penglipuran,

di desa ini juga sudah disediakan beragam fasilitas dan akomodasi wisata yang cukup lengkap, mulai dari sarana kegiatan wisata hingga penginapan.

Paket Wisata Adventure di Desa Penglipuran Bangli Bali

sahabat traveler’s, berikut adalah beragam kegiatan wisata menarik yang bisa anda lakukan dan nikmati di dalam beragam paket wisata yang sudah disiapkan di sana.

1.Paket Wisata Adventure Bali Cycling Desa Penglipuran, inilah cara menikmati suasana dan alam desa wisata adat penglipuran dengan naik sepeda, harga mulai Rp.490.000/orang (2 orang)

2.Paket Wisata Adventure Bali Camping Desa Penglipuran, nikmatilah sensasi bermalam di luar ruangan alam terbuka penglipuran, dengan harga mulai Rp.420.000/orang ( 20 orang )

Penginapan Di Desa Adat Penglipuran Bangli Bali

1.Guest House Desa Penglipuran, inilah penginapan tradisional terbuat dari anyaman bambu dengan ruangan dalamnya design modern minimalis dan harga sewanya Rp.500.000/malam.

2.Homestay di Desa Penglipuran, inilah homestay bernuansa khas bali yang ada di tengah pemukiman penduduk dengan fasilitas homestay umum dan harga sewa Rp.375.000/malam

Rute Jalan Menuju Ke Desa Adat Penglipuran Bangli Bali

Bagi anda yang tertarik datang ke sini, ada banyak cara yang bisa anda gunakan, mulai dari naik kendaraan pribadi, transportasi umum atau Rental Mobil/Motor di Bali.

Untuk cara mengaksesnya sendiri, kang dian sarankan, silahkan anda bisa lihat peta map di atas, dan gunakan aplikasi petunjuk jalan Waze.

Nah sahabat traveler’s, bagaimana sejauh ini dengan penjelasan kang dian di atas, apakah anda semakin tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata pedesaan di bali ini ?

jika iya, persiapkan liburan mengunjungi Tempat Wisata di Bali ke depan dari sekarang, dan jangan lupa kunjungilah objek wisata dan baca Artikel tentang Desa Penglipuran Bangli Bali.

https://www.youtube.com/watch?v=Uvoix_WSWT8
Desa Penglipuran
  • Desa Penglipuran
  • Fasilitas/Akomodasi
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Desa Penglipuran
Alamat : Ds Kubu,Kec Bangli Bali
Jam Buka : 08.00 - 17.00 WITA
No Tlp : 082266007575
Harga Tiket Masuk : Rp.15.000/orang
Fasilitas : Camping, Cycling dll
Website : www.desapenglipuran.com

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)

No Responses

  1. adminbali

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.