Ladang Bunga Marigold Bali – Info Alamat/Lokasi,Harga & Rute Jalan

Ladang Bunga Marigold Bali – Apakah anda sedang mencari Tempat Wisata Murah di Bali yang bagus ? Jika iya, kunjungilah ladang bunga Marigold.

Halo sahabat traveler’s, kali ini kang dian mau berbagai informasi seputar tempat Wisata Taman Bunga di Bali yang indah, Ladang Bunga marigold Bali.

Nah, seperti apakah daya tarik wisata tempat yang populer juga dengan nama Ladang Bunga Calendula dan Kebun Bunga Gemitir Bali ini ?

Dimanakah lokasi atau alamatnya ? dan bagaimana rute jalan menuju ke Taman Gemitir Bali ini, serta berapa harga tiket masuknya ?

Yuk kang dian akan ajak saja langsung di bawah ini.

Ladang Bunga Marigold Bali

Ladang Bunga Marigold Bali

Foto : Kintamani[dot]id

Sahabat traveler’s, bicara seputar Tempat Wisata Alam di Bali selain pantai yang bagus sangatlah beragam dan banyak sekali tempatnya.

Sebut saja contohnya di dalam postingan saya sebelumnya tentang daftar tempat-tempat wisata Air terjun di kabupaten Buleleng Bali yang indah ;

Seperti Air Terjun Nungnung, Air Terjun Gitgit, Air Terjun Sekumpul, Air Terjun Bertingkat, Air Terjun Les, Air Terjun Colek Pamor dan Air Terjun Campuhan.

Nah tempat wisata di bali selain pantai yang kali ini akan saya berikan informasinya untuk anda adalah tempat wisata ladang bunga marigold Bali.

Ladang Marigold ini sendiri letaknya berada di Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Provinsi Bali Indonesia.

Letaknya berada di areal tinggi pegunungan dengan kontur jalannya berbukit serta memiliki pemandangan indah khas perbukitan.

Lokasinya bisa anda akses sekitar 1 jam berkendara, dengan menyusuri rute jalan menuju Kintamani jika dari arah Bedugul.

Nah lalu seperti apa sih daya tarik dari Ladang Bunga Marigold Bali ini sehingga anda wajib mengunjunginya ?

Untuk itu, yuk kang dian akan ajak saja anda langsung untuk menyusuri salah satu tempat wisata tersembunyi di pulau dewata di bawah ini.

Daya Tarik Wisata Ladang Bunga Marigold Bali

Sahabat traveler’s, nama ladang bunga Marigold sendiri bagi warga masyarakat sekitarnya biasa disebut Kebun Bunga Gemitir.

Bunga ini telah lama dibudidayakan masyarakat sekitar, dan telah menjadi sumber mata pencaharian berupa Ladang Bunga Marigold Bali.

Fungsi dari bunga Marigold ini sendiri adalah sering digunakan dalam kegiatan ritual acara keagamaan masyarakat adat Hindu Bali.

Bunga Gemitir ini biasanya digunakan pada rangkaian acara pemujaan dan untuk sesajen yang biasanya dicampur dengan beras dan dupa.

Selain itu Ladang Bunga Marigold Bali juga cukup populer dengan julukan ladang bunga Calendula.

Bunga Marigold memiliki nama latin “Tageter Erecta“, adalah sejenis bunga yang berasal dari Amerika Tengah, tepatnya Mexico.

Bunga ini cukup unik, selalu tumbuh di tiap awal bulan, sehingga sesuai dengan namanya “Marigold” yang berarti “Tiap sepanjang bulan“.

Bunga gemitir sangat cocok ditanam pada iklim tropis dan dataran rendah sampai pada tinggi dengan suhu udara yang sejuk, berkisar antara 28-30 derajat Celsius.

Tanaman Gemitir ini konon mampu menghasilkan produksi bunga sekitar 0,9 – 1kg per pohon. Dan dapat dipanen selama 15-20 kali setiap 3 hari.

Bunga ini selalu berbunga sepanjang tahun, bahkan pada saat musim panas sekalipun, bisa tumbuh dengan baiknya.

Bunga Marigold ini kemudian dibudidayakan karena masa panen yang cepat dan permintaannya rutin dan harganya bagus.

Nah sahabat berikut adalah beberapa alasan yang manjadikan anda harus mengunjungi obejek wisata ladang bunga calendula/marigold di desa Belok Bedugul Bali ini.

Tempat Wisata di Bali yang Instagramable

Ladang Bunga Marigold BaliSahabat traveler’s, jika anda sedang mencari tempat wisata di Bali yang instagramable, maka pilihannya bukan hanya seperti menikmati Eksotisme Sunset di Pura Tanah Lot saja.

Ada alternatif lain yangtidak kalah bagusnya, yaitu dengan mengunjungi wisata taman bunga di Bali seperti ladang bunga marigold ini.

Ladang Marigold di Desa Belok ini sangat luas sekali sekali, karena memang merupakan ladang perkebunan bunga milik warga sekitar.

Kawasan ladang bunga ini sukses mencuri perhatian netizen di media sosial, karena sejumlah penampakan foto-fotonya yang diunggah di sana.

Foto tersebut adalah berupa eksotisme hamparan bunga marigold yang berwarna kuning keemasan yang tampak keluar di sela hijau batang dan daunnya.

Pemandangan tersebut memang telah mengundang banyak orang untuk datang ke sini dan mengabadikan serta menguploadnya di medsos seperti instagram.

Banyak wisatawan yang sengaja turun dari kendaraan mereka ketika hendak berwisata ke kawasan wisata bedugul ataupun Kintamani.

Hal tersebut bisa dilakukan karena Ladang Bunga Marigold Bali ini berada membentang di sepanjang sisi kanan kiri jalan raya yang menghubungkan kedua tempat tersebut.

Tempat Foto Prewedding di Bali

Ladang Bunga Marigold BaliMemiliki pemandangan bunga yang indah, maka kawasan Ladang Bunga Marigold Bali sering jadi bururan fotograher profesional.

Mereka biasanya melayani jasa pemotretan untuk acara prewedding bagi pasangan yang tengah mempersiapakan pernikahannya.

Ladang Marigold di desa Belok Bali ini tepat menjadi alternatif bagus foto prewedding selain naik unta di Pantai Nusa Dua Bali bukan ?

Nah sahabat traveler’s, itulah 2 daya tarik dari wisata ladang bunga gemitir di Bali yang wajib anda ketahui.

Legenda dan Asal Usul Bunga Calendula/Marigold/Gemitir Bali

Sahabat traveler’s, ada hal unik sekaligus menjadi daya tarik wisata lainnya yang bisa anda ketahui dari Ladang Bunga Marigold Bali ini.

Bunga Marigold atau gemitir ini adalah bunga yang sangat disakralkan, atau sangat suci bagi masyarakat Hindu di Bali.

Menurut Legenda dan diyakini masyarakat adat Bali, ternyata asal usul bunga gemitir ini adalah berasal dari darah Bhatari Durga.

Siapa bhatari durga itu ?

Menurut kepercayaan umat Hindu, Betari Durga itu adalah ibu dari Dewa Ganesha, Dewa Kumara Ashokasundari dan Dewa kala.

Betari Durga biasanya digambarkan sebagai seorang wanita cantik berkulit kuning, yang kendaraan tunggangannya adalah seekor harimau.

Sementara warna jingga yang terlihat sangat indah dan eksotis, sering diasumsikan umat Hindu Bali dengan Sang Hyang Widhi Wasa.

Apa itu Sang Hyang Widhi ?

Menurut Pemahaman para pemeluk Hinduisme Bali, sang Hyang Widhi itu adalah sebutan Tuhan yang tunggal, atau biasa disebut Acinya atau Sang Hyang.

Nah untuk alasan itulah, jika kita akan berkunjung ke sini, maka perhatikanlah tata tertib dan menjaga tata krama dan kepercayaan di sini.

Kita bebas berfoto, namun tetap perhatikan kaki kita jangan sampai menginjak, kemudian memetik apalagi merusak keindahan bunga marigold yang dianggap suci ini.

Tips Berwisata ke Ladang Bunga Marigold Bali

Sahabat traveler’s, yang harus diperhatikan bagi anda yang mau berkunjung ke sini adalah waktu yang tepat untuk melihat bunga tersebut.

Ingat bahwa kawasan ini bukan sebuah taman bunga, namun ladang bunga milik warga sekitar yang hasil bunganya untuk dijual.

Jadi jangan sampai anda datang ke sini, sementara ladang-ladang bunga marigold yang ada di sini sudah dipanen duluan oleh warga sekitar.

Tipsnya adalah, karena bunga ini selalu panen di setiap awal bulan, maka pastinya rencanakan kunjungan anda ke sini di sekitar pertengahan bulan bukan ?

Harga Bunga Marigold di Bali

Sahabat traveler’s, bagi anda yang mungkin tertarik membawa pulang Bunga Gemitir sebagai oleh-oleh silahlan baca info berikut.

Harga bunga marigold ini pada saat banyak upacara umat hindu harganya bisa mencapai Rp.20.000/kg, sementara saat hari biasa hanya Rp.8.000/kg.

Harga Tiket Masuk ke Ladang Bunga Marigold Bali

Sahabat traveler’s, seperti yang sudah saya jelaskan di atas, Ladang Marigold ini bukan lagi tempat wisata di Bali yang Murah, akan tetapi Gratis.

Di sini pengunjung bisa bebas masuk kapan saja, namun tetap harus memperhatikan tata krama yang sudah saya jelaskan juga di atas.

Alamat Ladang Bunga Marigold Bali

Sahabat traveler’s, Ladang Bunga Marigold ini berlokasi di Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Provinsi Bali

Jam Buka Wisata Ladang Bunga Marigold Bali

Waktu operasionalnya adalah setiap hari, kapan pun anda bisa berkunjung ke sini selama 24 jam bebas.

Peta Lokasi Ladang Bunga Marigold di Desa Belok Bali

[pw_map address=”desa belok kecamatan petang kabupaten badung bali” key=”AIzaSyApnZpRT_YQWQS3Ed4e82caVAq0tAl_tp8″]

Rute Jalan Menuju ke Kebun Bunga Gemitir Bali

Sahabat traveler’s, Ladang Marigold ini menghampar di sepanjang kanan kiri jalan raya antara Bedugul serta Kintamani.

Lokasinya dari ibukota Bali Denpasar adalah 58 KM atau memerlukan waktu berkendara sekitar 97 menit lamanya.

Sementara jika dari kawasan pariwisata BTDC Nusa Dua adalah berjarak sekitar 77 KM, atau membutuhkan waktu berkendara sekitar 127 menit.

Lokasi kebun bunga Gemitir Bali ini lebih tepatnya berada sebelum lokasi kebun raya Bali.

Jika sahabat telah tiba di kawasan Bedugul, silahkan cari arah jalan menuju Desa Belok, jangan ke arah Tabanan.

Nah setelah melalui kawasan pedesaan di daerah ini, Anda akan menjumpai satu kawasan perkebunan bunga yang sangat luas dan enak dipandang mata.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah saja informasi seputar tempat wisata di Bali kali ini yang menawarkan eksotisme bunga gemitri atau Calendula, yaitu Ladang Bunga Marigold Bali.

Ladang Bunga Marigold
  • Ladang Bunga Marigold - 10/10
    10/10
  • Harga Tiket Masuk - 10/10
    10/10
  • Akses - 10/10
    10/10

Ringkasan

Nama : Ladang Bunga Marigold
Lokasi : Desa Belok,Petang, Badung Bali
No Tlp : -
Harga Bunga: Mulai Rp.8.000/kg
HTM : Gratis
Jam Buka : 24 jam

10.0/10
User Rating 3.2 (5 votes)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)

No Responses

  1. adminbali

Leave a Reply

Sending