13 Jajanan Khas Bali Yang Terkenal & Halal + Resep Cara Membuatnya

Diposting pada
Jajanan Khas Bali
  • Jajanan Khas Bali
  • Rasa
  • Harga

Ringkasan

Nama : Jajanan Khas Bali
Harga : Mulai Rp 1.000

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)

Jajanan Khas Bali yang Terkenal – Cari Makanan Khas Bali ? inilah daftar kuliner ciri jajanan pasar tradisional yang halal cocok untuk oleh-oleh seperti kue yang terbuat dari singkong lengkap resep cara membuatnya.

Hi sobat traveler’s, jumpa lagi dengan admin blog Wisata di Bali, yang kali ini akan berbagi info daftar Jajanan Pasar Khas Bali yang Nikmat dan Murah Meriah.

Jika sebelumnya admin sudah mereview beberapa jenis makanan khas tradisional di bali yang terkenal seperti Ayam Betutu Khas Gilimanuk,

kali ini izinkan admin akan berbagi info seputar nama – nama Jajanan Khas Bali yang terkenal dan Jajanan Khas Bali Halal,

seperti diantaranya nama Kue Khas Bali yang termasuk ke dalam Jajanan Khas Bali yang Terbuat Dari Singkong lengkap dengan Resep Cara Membuatnya !

Jajanan Khas Bali Yang Terkenal

Sahabat traveler’s, Wisata Bali tidak hanya terkenal dengan pesona keindahan alam Pantai di Bali dengan Beach Club Kuta nya seperti Omnia Bali,

atau objek wisata alam Bukit di Bali yang populer sebagai salah satu lokasi favorit Tempat camping di Bali seperti di Desa Pinggan ( Wisata Kintamani ),

Namun Pulau Dewata juga memiliki ragam kekayaan kuliner khasnya yang terkenal lezat, dan uniknya memiliki ciri khas kuliner yang berbeda di setiap daerahnya.

Seperti halnya daerah – daerah lain di nusantara, Pulau Bali juga memiliki aneka menu makanan lezat yang menjadi ciri khas makanan asli penduduknya.

Mulai dari makanan berat hingga camilan serta jajanan yang bisa kita jadikan santapan ringan saat menikmati segelas kopi atau teh panas di pagi dan sore hari.

Saat ini ada banyak sekali jenis jajanan khas Bali yang terkenal, baik yang rasanya asin atau manis, gurih hingga pedas dan asam.

Dan anda jangan khawatir, aneka jajanan yang sering dijajakan oleh para pedagang ini pun harganya sangat terjangkau alias murah murah ramah dengan isi dompet.

Daftar Jajanan Khas Bali Yang Terkenal & Halal Untuk Oleh – Oleh

Dan berikut adalah daftar rekomendasi 14 Jajanan Tradisional Khas Bali yang populer dan tentunya wajib untuk anda cicipi saat pergi liburan ke Bali.

1. Godoh

Jajanan Khas Bali Yang Terkenal Jaje Godoh
Source Gambar/Image Via @jaje_godoh

Sahabat traveler’s, Jaje ” Godoh ” adalah sebuah jenis makanan khas tradisional Bali yang sangat terkenal dan bisa anda temui dimana saja saat berada di Bali,

saking populernya jenis jajanan khas bali ini, anda bisa mudah mendapatkannya baik saat di Tempat Makan di Bali biasa hingga Cafe di Bali.

gak percaya ? coba saja anda datang ke Cafe Pomegranate atau cafe – cafe di kawasan Tempat Wisata di Denpasar, dekat Pantai Sanur, anda bisa menemukan Godoh sebagai menu di sana !

atau saat anda pergi ke sebuah Tempat Wisata di Gianyar yang terkenal, tepatnya di kawasan Wisata Ubud, anda mampir ke Cafe Green Kubu, pasti menemukan juga godoh.

Nama Jajanan khas bali yang manis rasanya ini memang pas untuk dimakan di tempat mana saja, baik saat di pantai terlebih di atas pegunungan yang udaranya dingin

serta makanan khas penduduk bali ini bisa dinikmati sama – sama enak baik di waktu pagi, siang apalagi pada saat malam hari.

Resep cara membuat jajanan khas bali godoh ini sangat mudah, cukup sediakan bahan, tepung terigu, buat adonan lalu digoreng dengan minyak.

Pada dasarnya cemilan khas warga bali bernama godoh ini bahan utamanya bisa terbuat dari singkong, pisang, ubi, talas, maupun tape.

Namun diantara jenis tanaman yang paling terfavorit untuk dijadikan bahan utama membuat godoh adalah goreng pisang ( Godoh Biu ).

Jajanan yang banyak dijual di Pasar Ubud atau di Pasar Candi Kuning serta di tukang gorengan pinggir jalan ini memang cocok untuk cemilan saat bersantai,

terlebih harga jajanan tradisional khas bali godoh ini sangat murah meriah, dimana bisa kita beli dengan cukup membayar dengan kisaran Rp 1.000 s/d Rp 2.000 perbiji.

bagi anda yang beragama muslim, anda tidak perlu khawatir untuk menyantapnya, karena Godoh adalah salah satu jajanan khas bali yang halal untuk dikonsumsi.

2. Laklak ( Surabi Khas Bali )

Sahabat traveler’s, rekomendasi Jajanan Khas Bali yang Terkenal selanjutnya adalah jenis makanan yang diberi nama Laklak.

” Jaje ” atau sejenis Kue Khas Bali ini bentuknya memang sekilas mirip dengan Surabi, namun tekstur dan rasanya dipastikan tidaklah sama.

Jajanan tradisional khas Bali ini biasanya menjadi cemilan yang disantap saat santai menemani waktu ngopi di waktu petang hari.

Kita bisa membeli kue khas tradisional bali Jaje Laklak ini di pasar atau para pedagang kue tradisional yang ada di Bali.

Resep dan cara membuat kue khas bali jaje Laklak adalah dibuat dari tepung beras yang dicampur air dan diberi pewarna alami,

untuk bahan pewarna alami jaje laklak sendiri biasanya warga bali menggunakan daun suji untuk jaje laklak warna hijau dan santan untuk jaje laklak putih.

Cara penyajian kue laklak ini adalah kue disajikan dengan gula merah sebagai pemanis yang dicairkan dan diberi taburan kelapa parut di atasnya.

Harga jajanan khas masyarakat di pulau bali ini pun sangat terjangkau, dimana kita bisa membelinya dengan kisaran harga mulai Rp 1.000 – Rp 2.000 per buah.

3. Pisang Rai

Sahabat traveler’s, inilah jajanan khas bali yang terbuat dari pisang dan sangat mudah didapatkan dimana – mana, salah satunya pasar tradisional bali.

Bahan yang digunakan untuk membuat pisang rai ini biasanya adalah pisang raja, pisang ambon hingga pisang tanduk yang tua namun tidak terlalu matang dan lembek.

Cara membuat jajanan khas bali yang terkenal ini adalah pisang yang telah dipotong kecil dibalut dengan adonan terbuat dari tepung beras, tapioka serta santan lalu dikukus.

Untuk penyajiannya, makanan tradisional khas bali ini diberi cairan gula untuk pemanis serta parutran kelapa, dan citarasa Pisang Rai ini sangat legit dimulut.

penduduk bali mengkonsumsi cemilan pisang rai ini biasanya di waktu pagi untuk sarapan sebelum mereka beraktifitas,

dan juga populer dikonsumsi pada saat bersantai sore hari, menjadi teman kudapan sambil meminum segelas kopi atau teh manis panas.

Harga satu buah pisang rai khas bali ini sangat murah meriah, dimana sebagai makanan rakyat bali jajanan ini bisa dibeli dengan harga mulai Rp 1.000 perbijinya.

4. Sumping

Sahabat traveler pecinta kuliner khas bali, jajanan khas di bali yang sangat terkenal enak dan murah harga selanjutnya adalah Jaje Sumping.

Bahan utama untuk membuat Kue Khas Bali Jaje Sumping ini adalah tepung beras dan isi bagian dalamnya bisa disesuaikan dengan selera, seperti buah dan kacang.

khusus warga bali, bagian isi dalam kue sumping ini biasanya adalah pisang, dan kue sumping yang dalamannya pisang disebut Sumping Biu,

yang lainnya ada Sumping Waluh yang terbuat dari buah waluh ( lawu ), Sumping Kuud dari kepala muda, Sumping Kacang Tanah, Sumping Kacang Merah dll.

Cara Membuat Kue Sumping khas bali ini sangat mudah, pertama kali santan bersama daun pandan kita rebus bersamaan dengan garam, vanila serta tepung beras.

setelah dirasa rebusan cukup matang adalah diulek hingga menjadi adonan yang kental serta terasa licin di tangan.

Proses selanjutnya adalah kita ambil adonan secukupnya sesuai takaran dan ditaruh di atas daun pisang lalu di atasnya disimpan bahan isi dalamannya.

Nah setelah itu, lalu kita bungkus daun pisang tersebut dengan cara dilipat, selanjutnya kukus di dalam alat kukus hingga matang dan siap untuk dihidangkan.

Sejarah Kue Tradisional khas warga bali Sumping ini dulunya sering dijadikan sebagai lawuh atau hidangan saat ada pagelaran pesta,

seperti pada saat acara resepsi pernikahan, kegiatan kerja bakti ( gotong royong ), potong gigi hingga kegiatan upacara adat,

namun seiring perkembangan zaman, kue sumping bali ini bisa dengan mudah kita dapatkan di pasar – pasar tradisional bali atau pedagang kali lima.

Harga kue tradisional jaje sumping bali ini pun sangat terjangkau, sebagai makanan khas rakyat bali kue jaje sumping bisa dibeli dengan harga mulai Rp 1.000/buah.

5. Bendu

Sahabat traveler’s, jajanan khas bali yang terkenal murah dan enak rasanya selanjutnya adalah bernama makanan Bendu.

Kudapan khas bali ini lazimnya selama ini sering dijadikan sajian pada saat upacara adat, hajatan hingga acara resmi pemerintah setempat.

Kue Bendu ini adalah merupakan jenis makanan kue tradisional khas bali yang menjadi ciri Makanan Khas Kabupaten Jembrana – Bali.

Bentuk kue bendu ini adalah lonjong serta makanan ini dihidangkan dengan cara dibungkus di dalam daun pisang yang sekilas akan mirip seperti bentuk pepes.

Saat kita buka daun pisang pembungkusnya, maka akan terlihat ternyata warna kue bendu ini adalah tampak berkulit putih,

lalu di dalam kulitnya tersebut di isi dengan gula unti, mirip seperti dadar gulung namun lebih garing, kenyal dan tipis.

Bahan untuk membuat kulit bendu ini adalah terbuat dari tepung ketan, sedangkan isian kue bendu adalah campuran gula merah, parutan kelapa, dan garam.

Saat makanan khas bali ini kita santap, maka akan terasa di lidah rasanya begitu gurih dan teksturnya legit yang membuat tak cukup satu kita memakannya.

Meski menjadi jajanan khas Jembrana bali, Kue Bendu saat ini mudah kita temukan di setiap pasar tradisional yang ada di Bali,

khususnya pasar tradisional yang ada di kawasan Tempat Wisata di Badung seperti Kuta, Seminyak, Nusa Dua dan Canggu.

Ada pun Harga Jajanan Kue Bendu Khas Kabupaten Jembrana Bali ini pun sangat terjangkau bagi semua kalangan, bisa dibeli dengan harga mulai Rp 1.000-an perbuah.

6. Jaje Injin

Sahabat traveler pecinta kuliner khas bali, jajanan khas bali yang terkenal lezat dan nikmat serta murah harganya adalah Jaje Injin.

Jaje Injin adalah kue tradisional Bali yang cara membuatnya begitu sangat sederhana dan gampang dibuat oleh siapa pun juga.

Resep cara membuat jaje injin ini adalah siapkan bahan utamanya yakni nasi hitam yang dicampur sedikit ketan sebelum ditanak,

cara memasak penganan jaje injin bali ini sama seperti dengan cara menanak nasi pada umumnya yang biasa kita lakukan,

lalu jika sudah matang, angkat nasi ini lalu biasa disajikan dengan awuran kelapa parut dan toping gula merah yang sudah dicairkan.

Saat dimakan, rasa jaje janjin ini dijamin akan sangat terasa manis dan gurih, sangat terasa nikmat apalagi bila dijadikan teman minum teh atau kopi.

Menyantap kue jaje injin pas dilakukan di pagi hari, sepiring jaje injin yang kita makan dijamin akan membuat perut kita keyang.

lalu berapa harga kue jaje injin khas bali ini ? sebagai salah satu makanan favorit warga bali, kudapan ini bisa kita beli dengan harga mulai Rp 5.000/porsi.

7. Orog – Orog

Sahabat traveler’s, inilah makanan khas bali selanjutnya yang termasik ke dalam jenis jajanan khas bali yang terbuat dari singkong.

Untuk saat ini, jajanan khas bali yang terkenal Orog-orog ini bisa dikategorikan sebuah jajanan tradisional langka yang sedikit sulit menemukannya.

Jika dilihat bentuknya, Orog- orog sendiri akan terlihat mirip seperti makanan khas di Yogyakarta yang bernama Tiwul,

yang menjadi perbedaan tiwul jogja dengan orog orog bali adalah makanan khas bali orog – orog rasanya akan jauh lebih manis.

Sahabat pecinta kuliner bali, cara membuat orog – orog khas bali ini sangat mudah, dimana bahan utamanya adalah singkong.

Resep jajanan khas bali ini manis dan gurih adalah dibuat dengan dicampur gula merah serta dihidangkan dengan cara ditaburi kelapa parut diatasnya.

Dengan porsinya yang kecil, cemilan manis ini cocok dijadikan makanan untuk sarapan pagil, juga pas bila dijadikan teman minum kopi atau teh di sore hari.

Jika admin telusuri sejarah jenis makanan yang terbuat dari singkong ini, sebenarnya sama dengan tiwul merupakan makanan pokok masyarakat pada masa lalu,

tepatnya sangat populer pada saat bangsa indonesia berada di zaman penjajahan bangsa Jepang dan kolonialisme belanda.

Orog – orog pada saat itu pernah dimakan sebagai pengganti nasi di saat harga beras sangat tinggi dan masyarakat waktu itu tidak mampu membelinya.

Dan pada saat itu, makanan seperti tiwul maupun orog – orog ini pun dimakan masyarakat layaknya nasi, dengan lauk pauk serta sayuran.

8. Kaliadrem

Sahabat traveler pecinta kuliner bali, jajanan khas bali yang terkenal enak selanjutnya adalalah bernama Kaliadrem.

Makanan Khas di Bali kaliadrem selama ini telah menjadi jenis jajanan sehari hari warga bali dan termasuk kue tradisional legendaris.

Kaliadrem selain menjadi makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari, juga biasa dijadikan salah satu pelengkap sajian di dalam ritual upacara hari raya Galungan.

Tak heran kalau kaliadrem banyak dijual di pasar-pasar tradisional dengan harga yang sangat-sangat terjangkau. Dengan seribu rupiah, kamu bisa dapat 2 sampai

Kaliadrem terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung beras, gula merah, kelapa, garam, dan air.

Proses pembuatan kue ini terbilang masih sangat tradisional karena langsung dibuat dari beras yang langsung ditumbuk menjadi tepung.

Setelah dicampur dengan bahan-bahan lain seperti gula merah, kelapa parut, air, dan garam barulan adonan diuleni hingga bertekstur halus dan lembut.

9. Jaje Bantal

Sahabat traveler’s, nama jajanan khas bali yang terkenal banyak disukai warga pulau dewata dan wisatawan adalah Jaje Bantal.

Jaje Bantal sendiri adalah sebuah makanan yang rasanya manis dan merupakan jajanan pasar yang mudah ditemui di hampir semua pasar tradisional di Bali.

Harga sebuah jajanan tradisional khas warga bali ini bisa anda dapatkan sekaligus menikmatinya dengan cukup membayar Rp 1.000/buah.

Jika anda bertanya kenapa kue khas bali ini dinamakan Jaje Bantal, adalah karena bentuk kue ini tampak menyerupai bantal yang ukurannya kecil.

Adapun bahan untuk membuat kue bantal khas bali ini sendiri adalah ketan putih yang bagian dalamnya diisi dengan pisang, kacang merah atau kacang tanah.

Cara membuat kue ini adalah dibungkus menggunakan janur muda, lalu diikat menyerupai bantal dengan tali terbuat dari bambu sebelum dikukus hingga matang.

Sahabat traveler’s, di dalam tradisi masyarakat bali, kue bantal ini sudah pasti akan selalu ada disajikan seperti pada saat upacara pernikahan,

selain sebagai makanan pelengkap untuk hidangan para tamu, kue ini juga sekaligus menjadi sesaji persembahan untuk upacara pernikahan itu sendiri,

dan konon menurut keyakinan warga bali sendiri, kue bantal yang tersaji di dalam acara pernikahan itu sebagai simbolis pihak laki-laki.

10. Klepon Bali

Sahabat traveler’s, jenis jajanan khas bali yang terkenal murah, enak dan lezat serta mudah ditemukan di pasar tradisional adalah Kue Klepon Bali.

Kue Klepon sendiri sebenarnya adalah termasuk jenis makanan nusantara yang juga telah dikenal dan dapat kita beli di pasar-pasar tradisional Indonesia.

Tampilan kue klepon bali ini saat dijual adalah dibungkus dengan memakai wadah daun pisang atau dikemas dalam bungkus plastik kecil.

Cara membuat kue klepon khas bali ini cukup mudah dan hampir sama dengan cara membuat kue klepon di daerah – daerah lainnya di indonesia,

yaitu sebuah jenis kue yang terbuat dari bahan utama berupa ketan yang direbus dan di isi bagian dalamnya dengan gula merah cair,

Lalu apa yang menjadi Perbedaan Jaje Klepon Bali dengan Kue Klepon lainnya di indonesia seperti contohnya kue klepon jawa ?

Perbedaan pertama klepon bali dengan klepon jawa adalah terlihat dari bentuknya, dimana jika klepon jawa itu bentuknya bulat seperti onde onde,

maka kue klepon khas bali ini bentuknya jika anda perhatikan akan sedikit lebih oval dan meruncing di kedua ujungnya.

Perbedaan kedua adalah klepon khas Bali teksturnya lebih kenyal dan tipis kulitnya sehingga pas dimakan gula di dalamnya langsung lumer di dalam mulut.

Harga kue khas bali jaje klepon ini sangat murah meriah, anda bisa mendapatkannya dengan cukup merogoh isi saku mulai Rp 5.000/bungkus.

11. Jaje Cerorot

Sahabat traveler’s, jajanan khas bali yang terkenal namun keberadaan kini sudah mulai sulit ditemukan alias langka adalah Jaje Cecorot.

Jaje Cecorot adalah merupakan salah satu jenis makanan khas bali bisa dikategorikan sebuah jenis jajanan yang cukup unik,

kenapa demikian ?

Pertama, jika dilihat dari bentuknya, kue ini akan tampak menyerupai corong panjang atau teropong hingga cone eskrim seperti di Ice Cream World Bali.

Yang kedua, kue yang rasanya saat dimakan akan terasa sangat manis, legit serta enak ini juga cara membungkus dan memakannya juga unik.

Cara membuat jaje cecorot ini adalah adonan kue dibungkus dengan cone yang terbuat dari daun Janur atau kelapa yang masih putih,

yang menarik saat proses membuat kue cecorot bali ini tidak diberikan pewarna atau pemanis buatan, sehingga makanan ini sangat alami dan tradisional.

Namun dengan cara membuat kue cecorot tersebut dan tanpa bahan pengawaet itulah, maka kue ini hanya bisa bertahan kurang dari 12 jam lamanya.

Sahabat pecinta kuliner khas bali, Kue ini masih bisa kita lihat disuguhkan jika kita menghadiri acara pernikahan maupun syukuran dan lain-lain.

12. Jaje Begina

Sahabat traveler’s, jajanan khas bali yang terkenal selanjutnya dan merupakan Jajanan Khas Bali Untuk Oleh – Oleh adalah Jaje Begina.

Jaja Begina selama ini adalah merupakan salah satu makanan serta jajanan sangat merakyat bagi warga bali serta yang paling dicari oleh wisatawan,

Jaje Begina adalah sebuah makanan yang tahan lama, dan oleh karenanya bagi para pelancong makanan ini menjadi favorit sebagai Jajanan Khas Bali Untuk Oleh – Oleh.

Jaja Begina selama ini dikenal sebagai salah satu jenis makanan tradisional legendaris khas bali yang dari zaman dulu hingga sekarang masih ada,

dan untuk mendaptkannya, kita bisa membelinya di warung warung atau pasar tradisional di Bali hingga Pusat Oleh – Oleh Krisna Bali atau Krisna Bali 24 Jam.

Cara membuat Makanan Khas Bali ini adalah terbuat dari ketan putih yang dikukus, lalu dibentuk menyerupai ” renginang ” sebelum dijemur hingga kering.

untuk rasa kue jaja begina ini sendiri ada jaje begina yang rasanya manis, lalu ada yang gurih renyah serta jaje begina berasa hambar.

Makanan tradisional khas bali ini biasanya dipakai warga bali sebagai salah satu hidangan pelengkap sesajen atau banten di berbagai upacara adat.

Untuk harga jajanan khas bali jaja begina ini sendiri sangat terjangkau, anda bisa membelinya dengan cukup menyiapkan isi saku mulai Rp 10.000/bungkus.

13. Jaje lukis

Sahabat traveler’s, Jajanan Khas Bali yang terkenal enak dan rasanya manis dengan tekstur legit adalah Kue Lukis.

Tampilan makanan serta rasa dari kue bali ini memiliki bentuk yang mirip dengan kue lukis ketan yang dikenal luas oleh penduduk Indonesia.

Yang menjadi beda kue jaje lukis dari Bali dengan kue lupis di daerah indonesia lainnya adalah ukuran kue lukis bali ukuran lebih kecil.

Bahan utama yang dipakai untuk membuat makanan ini adalah ketan, yang membuat tekstur jaje lukis ini terasa lembut dan kenyal saat dikunyah.

Untuk memperkaya rasa dan kelezatan saat disantap, jaje lukis ini biasa disajikan dengan disertai parutan kelapa serta gula merah yang dicairkan.

untuk mendapatkan kue ini, anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi ke sejumlah pasar tradisional yang ada di Bali.

Demikianlah daftar kuliner makanan tradisional yang terkenal dan halal cocok untuk oleh-oleh seperti kue yang terbuat dari singkong lengkap resep, cara membuatnya dan Harga Jajanan Khas Bali yang Terkenal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sending