Museum Bali Denpasar

Museum Bali Denpasar Info Harga Tiket Masuk, Sejarah & Koleksi 2022

Diposting pada
Melly Massage
5/5 - (1 vote)

Museum Bali Denpasar | Harga Tiket Masuk Rp 50.000 / Orang | Biaya Prewedding Rp 500.000 | Jam Buka 08.00 – 16.00 WITA ( Jum’at 08.30 – 12.30 WITA | No Telp (0361) 222680 | Alamat Jl. Mayor Wisnu No.1, Dangin Puri, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80232 | MAP Peta Lokasi

Apakah anda saat ini sedang mencari informasi terbaru Tempat Wisata di Denpasar Kota, Museum Bali Denpasar ?

Jika iya, anda kini sudah berada di halaman yang tepat, karena saya Kang Dian, admin web Wisata di Bali sedang mereview sebuah Museum di Bali terkenal, Museum Bali.

Museum Bali atau Museum Unit Pelaksana Teknis Dinas Kebudayaan Bali adalah museum negara tempat penyimpanan peninggalan masa lampau manusia dan etnografi yang berada di Kota Denpasar, Bali.

Koleksi museum Bali terdiri dari benda-benda etnografi seperti peralatan dan perlengkapan hidup, kesenian, keagamaan, bahasa tulisan, dan lainnya yang mencerminkan kehidupan dan perkembangan kebudayaan Bali di masa lampau.

Nah lalu seperti apakah daya tarik serta Keunikan Museum Bali di Denpasar ini ? dan apa saja sih Koleksi Museum Bali yang bisa kita lihat di sana ?

Kemudian seperti apakah Sejarah berdirinya atau History Of Museum Bali Denpasar ini, dan berapakah Harga Tiket Masuk Museum Bali yang Resmi Terbaru saat ini ?

dan selanjutnya dimanakah Alamat, Peta Lokasi, Jam Buka Museum Bali, Nomer Telepon dan Rute Jalan Menuju ke tempat wisata Museum Bali di Kota Denpasar ini ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, yuk seperti biasa kang dian mau ajak sobat sekalin untuk mengetahui informasi selngkapnya di bawah ini,

lengkap dengan informasi tempat wisata di denpasar terdekat dan akomodasi penginapan Hotel dekat Museum Bali Denpasar.

Namun sebelumnya menjelaskan itu semua, yuk mari kita cek cari tahu terlebih dahulu berapa Biaya Tiket Museum Bali terbaru ?

Harga Tiket Masuk Museum Bali Denpasar

TIKET MASUKHARGA
Wisatawan DomestikRp 50.000
Turis MancanegaraHub No Telp (0361) 222680

Sahabat traveler, Museum Bali bukan termasuk tempat wisata di Bali yang gratis, oleh karenanya untuk masuk ke museum negeri provinsi Bali ini akan dikenakan tiket masuk.

Ada pun untuk Harga Tiket masuk ke museum Bali di Denpasar Kota ini setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp 50.000 / orang oleh pengelola museum.

Untuk informasi berapa Entrance Fee Museum Bali Denpasar untuk wisatawan mancanegara, silahkan anda bisa hubungi no kontak (0361) 222680.

Harga Foto Prewedding di Museum Bali Denpasar Timur

Biaya Prewedding di Museum Bali Denpasar

KEGIATANHARGA
PreweddingRp 500.000

Sahabat traveler, Museum Bali selama ini sangat terkenal bagi pasangan yang mau menikah sebagai salah satu lokasi tempat favorit pemotretan foto pre wedding di Bali ?

nah bagi anda yang mau sesi foto pre wedding di museum Bali, biaya tiket masuknya berbeda dengan biaya tiket masuk hanya untuk berkujung.

Ada pun informasi terbaru yang Kang Dian terima, Biaya Foto Pre wedding di Museum Bali Denpasar akan dikenakan biaya tambahan Rp 500.000.

Untuk hasil pemotretan, silahkan anda bisa melihat karya fotografer Foto Prewedding di Museum Bali di Instagram.

Catatan : Harga tiket masuk dan biaya prewedding sewaktu – waktu bisa berubah menyesuaikan dengan kebijakan pengelola tempat wisata.

Jam Buka Museum Negeri Provinsi Bali Denpasar

HARIWAKTU OPERASIONAL
Senin - Minggu08.00 - 16.00 WITA
Jum'at08.30 - 12.30 WITA

Sahabat traveler, waktu operasional Museum di Kota Denpasar ini menerima kunjungan wisatawan adalah buka setiap hari.

Ada pun Jam Buka Museum Bali setiap harinya adalah mulai buka dari jam 08.00 WITA dan tutup pukul 16.00 WITA, kecuali di hari jum’at jam operasional 08.30 – 12.30 WITA

Baca Juga : Museum Blanco Renaissance Ubud

Museum Bali Denpasar

Museum Bali Denpasar

Pulau Bali memiliki banyak sekali tempat wisata menarik untuk dikunjungi, mulai dari objek wisata alam, kuliner, hiburan malam maupun objek wisata sejarah, seni dan budaya seperti wisata ke museum.

Jika bicara tentang museum di Bali, maka sebagian besar museum yang ada di Bali adalah museum lukisan dan pusatnya seperti Museum Puri lukisan di Bali adalah di kawasan Wisata Ubud.

Nah lalu pertanyaannya, apakah di Bali hanya ada museum lukisan saja ? atau adakah museum lain selain museum lukisan ?

Tentu saja ada, namun jumlah museum di Bali yang memajang kolekasi seni lukis jauh lebih sedikit, salah satunya adalah Museum Bali di Denpasar ini.

Sesuai namanya, museum ini pasti anda yang awam pun pasti sudah bisa menebak, bahwasanya lokasi museum ini tempatnya beralamat ada di kota Denpasar.

Museum Bali sering juga disebut museum negeri propinsi Bali, yang berarti museum di denpasar timur ini dikelola oleh pemprov provinsi Bali.

Museum ini menyimpan banyak sekali pengetahuan yang menyangkut peradaban manusia dari zaman ke zaman, khususnya pada masyarakat Bali.

Bangunan museum ini sangat artsitik, dimana eksterior dinding, halaman, dan gerbang dirancang dengan gaya khas puri atau kerajaan di Denpasar.

Koleksi Museum Bali di Kota Denpasar

Koleksi Museum Bali Denpasar

Sahabat traveler, museum ini memiliki banyak sekali koleksi benda – benda bersejarah.

Koleksi museum terdiri dari benda-benda etnografi antara lain peralatan dan perlengkapan hidup, kesenian, keagamaan, bahasa tulisan, dan yang lainnya.

Koleksi lainnya yang juga dimiliki UPTD Museum Bali antara lain biologika, etnografia, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramika, dan seni rupa.

Ada empat paviliun di kompleks museum ini yang masing – masing Paviliun di Museum Bali ini mewakili berbagai wilayah kabupaten di Bali sbb :

Paviliun Tabanan : koleksi yang ditampilkan seperti peralatan tari ( kostum tari ), topeng untuk tarian topeng, wayang kulit, keris (pedang tradisional Bali) untuk tari Calonarang, patung kuno.

Paviliun Buleleng : Bangunan paviliun ini memiiki gaya khas Pura di Bali utara. Anjungan ini memiliki koleksi pakaian Bali termasuk kipas tradisional Bali.

Paviliun Badung : menampilkan koleksi peralatan yang digunakan oleh manusia selama masa berburu dan bercocok taman, periode budidaya, dan periode metalik.

Sedangkan lantai atas paviliun ini menampilkan koleksi seni rupa Bali. Museum Bali adalah tempat yang baik untuk belajar lebih banyak tentang Bali.

Baca Juga : Museum Neka Ubud

Sejarah Museum Bali Denpasar

Museum Bali Denpasar

Sahabat traveler’s, ada hal yang menarik dari cerita sejarah berdirinya Museum Bali di Denpasar yang wajib kita ketahui sebelum kita berkunjung ke sana,

Penggagas Museum Bali

Traveler’s, Sejarah mencatat bahwa penggagas dibangunnya museum ini berawal dari ide seorang asisten Residen Bali Selatan di Denpasar W.J.F Kroon ( 1909 – 1913 ).

Tahap awal sebelum namanya menjadi Museum Bali di Denpasar, prosesnya ternyata didahului dengan dibangunnya sebuah Gedung Arca pada tahun 1910.

Untuk biaya pembangunan Gedung Arca di Denpasar Bali ini, saat itu didanai dan dibantu langsung oleh beberapa nama raja di pulau bali yang saat itu masih berkuasa,

seperti Raja Tabanan, kemudian Raja Karangasem serta Raja Buleleng Bali.

Arsitek Museum Bali ( Gedung Arca )

3 Orang Arsitek terlibat langsung dalam mendesign arsitektur Gedung Arca, yaitu I Gusti Gede Ketut Kandel, I Gusti Ketut Rai serta Curt Grunder ( Jerman ).

Setelah beberapa tahun Bangunan Gedung Arca Denpasar Bali selesai, tepat pada tahun 1930, W.T Sttutterhim seorang Pemimpin Dinas Purbakala di Bali saat itu,

mulai berupaya dan mengisi ruangan di bangunan gedung arca ini dengan beragam benda peninggalan masyarakat atau suku di bali serta Budaya manusia pada zaman dulu ( Etnografi ).

Denah Museum Bali

Sahabat traveler’s, Museum Bali sendiri pada tahap awalnya pembangunannya berdiri di atas areal seluas 2.600 meter persegi dan dibagi ke dalam 3 kawasan.

Kawasan tersebut adalah kawasan halaman museum bagian luar, kemudian halaman museum tengah serta kawasan halaman di dalam museum itu sendiri.

Batas setiap kawasan halaman di museum ini dibatasi dengan tembok dan di setiap pintu masuk masing – masing halaman museum itu dibuat gapura.

Khusus untuk halaman di dalam museum bali di denpasar ini, terdapat 3 bangunan utama yang namanya diambil dari asal raja – raja di bali yang mendanai pembangunan gedung arca,

yaitu Gedung Karangasem, Gedung Tabanan dan Gedung Buleleng.

Dalam perjalanan waktu selanjutnya, pada tahun 1969 museum bali ini mendapatkan bantuan program Proyek Pelita, dan digunakan untuk pengembangan dan perluasan area.

Dari awal luas museum bali ini hanya 2.600 meter persegi, kemudian dengan proyek bantuan pelita ini diperluas menjadi seluas 6.000 meter persegi,

tidak hanya luas areal museum yang bertambah, lewat bantuan proyek pelita juga jumlah gedung di museum bali juga ditambah dengan dibuatnya satu gedung baru yang diberi nama gedung timur.

Peresmian Museum Negeri Provinsi Bali

Sahabat traveler’s, di dalam perjalanan sejarahnya selanjutnya, pada tahun 1932 dibuatlah sebuah yayasan yang fungsinya sebagai pengelola museum bali di denpasar ini,

dan pada akhir tahun, tepatnya tanggal 8 desember 1932, maka secara resmi Museum di Kota Denpasar ini pun akhirnya di resmikan untuk umum.

Selanjutnya seiring perjalanan waktu, terjadi beberapa kali proses pemindahan tangan untuk pengelolaan museum di denpasar bali ini,

pertama pada saaat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, pengelolan Museum Bali ini pun dipindah tangankan ke Pemerintah Daerah Provinsi Bali,

selanjutnya pada tanggal 5 January 1965, pengelolaan museum ini pun ambil alih oleh Pemerintah Indonesia dan di serahkan tanggung jawabnya ke Dinas Pariwisata, Pendidikan dan Kebudayaan.

Nah dari sini pulalah asal usul perubahan nama museum yang tadinya bernama museum bali denpasar diganti menjadi Museum Negeri Provinsi Bali oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Namun pada akhirnya, tepat di tahun 2000 seiring diberlakukannya peraturan pemerintahan tentang Otonomi Khusus Daerah, pengelolaan museum akhirnya kembali diambil alih oleh Pemprov Bali.

Baca Juga : Museum Arma Ubud

Keunikan & Aktivitas Wisata

Ada hal menarik dan berbeda ketika anda mengunjungi museum Bali di Denpasar ini jika dibandingkan saat mengunjungi objek wisata museum di bali yang paling terkenal seperti di Ubud,

Museum Bali Denpasar bisa dikategorikan sebuah tempat wisata edukasi di bali yang menawarkan informasi edukasi akan sejarah Etnografika serta arsitektur khas Bali.

berwisata ke sini maka kita akan ditawarkan beragam informasi ilmu pengetahuan tentang bagaimana siklus peradaban manusia dari zaman ke zaman, terutama masyarakat Bali.

Berkunjung ke sini, maka kita bisa melihat bukti sejarah sekaligus membandingkan bagimana perbandingan peradaban masyarakat bali dari zaman prasejarah hingga zaman sekarang.

sedikit berbeda dengan fungsi museum di ubud yang menawarkan museum tempat dipajangnya beragam karya seni seperti seni lukis, pahat dan juga patung hingga keris,

maka di museum bali denpasar ini kita akan disuguhi dengan koleksi benda seni seperti lukisan atau patung namun dengan nilai sejarah peradaban dan kebudayaan khas Bali.

Intinya Museum Bali Denpasar ini adalah sebuah tempat terbaik bagi kita yang ingin mengetahui ilmu sejarah yang mempelajari masyarakat, suku dan kelompok etnis manusia,

kemudian juga etnogenesis, komposisi, perpindahan tempat tinggal, karakteristik kesejahteraan sosial, budaya material serta kehidupan spiritualnya.

Selain menikmati sajian informasi yang menarik seputar sejarah Etnografika, ada hal menarik lainnya yang banyak dilakukan pengunjung yang datang ke Museum Bali.

salah satunya dan wajib anda ketahui adalah Museum Bali di Denpasar ini merupakan salah satu lokasi Tempat Foto Prewedding di Bali yang sangat terkenal.

Banyak pasangan yang mau menikah, baik dari warga lokal dan wisatawan luar bali hingga mancanegara yang menjadikan museum bali sebagai lokasi favorit pre wedding di Bali.

Nah sahabat traveler’s, bagi anda pasangan muda yang mau melakukan sesi foto prewedding di Museum Denpasar Bali, maka biayanya saat ini adalah Rp 500.000.

Baca Juga : Museum Pasifika Nusa Dua

Nomer Kontak Telepon

KONTAKNOMOR
Telepon(0361) 222680

Untuk informasi harga tiket masuk museum bali terbaru, kegiatan atau acara, reservasi tempat dan info penting lainnya yang ingin anda ketahui, silahkan hubungi (0361) 222680.

Alamat Museum Bali

Sahabat traveler’s, Alamat Museum Bali Denpasar lokasinya berada di pusat kota denpasar, tepatnya di Jl. Mayor Wisnu No.1, Dangin Puri, Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali 80232.

Lokasinya berjarak sekitar 16 kilometer atau bisa ditempuh dengan naik kendaraan 35 menit dari Hotel Dekat Bandar Udara Internasional Ngurah Rai di Tuban,

Lokasi Museum Bali Denpasar juga sangat dekat juga dengan tempat wisata di kota denpasar lainnya, yaitu sebuah Pura di Bali yang populer yaitu Pura Jagatnatha.

Nah lalu berapakah jarak serta waktu tempuh dari lokasi anda dan Tempat Wisata di Bali Terbaru lainnya yang populer atau sedang nge-Hits saat ini ?

di bawah ini kang dian akan berikan informasi letaknya di google map yang bisa anda jadikan panduan jalan menuju ke Museum di Kota Denpasar bali ini.

Rute Jalan Menuju Lokasi

Sahabat traveler’s, lokasinya yang sangat strategis berada di pusat kota denpasar bali, maka untuk mengakases rute jalan menuju ke museum negeri provinsi bali ini sangatlah mudah.

Silahkan anda bisa melihat petunjuknya di peta lokasi google map museum bali di atas yang sudah kang dian berikan, atau gunakanlah aplikasi petunjuk jalan seperti waze.

Untuk alat transportasinya sendiri, anda bisa membawa kendaraan pribadi, naik transportasi umum seperti taksi dan rekomendasinya adalah Sewa Motor di Bali atau Sewa Motor di Bali.

Tempat Wisata Terdekat

Sahabat traveler’s, lokasinya yang berada di pusat kota denpasar, maka ada beberapa objek wisata menarik yang ada dekat museum negeri provinsi Bali.

informasi ini mungkin akan berguna bagi anda yang tengah menyusun daftar tempat wisata di denpasar bali yang akan dikunjungi atau untuk itinerary Paket Tour Wisata ke Bali anda.

Hotel Murah Terdekat

Sahabat traveler, ada banyak pilihan akomodasi penginapan di dekat Museum Bali yang bisa anda jadikan sebagai tempat menginap bersama keluarga, teman atau berdua dengan pasangan.

Dan berikut adalah Rekomendasi hotel Terdekat dengan lokasi Museum Bali dengan fasilitas kolam renang, bathtub, ruang keluarga, antar jemput bandara dll.

  • RedDoorz near Bali Museum
  • Alamat : Jl. Plawa No.50, Sumerta Kauh, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80236
  • No Telp : (021) 80629666
  • Harga Sewa Kamar Permalam Mulai Rp
  • Inna Bali Heritage
  • Hotel : Bintang 3
  • Alamat : Jl. Veteran No.3, Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80111
  • No Telp : (0361) 225681
  • Harga Sewa Kamar Permalam Mulai Rp 176.000
  • Quest Hotel San Denpasar
  • Hotel : Bintang 3
  • Alamat : Jl. Mahendradatta No.93, Padangsambian, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80117
  • No Telp : (0361) 4717000
  • Harga Sewa Kamar Permalam Mulai Rp 182.000
  • Aston Denpasar Hotel & Convention Center
  • Hotel : Bintang 4
  • Alamat : Jl. Gatot Subroto Barat No.283, Pemecutan Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80111
  • No Telp : (0361) 411999
  • Harga Sewa Kamar Permalam Mulai Rp 331.000
  • ibis Styles Bali Denpasar
  • Hotel : Bintang 3
  • Alamat : Jl. Teuku Umar No.183, Dauh Puri Kauh, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80114
  • No Telp : (0361) 228228
  • Harga Sewa Kamar Permalam Mulai Rp 223.000

Nah untuk rekomendasi penginapan terdekat lainnya, silahkan anda bisa baca di tulisan saya di bawah ini :

17 Hotel Murah di Denpasar Dengan Harga Paling Budget Friendly

Nah sahabat traveler’s, dengan informasi di atas, kang dian cukupan saja review History Of, Keunikan, Koleksi serta Harga Tiket Masuk Museum Bali Denpasar.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.