Istana Tampak Siring Ubud – Tiket Masuk,Sejarah & Daya Tarik

Istana Tampak Siring Ubud – Sedang mencari Tempat Wisata di Bali selain Pantai yang menarik dan bersejarah ? Jika Iya, kenapa tidak mengunjungi Istana Kepresidenan Tampak Siring di Ubud ?

Hi traveler’, jumpa lagi dengan kang dian, penulis blog Daftar Wisata Bali, yang kali ini akan berbagi informasi seputar Istana Tampak Siring Ubud.

Informasi ini masih kelanjutan dari ulasan Daftar Tempat – Tempat Wisata Ubud Bali yang sangat terkenal, dan wajib anda ketahui seperti,

Wisata Arung Jeram Sungai Ayung, Sawah Terasering Tegalalang Ubud dan Bukit Campuhan, Monkey Forest Ubud, Goa Gajah dan Pura Taman Saraswati dll.

Nah lalu seperti apakah daya tarik Objek Wisata Istana Tampak Siring Ubud Bali ini ?

Seperti apa Sejarah Istana Kepresidenan Tampaksiring ini, dan kenapa berlokasi di daerah Ubud Bali ?

Seperti apa sih Wisma Merdeka dan Bagian – Bagian Istana Tampak Siring lainnya ?

Benarkah dengan cerita masyarakat setempat seputar adanya Misteri Istana Tampak Siring ?

Dan berapa Harga Tiket Masuk Istana Tampak Siring Ubud Bali ini jika kita mau masuk ke sana ?

Nah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, yuk kita simak saja ulasannya di bawah ini.

Istana tampak Siring Ubud Bali

Istana Tampak Siring Ubud Bali

Sahabat traveler’s, keberagaman Tempat Wisata di Bali memberikan banyak pilihan destinasi bagi wisatawan yang hendak liburan mengunjungi pulau dewata.

Belum lagi dengan kehadiran sejumlah Tempat Wisata Baru di Bali yang semakin mengukuhkan Bali sebagai surga wisata tak hanya di indonesia tapi dunia.

Selain terkenal dengan keindahan sejumlah Objek Wisata Pantainya yang indah seperti yang bisa kita saksikan di Pantai Double Six,

Pantai Sawangan dan Pantai Mengiat di Nusa Dua, Pantai Green Bowl, Pantai Sanur, Pantai Bingin dan Pantai Suluban,

Dan tentunya pantai unggulan di kawasan Tempat Wisata di Kabupaten Badung Bali terbaru, yaitu Pantai Tegal Wangi,

Juga saat ini banyak sekali Tempat Wisata Hits di Bali selain Pantai yang menjadi buruan wisatawan yang sedang liburan ke Bali seperti,

Ladang Bunga Marigold, objek wisata Air Terjun di Kabupaten Buleleng, serta sejumlah tempat hiburan dan kuliner di kawasan Tempat Wisata di Seminyak Bali.

Nah salah satu tempat wisata menarik lainnya di Bali yang wajib anda kunjungi adalah objek wisata yang akan kita review sekarang,

Yaitu sebuah objek wisata yang menawarkan paduan perjalanan sejarah bangsa indonesia dengan budaya Bali, yaitu Istana Tampak Siring Ubud.

Lokasi Istana Tampak Siring ini adalah terletak di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali indonesia.

Untuk detilnya, silahkan anda bisa melihat Map Istana Tampak Siring di bawah ini, sebelum kita lanjut ke Sejarah Tempat Wisata di Bali ini.

Peta Lokasi/Map Istana Tampak Siring Ubud

Sejarah Istana Tampak Siring

Sahabat traveler’s, asal muasal Sejarah Tempat Wisata di Bali ini dibangun atas prakarsa Presiden RI pertama yaitu Bung Karno,

Soekarno pada waktu itu sangat menginginkan adanya tempat peristirahatan di Bali yang bisa digunakan oleh beliau, keluarga dan para tamu negara.

Dan lokasi istana yang dipilihnya adalah sebuah daerah di Bali yang udaranya sejuk serta tenang jauh dari keramaian kota, yaitu Ubud.

Istana Tampak Siring dibangun di areal berbukit dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Proses pembangunan istana tampak siring ini dimulai sejak tahun 1957 hingga tahun 1963.

Design bangunan Istana Tampak Siring Ubud Bali ini diarsiteki oleh R.M. Soedarsono dan dikerjakan secara bertahap.

Bagian – Bagian Istana Tampak Siring

Traveler’s, Komplek Istana kepresidenan Indonesia Tampaksiring di Ubud Bali ini terdiri dari empat gedung utama,

yaitu Wisma Merdeka yang menempati luas areal seluas 1.200 meter persegi, Wisma Yudhistira (2.000 m2) serta Ruang Serbaguna.

Menurut catatan sejarah pembangunan istana, Wisma Merdeka dan Wisma Yudhistira adalah bangunan pertama yang didirikan pada tahun 1957.

Dan setelah beberapa tahun, tepat pada 1963 proses pembangunan istana pun selesai setelah dibangunnya Wisma Negara dan Wisma Bima.

Asal Usul Nama Istana Tampak Siring Ubud

Sahabat traveler’s, asal usul nama tempat wisata di Bali ini juga sangat lah menarik untuk kita ketahui.

Nama Tampak siring diambil dari dua buah suku kata bahasa Bali, yaitu “tampak” dan “siring”, yang masing-masing diartikan telapak dan miring.

Konon nama istana di Bali ini berdasarkan legenda yang tercatat pada Daun Lontar Usana Bali, namanya berasal dari bekas telapak kaki seorang raja yang bernama Mayadenawa.

Siapa Mayadenawa itu ?

Berdasarkan dari kisah yang diyakini turun temurun di Bali, Mayadena adalah seorang raja yang sakti juga pandai.

Namun dibalik kesaktian dan kepandainya tersebut, sang raja memiliki sifat dan sikap tidak baik layaknya seorang pemimpin ngeri, yaitu angkuh.

Mahadenawa pada waktu itu sering memposisikan dirinya sebagai seorang dewa dan memerintahkan seluruh rakyatnya untuk menyembah kepada dirinya.

Nah akibat sifat jahatnya tersebut, dewa perang dan raja kahyangan Batara Indra pun marah dan mengirimkan bala tentaranya.

Sang raja pun akhirnya lari dan masuk ke dalam hutan, dan untuk mengelabui pasukan Batara indra yang pengejarnya,

Ia pun berjalan dengan cara memiringkan telapak kakinya dengan tujuan menyamarkan pelariannya dan bermaksud menghilangkan jejak,

Sejarah Air Suci Tirta Empul

Sejarah Pura Tirta Empuk Istana Tampak Siring Ubud BaliTidak hanya berjalan miring, bahkan dengan kesaktiannya Mayadenawa pun membuat jebakan menciptakan mata air yang kemudian ia racuni,

dan oleh perbuatannya tersebut menyebabkan banyak dari pasukan batara indra yang mati setelah mereka meminum air dari mata air beracun tersebut.

Nah melihat peristiwa tersebut, akhirnya Batara Indra pun kemudian menciptakan mata air penawar untuk menyelamatkan pasukannya.

Dan tempat mata air itulah yang kemudian saat ini populer di Ubud Bali dengan nama atau sebutan “Tirta Empul” “air suci”

Dan akhirnya pelarian raja Mayadenawa pun akhirnya berakhir, setelah ia bisa ditangkap oleh prajurit Batara indra.

Nah sahabat traveler’s, Kawasan hutan yang dilalui Raja Mayadenawa dengan cara berjalan sambil memiringkan telapak kakinya inilah,

yang kemudian kawasan ini sangat terkenal dengan sebuatan nama Tampaksiring.

Nah sahabat traveler’s, sangat menarik bukan sejarah serta asal usul nama yang melatarbelakangi Istana Tamapak Siring Ubud Bali ini ?

Daya Tarik Istana Tampak Siring Ubud

Sahabat traveler’s, setiap tempat wisata menarik di Bali, pasti hal menarik sehinga kita pun jauh – jauh mendatangi tempat tersebut bukan ?

Sebagai contoh, apa yang menjadi alasan ketika anda mendatangi objek wisata seperti Pura Tanah Lot Bali ?

Pasti salah satu alasannya adalah anda ingin menikmati Sunset di Tanah Lot yang begitu eksotis bukan ?

Kemudian jika saya tanya, apa alasan anda tertarik mengunjungi tempat wisata Pantai Nusa Dua ?

pasti jawabannya selain Sejarah Pantai Nusa Dua yang sangat menginspirasi, juga alasan tertraik dengan pantai pasir putihnya bukan ?

Nah jika demikian, lantas apa yang menjadi alasan untuk anda datang ke tempat wisata Istana Tampak Siring di Ubud Bali ini ?

Istana Kepresiden Indonesia

Sahabat traveler’s, Istana Tampak Siring di daerah Ubud Bali ini merupakan salah satu istana Kepresidenan yang dimiliki bangsa indonesia.

Istana presiden republik indonesia lainnya adalah Istana Negara dan Istana Merdeka (Jakarta), Istana Bogor (Bogor), Istana Cipanas (Cipanas), serta Gedung Agung (Yogyakarta).

Yang menjadi unik dan berbeda antara istana tampak siring dengan ke-5 istana lainnya di atas adalah,

Jika 5 istana presiden dibangun saat zaman kolonialisme Belanda, maka Istana Tampak Siring ini dibangun setelah Indonesia Merdeka.

Istana ini menjadi istana favorit bung karno sebagai tempat peristirahatannya di Bali, sekaligus menjadi tempatnya untuk menjamu para undangan dan tamu negara.

Acara Kenegaraan di Istana Tampak Siring

Dan menurut catatan, jadwal kegiatan resmi kenegaraan yang paling akhir dilakukan di Istana tampak Siring Ubud Bali ini adalah,

Pada tanggal 27 april 2007 yang lalu, istana ini dijadikan pertemuan kerjasama ekstradisi antara negara indonesia dengan singapura.

Setelah sebelumnya juga dari tanggal 7 – 8 oktober, Istana Tampak Siring Bali juga menjadi tempat penyelenggaraan KTT ASEAN XIV.

Nah dengan berkunjung ke sana, maka tentunya anda bisa melihat dari dekat eksotisme dari istana presiden republik indonesia di Bali ini.

Aktifitas Wisata di Istana Tampak Siring Ubud Bali

Sahabat traveler’s, ada banyak hal menarik yang bisa wisatawan lalukan saat berkunjung ke Istana Tampak Siring di Ubud Bali ini.

Tempat wisata ini menawarkan catatan sejarah, riwayat dan fungsi gedung bersejarah yang pernah digunakan oleh para presiden Republik Indonesia.

Dan berikut adalah lokasi tempat wisata favorit yang bisa anda lihat dan nikmati ketika berkunjung ke Istana Tampak Siring di Ubud.

Wisma Merdeka Istana Tampak Siring

Pada ruangan istana Wisma Merdeka misalnya, pengunjung bisa melihat beragam tempat atau ruang tidur istana kepresidenann ini seperti,

Ruang Tidur I, Ruang Tidur II Presiden, Ruang Tidur Keluarga, Ruang Tamu, serta Ruang Kerja dengan penataan yang demikian indah.

Di gedung wisma negara istana tampak siring ini pun wisatawan bisa melihat hiasan-hiasan berupa patung serta lukisan-lukisan pilihan.

Wisma Negara Istana Tampak Siring

Jembatan Persahabatan Sejarah Pura Tirta Empuk Istana Tampak Siring Ubud BaliBagian Istana Tampak Siring selanjutnya adalah sebuah bangunan dengan luas sekitar 1.476 m2 yang befungsi untuk acara jamuan bagi para tamu negara.

Yang unik dari Wisma Merdeka dan Wisma Negara terdapat celah lereng sedalam 15 meter yang memisahkan dua lokasi wisma istana tersebut.

Oleh karenanya, dibangunlah sebuah jembatan penghubung sepanjang 40 meter dengan lebar 1,5 meter untuk memudahkan akses keduanya.

Tamu negara yang datang ke Istana tampak Siring Ubud ini biasanya pasti akan melintasi jembatan istana ini,

Oleh karenanya kalangan istana menyebutnya jembatan ini juga dikenal dengan nama Jembatan Persahabatan.

Tercatat tamu kehormatan yang pernah melewati jembatan persahatan di istana tampak siring ini antara lain,

Kaisar Jepang Hirihito, Pemimpin Yugoslavia presiden Tito, Ho Chi Minh dari Vietnam, serta Ratu Juliana dari belanda.

Wisma Yudhistira Istana Tampak Siring

Wisma selanjutnya yang bisa kita lihat adalah sebuah bangunan yang berfungsi sebagai tempat menginap rombongan kepresidenan dan para tamu negara sahabat

Wisma yang terletak di tengah kompleks Istana Tampak Siring Ubud Bali berdiri di atas lahan tidak kurang dari 1.825 meter persegi.

Wisma Bima Istana Tampak Siring

Dan yang terakhir yang bisa kita lihat sebagai wisatawan adalah Wisma Bima yang memiliki luas bangunan sekitar 2.000 m2.

Bangunan ini difungsikan selama ini sebagai tempat istirahat atau bermalam para pengawal presiden maupun pengawal tamu negara sahabat.

Sebagai tambahan sahabat traveler’s, Gedung lain yang tak kalah penting artinya di istana tampak siring adalah Gedung Konferensi.

Gedung berfungsi layaknya seperti Convention Center, karena sering dijadikan sebagai tempat rapat kabinet, jamuan makan malam tamu kenegaraan, serta konferensi.

Pura Tirta Empul Tampak Siring

Nah sahabat traveler’s, selain aktifitas wisata melihat bangunan bagian per bagian wisma yang ada di istana tampak siring,

Masih tetap berada di dalam kawasan istana tampak siring ubud Bali ini,

kita juga masih bisa menikmati obyek wisata lainnya yang cukup terkenal di Pulau Dewata Bali,

yaitu sebuah Pura Bali yang bernama Pura Tampak Siring yang lokasinya tepat berada di bawah Istana Tampak Siring.

Pura ini juga dikenal dengan nama Pura Tirta Empul karena di pura ini terdapat sumber mata air suci ” tirta empul “.

Lantas apa daya tarik Pura tirta empul dengan sumber mata air sucinya ?

Ternyata sahabat traveler’s, tempat ini adalah sering dijadikan warga hindu Bali sebagai tempat meditasi,

Dan juga oleh wisatawan sering dijadikan tempat untuk mendapatkan keberkahan hidup,

Cara yang dilakukannya adalah dengan cara mandi di kolam khusus yang telah dialiri oleh air dari Tirta Empul.

Mata air yang disakralkan ini konon sudah digunakan untuk penyucian dan pengobatan sejak seribu tahun yang lalu.

Melihat fungsinya sama dengan mata air yang ada di Pura Tanah Lot Bali bukan ?

Sejarah Pura Tirta Empul Istana Tampak Siring

Sejarah Pura Tirta Empul yang memiliki sumber mata air suci ini sendiri sudah kang dian jelaskan di bagian atas tulisan.

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa hal menarik, seru yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke Istana Tampak Siring Ubud Bali.

Bagaimana apakah anda semakin tertarik untuk mengunjungi tempat wisata Hit di Bali selain pantai yang sangat menarik sejarahnya ini ?

Jika iya, di bawah ini kang dian akan berikan Harga Tiket Masuk, alamat serta cara mengakses lokasi tempat wisata istana tampak siring di Ubud Bali.

Harga Tiket Masuk Istana Tampak Siring Ubud

Sahabat traveler’s, apakah anda sedang mencari ┬áTempat Wisata Murah di Bali ? atau anda butuh info tempat wisata gratis di Bali ?

Jika iya, maka anda bisa menemukannya ketika mengunjungi istana tampak siring di ubud bali ini.

Setiap pengunjung yang akan memasuki kawasan Istana Tampak Siring tidak dipungut biaya, alias gratis.

Kecuali bagi anda yang tertarik masuk ke Pura Tirta Empul, maka anda harus membayar tiket masuk.

Harga Tiket Masuk Pura Tirta Empul Tampak Siring Ubud

Bagi anda yang tertarik masuk ke areal objek wisata pura Tirta Empul Tampak Siring, setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000/orang.

Selain itu, anda hanya perlu menyiapkan isi dompet untuk biaya parkir kendaraan yang anda parkirkan di tempat parkir istna tampak siring.

Alamat Istana Tampak Siring

Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali Indonesia.

Jam Buka Istana Tampak Siring Ubud

Waktu operasional tempat wisata Istana Tampak Siring dan Pura Tirta Empul adalah setiap hari, muali buka dari jam 08.00 – 17.00 wita.

Rute Jalan Menuju Istana Tampak Siring Ubud

Sahabat traveler’s, Kompleks Istana Tampak Siring dan Pura Tirta Empul di Ubud ini berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Denpasar.

Sangat mudah untuk mengakses lokasi wisata terpopuler di Ubud Bali ini.

Dari Ibu Kota Propinsi Bali ini, dapat diakses dengan naik kendaraan pribadi, transportasi umum hingga Sewa/Rental Mobil/Motor di Bali.

Untuk rute jalan, silahkan anda bisa lihat detilnya di Peta/Map di atas, dan akan lebih mudah jika anda menggunakan aplikasi Waze.

Namun jika anda menginginkan liburan ke sini yang lebih efisien, Mudah dan Praktis,

Maka kang dian sarankan anda bisa ikut program jasa perjalanan wisata dari Tour Travel Bali yang banyak sediakan Paket Wisata Bali Murah.

Tips Wisata ke Istana Tampak Siring Ubud

Sahabat traveler’s, tidak ada tips secara khusus ketika anda mau berkunjung ke tempat wisata istana tampak siring di ubud Bali ini.

Hanya saja yang wajib anda perhatikan adalah ketika hendak masuk ke lokasi pura tirta empul yang ada di dalam kawasan istana tampak siring.

Diantaranya adalah anda harus menyiapkan pakain adat ( kain sarung dan selendang yang didikatkan di pinggang ).

Kemudian dilarang mandi di kolam memakai sabun, pasta gigi, shampo dan yang lainnya.

Dan bagi wanita yang akan melebur di kolam, maka wajib untuk mengenakan baju.

Jika tata tertib di atas dilanggar, maka pengunjung akan mendapatkan sangsi Yadnya Eka Sato.

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa hal yang wajib anda perhatikan ketika berkunjung ke Istana tampak siring dan masuk ke Pura tirta empul.

Fasiltas dan Akomodasi Istana Tampak Siring Ubud

Hotel Murah Dekat Istana Tampak Siring

Sahabat traveler’s, seperti biasa di akhir tulisan kang dian juga mau berbagi tempat penginpan murah bagi anda yang berniat bermalam di sekitar istana.

Banyak terdapat penginapan murah mulai dari hotel, bungalow, villa, homestay, Guesthouse hingga resort di sekitar Tampak Siring.

1.Griya Dekakiang Homestay, inilah penginapan murah dekat tirta empul istana tampak siring dengan tarif sewa kamar mulai Rp.200.000/malamnya.

Lokasi hotel geriya dekakiang homestay ini berjarak hanya sekitar 2 KM dari lokasi tempat wisata ini.

2.Agung Bali Guesthouse, inilah penginapan murah di sekitar istana tampak siring tirta empul dengan tarif sewa kamar permalanya mulai Rp.206.000.

Lokasi hotal Agung Guesthouse ini berjarak tidak lebih dari sekitar 3 Kilo meter dari lokasi tempat wisata di Ubud Bali ini.

Pusat Kuliner dan Belanja

Bagi anda penyuka wisata belanja sekaligus penikmat kuliner,

Di sekitar kawasan tirta empul dan istana tampak siring juga telah banyak tersedia kios-kios suvenir dan warung makan, Resto dan cafe.

Nah sahabat traveler’s, informasi penginapan, pusat kuliner dan belanja di atas sekaligus menutup review kita akan tempat wisata ini.

Jadi kesimpulannya, jika anda liburan ke Bali, jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi objek wisata Pura Tirta Empul di kawasan Istana Tampak Siring Ubud.

Istana Tampak Siring
  • Istana Tampak Siring
  • Fasilitas/Akomodasi
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Istana Tampak Siring
Alamat : Desa Tampaksiring
No Tlp : -
Jam Buka : 08.00 - 17.00 WITA
HTM : Gratis

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)

No Responses

  1. adminbali

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.