Monkey Forest Ubud Bali – Info Tiket Masuk,Sejarah & Wisata

Monkey Forest Ubud Bali – Apakah anda sedang mencari Tempat Wisata di Ubud Bali yang menarik untuk dikunjungi ? Jika iya Yuk singgah di Ubud Monkey Forest.

Hi traveler’s, jumpa lagi dengan kang dian, penulis blog seputar Wisata Bali, yang kali ini akan berbagi info seputar Wisata Monkey Forest Ubud Bali.

Informasi kali ini kita keluar sejenak dari bahasan seputar Tempat Wisata Pantai di Bali yang sudah banyak kang dian kupas,

Karena pesona pariwisata pulau dewata juga menawarkan banyak Tempat Wisata di Bali selain Pantai nya yang tidak kalah menariknya,

Contohnya kang dian pernah me-Review bagaimana pesona keindahan Ladang Bunga Marigold dan juga surga alam Campuhan Ridge Walk,

Atau saya juga pernah berikan anda pesona Tempat Wisata Air Terjun di Kabupaten Buleleng Bali seperti Air Terjun Munduk, Air Terjun Aling Aling,

Air Terjun Nungnung, Air Terjun Gitgit, Air Terjun Colek Pamor, Air Terjun Les, Air Terjun Campuhan dan Air Terjun Bertingkat.

Banyak sekali bukan ?

Nah kali ini pun masih sama, saya akan review objek wisata di Bali selain pantainya yakni Monkey Forest Ubud Bali.

Seperti apa daya tarik wisata dari Ubud Monkey Forest Bali ini ?

Seperti apakah Sejarah Monkey Forest Ubud ini sehingga menjadi sangat terkenal ?

Berapakah Harga Tiket Masuk Monkey Forest Ubud di Bali terbaru saat ini ?

Nah untuk itu, di bawah ini saya akan berikan detil informasi termasuk Alamat/Lokasi hingga Rute Jalan menuju objek wisata Monkey Forest di Ubud Bali.

Monkey Forest Ubud Bali

Monkey Forest Ubud Bali

Sahabat traveler’s, bicara seputar Tempat Wisata Hits di Bali, maka tidak akan habis semalam jika kita mengupasnya.

Banyak sekali objek wisata di Bali yang bisa kita sambangi, tersebar dari Bali utara, selatan, timur dan barat.

2 Diantaranya sudah kang dian kupas, yaitu Daftar 99 Tempat Wisata di Badung Bali serta 99 Tempat Wisata di Seminyak Bali,

Nah kali ini saya akan mulai mengupas salah satu Tempat Wisata di Ubud Bali yang sangat populer yaitu Monkey Forest Ubud Bali.

Nama asli objek wisata Ubud monkey forest ini adalah sebenarnya adalah Mandala Wisata Wenara Wana,

Tapi lebih terkenal dengan nama Sacred Monkey Forest Sanctuary.

Alamat Monkey Forest sendiri berlokasi di Jalan Monkey Forest, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

Objek wisata yang mempunyai nama serupa dengan Monkey Forest di Ubud Bali ini sebenaranya ada satu lagi,

Namanya Sangeh Monkey Forest yang berlokasi di desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung Bali.

Nah lalu, seperti apa sih daya tarik wisata Monkey Forest di Ubud Bali ini ?

Daya Tarik Wisata Ubud Monkey Forest Bali

Monkey Forest Ubud BaliSahabat traveler’s, bicara seputar Ubud, nama kecamatan di Kabupaten Gianyar Bali ini populer sebagai tempat peristirahtan.

Daya tarik utama Objek wisata Ubud hingga sangat dikenal baik oleh wisatawan mancanegara adalah pesona wisata alamnya yang sangat khas dan indah,

Daerahnya berada ditengah area Pesawahan dan Hutan hijau, serta lokasinya terletak di antara jurang – jurang gunung.

Sangat berbeda dengan kecamatan lain di Bali selatan yang banyak menawarkan tempat wisata alam berupa pantainya seperti,

Kecamatan Kuta Selatan yang populer dengan Pantai Jimbaran, Pantai Padang Padang, Pantai Tegal Wangi dan Pantai Balangan

Kemudian di Kecamatan Denpasar Selatan yang populer dengan Pantai Sanur dan Pantai Sindhu nya,

Serta tentunya Pantai Nusa Dua Bali yang sedang nge-hits di waktu sekarang paska didatangi Raja Salman dari Kerajaan Arab Saudi yaitu,

Pantai Geger, kemudian Pantai Segara Samuh, Pantai Mengiat dan Pantai Sawangan.

Selanjutnya hal menarik lainnya dari Ubud adalah, kecamatan ini merupakan daerah yang banyak melahirkan seniman hebat Bali.

Sisi kehidupan sehari – hari mayoritas masyarakat Ubud tidak akan pernah lepas dari apa yang namanya kesenian dan Budaya.

Oleh karena jangan heran, jika di kecamatan ini kita akan banyak sekali menemukan galeri – galeri seni, serta beragam atraksi seni musik dan tari.

Uniknya, di setiap malam kita bisa menikmati pertunjukan seni tersebut, karena acara digelar secara bergantian di setiap desanya.

Sejarah Ubud sendiri mencatat, kecamatan ini sudah mulai terkenal hingga ke mancanagera sejak tahun 1930 an.

Bahkan, keindahan alam serta suasananya keseharian lingkungannya yang sangat kental dengan seni dan budaya,

Telah memaksa Pelukis kenamaan negeri Jerman Walter Spies dan pelukis asal Belanda Rudolf Bonnet untuk menetap di Ubud Bali.

Dan akhirnya, dengan berkolaborasi Seniman Ubud Cokorda Gede Agung Sukawati dari Pura Agung Ubud,

Hasil karya seniman dunia tersebut kini bisa kita nikmati di Museum Puri Lukisan, Ubud Bali.

Itulah sahabat sekilas sejarah dan latar belakang kehidupan masayarakat ubud yang harus kita ketahui sebelum mengupas objek wisatanya.

Daya Tarik Wisata Monkey Forest Ubud Bali

Nah sahabat, lalu seperti apa daya tarik dari objek wisata Monkey Forest Ubud Bali sendiri ? berikut ulasannya.

Cagar Alam di Bali

Monkey Forest Ubud BaliTraveler’s, Monkey Forest Ubud Bali atau disebut juga Hutan Monyet Ubud merupakan sebuah tempat cagar alam di Kecamatan Ubud, Bali.

Hutan dimana didalamnya terdapat cagar alam ini memiliki luas sekitar 27 hektar dengan ditumbuhi setidaknya 115 spesies pohon yang beragam.

Ubud Monkey Forest saat tercatat sebagai habitat tidak kurang dari 340 ekor Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis),

Jenis monyet ini bagi masyarakat Hindu Bali sangat dikeramatkan dan tidak boleh diganggu.

Dari jumlah diatas, diantaranya terdiri dari 32 ekor monyet jantan dewasa, 19 jantan muda, 77 betina dewasa, 122 remaja dan 54 bayi.

Tercatat pula di Sacred Monkey Forest Sanctuary ini terdapat empat kelompok besar monyet yang menempati wilayah berbeda di taman ini.

Komplek Candi di Ubud Bali

Monkey Forest Ubud BaliTraveler’s, Tidak salah jika Pulau Bali terkenal dengan julukan Pulau dengan seribu Pura atau Pulau Dewata.

Hal tersebut sangat berasalan, karena hampir di setiap lokasi wisata yang kita kunjungi, maka di situ pula terdapau Pura.

Seperti ketika kita hendak menikmati pesona Eksotisme Sunset di Tanah Lot, maka di situ juga terdapat Pura Tanah Lot yang di sakralkan.

Termasuk ketika kita berkunjung ke Pulau Nusa Penida untuk menikmati Pantai Crystal Bay, di sana terdapat Pura Penida.

Nah di dalam kawasan cagar alam di mana Monkey Forest Ubud Bali ini berada, juga terdapat 3 Pura yang di Sakralkan Umat Hindu Bali.

Pertama adalah Pura Dalem Agung yang populer umat hindu menyebutnya juga dengan nama Candi Monyet Kudus,

Lokasi Pura Dalem Kaum Padangtegal berada di tengah area kawasan hutan.

Pura ini dikenal sebagai Pura utama dan “Sumber Kesucian” bagi candi-candi lain di sekitarnya.

Kedua adalah Pura Beji atau dikenal juga dengan nama Candi Mandi Kudus yang lokasinya di barat laut,

Dan ketiga Pura Prajapati yang warga hindu menyebutnya sebagai Kubur Suci,

Karena Pura ini biasa digunakan sebagai lokasi tempat upacara kremasi atau Ngaben.

Sahabat traveler’s, perlu anda ketahui, pengelolaan objek wisata cagar alam dan pura ini berada di bawah Yayasan Wenara Wana Padangtegal.

Yang tugasnya adalah selain menjaga kesucian kawasan Pura juga mempromosikan Situs Keramat ini sebagai destinasi pariwisata Bali.

Nah sahabat traveler’s, itulah 2 daya tarik wisata dari objek wisata Monkey Forest Ubud Bali yang bisa anda lihat di sana.

Masih banyak hal – hal baru yang bisa anda temukan di sana dan kegiatan atau aktiftas wisata menarik yang bisa kita lakukan di sana.

Aktifitas Dan Fasilitas Wisata di Monkey Forest Ubud Bali

Traveler’s, Tiba kita di area Gerbang pintu masuk kawasan objek wisata Monkey Forest di Ubud Bali ini, Hal menarik sudah mulai terasa.

Udara yang sangat sejuk bisa kita langsung rasakan menyambut kehadiran kita di tempat itu, yang membuat tubuh menjadi terasa fresh atau segar kembali.

Apalagi jika anda sebelumnya sebelum datang ke sini telah berwisata dulu di objek wisata pantai di Bali seperti Pantai Dreamland atau Pantai Double Six.

Dari lokasi yang terkenal panasnya cukup menyengat di siang hari, masuk ke tempat yang suhu udaranya sangat sejuk sekali.

Banyak sekali pepohonan besar dengan dedaunan hijaunya yang menjulang tinggi, sehingga membuat teduh kawasan di bawahnya.

Selanjutnya jika kita memasuki pintu gerbang masuk Mandala Wisata Wenara Wana, maka lokasi Loket Tiketnya berada di sebelah kiri pintu gerbang.

Beberapa langkah setelah melewati pintu gerbang masuk Monkey Forest Ubud Bali, maka terdapat bangunan toilet yang kondisinya terlihat terawat.

Di sekitar pintu masuk juga, kita bisa melihat sejumlah penjual pisang yang bisa kita beli, seandainya kita nanti akan memberi makan kera.

Selepas istirahat sejenak dekat pintu gerbang dan kita juga membeli beberapa potong pisang, maka kita lanjutkan perjalanan masuk ke dalam.

Memberi Makan Monyet

Belum lama berjalan di dalam kawasan Mandala Wisata Wenara Wana, maka kita akan disambut kehadirannya oleh monyet – monyet di sana.

Mereka terlihat ada yang berkelompok, kemudian monyet yang sedang menyusui anaknya, ada yang sedang bermain – main dan yang lainnya.

Anda pun jangan kaget apalagi panik, manakala ada beberapa ekor monyet yang mencoba menghadang untuk meminta makanan kepada anda.

Mereka biasanya akan memperlihatkan bahasa tubuhnya meminta makanan dengan cara sambil bergulingan di atas tanah.

Ada sesuatu yang bisa dikatakan aneh ketika kita berada di tengah koloni monyet – monyet di Monkey Forest Ubud Bali.

Monyet-monyet tersebut sepertinya sudah mengetahui dan membedakan dari awal, mana pengunjung yang membawa makanan dan mana yang tidak.

Jadi untuk kita yang telah menyiapkan makanan, mereka akan tahu, meskipun makanan tersebut sudah kita disembunyikan rapat dibalik baju.

Sementara kepada Pengunjung yang tidak membawa makanan , Uniknya mereka akan berikap acuh tak acuh, tidak memperdulikan kita.

Namun demikian, bagi anda yang ingin memberi makan monyet – monyet yang ada di dalam cagar ini, jangan menjadi takut karena alasan di atas.

Karena Di dalam objek wisata monkey forest Ubud Bali ini , cukup banyak petugas yang mengawasi perilaku kera demi kenyamanan dan keamanan pegunjung.

Traveler’s, meskipun monyet – monyet di sini akan tampak agresif saat mereka meminta makanan, namun tidak mengganggu pejalan lainnya.

Nah tapi untuk alasan keamanan dan mencegah hal – hal kurang nyaman terjadi di luar dugaan,

Di bawah ini kang dian akan berikan beberapa tips berupa cara dan waktu terbaik ketika kita berwisata ke sana.

Tips Berwisata Ke Monkey Forest Ubud Bali

Traveler’s, Waktu terbaik untuk berkunjung ke Sacred Monkey Forest Sanctuary adalah lepas sore hari, sekitar pukul 2 waktu indonesia tengah.

Pada waktu – waktu tersebut, biasanya sebagian besar monyet yang ada di sana sudah terlihat kurang agresif karena sudah kenyang,

Mereka bersikap begitu, karena telah mendapatkan pemberian makanan dari pengunjung – pengunjung sebelum anda datang ke sana.

Sebelum masuk kawasan wisata, pastikan anda menaruh barang barang berharga di tempat yang aman seperti di dalamtas,

Terutama barang -barang perhiasan seperti anting-anting, kemudian selendang, Topi, kacamata hingga handphone.

Jika anda ingin berfoto, perhatikan untuk selalu memegang erat kamera anda dengan baik.

Barang-barang tersebut pada banyak kejadian sangat menarik perhatian mereka untuk mendekat bahkan merebut kamera anda.

Selanjutnya, berjalanlah di area jalan yang sudah disediakan, jangan melangkah melewati batas areal jalan yang sudah ditentukan.

Sikap anda yang melakukan itu biasanya akan membuat monyet – monyet tersebut bersikap reaktif, mengira anda memasuki wilayah mereka.

Yang terakhir, jangan sekali – kali memukul atau menyakiti monyet yang mencoba mendekati, jika mereka tidak mengganggu kita,

Jika tidak ada alasan yang darurat atau memaksa, kita harus menghindari melakukan hal hal tersebut.

Jika kita tanpa alasan yang jelas memukul dan menyakiti mereka, maka hal ini akan membuat kawanan monyet lainnya akan menyerang.

Patung Naga dan Monyet di Monkey Forest Ubud Bali

Terlepas dari itu semua, masih banyak anyak hal yang baru dan menarik lainnya ketika kita mengunjungi objek wisata Ubud Monkey Forest Bali ini,

Selain kita bisa menyaksikan tingkah laku salah satu binatang mamalia, yang menurut teori darwin kita sebangsa dengan mereka.

Di sana juga kita bisa menyaksikan sebuah patung naga di dalam kawasan Mandala Wisata Wenara Wana dengan detail indah,

Tidak hanya itu saja, di tepain sebuah kolam yang ada di sana juga terdapat sebuah patung monyet yang cukup menggoda kita untuk melihatnya.

Dan di lokasi tersebut, tidak sedikit pengunjung yang tampak tengah berpose untuk diambil foto dengan background pemadangan tersebut.

Banyak juga pengunjung yang tampak sedang beristirahat sejenak di sana dengan pengunjung lainnya,

Karena Suasana di tengah hutan yang terletak beberapa puluh meter di bawah area parkir ini terasa teduh dan segar.

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa hal menarik yang bisa anda lakukan atau nikmati selama berwisata ke Monkey Forest Ubud Bali.

Informasi kegiatan wisata dalam Foto dan Video di Ubud Monkey Forest bisa anda lihat di Instagram Mandala Wisata Wenara Wana.

Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke sana ? jika iya, di bawah ini kang dian akan berikan Harga Tiket Masuk Tempat Wisata di Bali terbarunya.

Harga Tiket Masuk Monkey Forest Ubud Bali

Traveler’s, setiap pengunjung yang akan masuk objek wisata Sacred Monkey Forest Sanctuary akan dikenakan tarif tiket masuk ( Entrance Fee )

Dan berikut adalah harga tiket masuk terbaru Mandala Wisata Wenara Wana untuk tahun 2017 – 2018 yang harus anda ketahui,

  1. Dewasa Rp.50.000/orang
  2. Anak ( 3 s/d 12 Thn ) Rp.40.000

Catatan : Harga di atas bisa sewaktu – waktu berubah tanpa pemberitahuan.

Sementara Tarif Parkir kendaraan pengunjung yang berwisata di Sacred Monkey Forest Sanctuary tidak dikenakan biaya alias gratis.

Nah selanjutnya yuk kita cari tahu alamat, peta lokasi/Map dan rute jalan menuju ke Ubud Monkey Forest di bawah ini.

Alamat Monkey Forest Ubud Bali

Sacred Monkey Forest Sanctuary di Jalan Monkey Forest, Desa Padangtegal, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali Indonesia 80571.

Nomer Telepon Monkey Forest Ubud Bali

Untuk informasi harga tiket masuk terbaru dan info penting lainnya yang anda perlukan silahkan bisa menghubungi nomer kontak (0361)971304.

Untuk informasi lainnya, anda pun bisa mengakses updatenya di Website Resmi Monkey Forest Ubud.

Jam Buka Mandala Wisata Wenara Wana

Waktu operasional tempat wisata di Ubud Bali ini adalah setiap hari, senin hingga Minggu, buka dari pukul 08.30 – 18.00 WITA.

Peta Lokasi/Map Monkey Forest di Ubud Bali

Rute Jalan Menuju Ubud Monkey Forest Bali

Sahabat traveler’s, sangat mudah untuk mengakses lokasi Monkey Forest Ubud Bali ini, baik dengan kendaraan pribadi, rental dan umum.

Dan berikut beberapa alternatif rute jalan menuju ke Mandala Wisata Wenara Wana dari berbagai kawasan Wisata Bali lainnya,

Rute Jalan Dari Ngurah Rai Airport ke Monkey Forest Ubud

Traveler’s, ada 3 alternatif rute jalan dari bandar udara internasional ngurai rai ke Monkey Forest ubud bali,

Yaitu Via Jl.By Pass Ngurah Rai, kemudian Via Jl.Imam Bonjol serta terakhir Via Jl.Imam Bonjol Dan Jl.Raya Singapadu

Rute jalan tercepat dari arah bandara Ngurah Rai langsung menuju lokasi dari Ubud monkey forest, adalah via Jl.By Pass Ngurai Rai.

Jarak tempuhnya sekitar 36 km, ditempuh dengan memerlukan waktu berkendaraan sekitar kurang lebih 75 menitan.

Rute Jalan Dari Kawasan Wisata Nusa Dua ke Ubud Monkey Forest

Nah traveler’s, jika anda tengah berwisata dan menginap di salah satu Hotel Bintang 5 di kawasan Pariwisata BTDC Nusa Dua,

Rute tercepat mengakses lokasi Mandala Wisata Wenara Wana ini adalah Via Jl.By Pass Ngurah Rai.

Jaraknya sekitar 41 KM, atau bisa ditempuh dengan lama waktu perjalanan berkendara sekitar 78 menitan.

Bagaimana jika dari lokasi lainnya ? silahkan anda bisa buka peta lokasi/map di atas.

Atau rekomendasi kang dian, bagi anda seorang traveler’s, anda wajib memasang aplikasi petunjuk jalan Waze di perangkat HP atau gadget anda.

Tempat Wisata Sejenis Ubud Monkey Forest

Sahabat traveler’s, selain Objek wisata Ubud Monkey Forest, terdapat 4 lokasi wisata lain dimana anda bisa melihat kera – kera di Bali.

Lokasinya terpopulernya adalah,

Yang ke-1 di kawasan wisata Pura Uluwatu yang beralamat di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung Bali.

Yang ke-2 di kawasan wisata Alas Kedaton yang beralamat di Jalan Raya Alas Kedaton, Kukuh, Kec. Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

Yang ke-3 ada di kawasan Pura Pulaki yang berlamat di Jalan Seririt-Gilimanuk, Banyupoh, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

Yang ke-4 Sangeh Monkey Forest yang beralamat di Jl. Brahmana, Sangeh, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa alternatif lokasi dimana anda bisa menyaksikan tingkah lucu monyet atau kera di pulau dewata Bali.

Informasi di atas juga sekaligus menutup Review salah satu Tempat Wisata di Bali yang terkenal, yaitu Monkey Forest Ubud Bali.

https://www.youtube.com/watch?v=8-Bw88fna70
Monkey Forest Ubud
  • Monkey Forest Ubud
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Mandala Wisata Wenara Wana
Alias : Monkey Forest Ubud
Alamat : Jl.Monkey Forest, Desa Ubud Bali
No Tlp : (0361)971304
Jam Buka : 08.30 - 18.00 WITA
HTM : Rp.50.000
Fasilitas : Toilet,Security dll
Website : www.monkeyforestubud.com

4.8
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)

No Responses

  1. adminbali

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.