Museum Geopark Batur Kintamani – Info Sejarah, Koleksi & Harga Tiket Masuk

Diposting pada
Museum Geopark Batur Kintamani
  • Museum Geopark Batur Kintamani
  • Fasilitas
  • Koleksi
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Museum Geopark Batur
Alamat/Lokasi : Jl.Raya Penelokan Kintamani
Jam Buka : 08.00 - 16.00 WITA
No Tlp : (0366) 51186
Harga Tiket Masuk : Rp.15.000 - Rp.20.000
Fasilitas : Parkir, Mushola dll

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)

Museum Geopark Batur Kintamani – cari Tempat Wisata di Bali Terbaru ? jika iya, inilah ulasan Makalah Fasilitas Wisata, Sejarah, Koleksi dan Harga Tiket Masuk Museum Geopark Batur di Kintamani Bangli Bali.

Hi sobat traveler’s, jumpa lagi dengan Kang Dian, penulis blog informasi Wisata Bali, yang kali ini akan mereview salah satu dari Tempat Wisata di Kabupaten Bangli,

lebih tepatnya Tempat Wisata di Kintamani yang baru dan menawarkan wisata edukasi dari sebuah Museum di Bali yang terkenal, yaitu Museum Geopark Batur.

Review Museum Geopark Batur Kintamani ini kang dian sajikan untuk melengkapi daftar tempat – tempat wisata yang wajib dikunjungi di daerah Kintamani Bali,

yang sebelumnya sudah saya review seperti diantaranya objek wisata Air Terjun di Bali Kintamani yang terkenal Air Terjun Tukad Cepung dan Air Terjun Tibumana,

kemudian objek wisata Danau di Kintamani Bali yang indah seindah Danau Buyan, Danau Tamblingan dan Danau Beratan di kawasan Bedugul Bali yaitu Danau Batur,

lalu objek wisata tempat pemandian air panas di bali yang sepopuler Pemandian Air Panas Sanih dan Pemandian Air Panas Banyuwedang di Buleleng yaitu Toya Bungkah Hot Spring,

dan objek wisata desa di kitamani bali yang sangat terkenal seperti Desa Penglipuran, desa seribu tengkorak Desa Trunyan dan objek wisata Desa Penelokan dll.

Nah lalu seperti apakah daya tarik dan fasilitas wisata yang bisa kita dapatkan saat mengunjungi objek wisata museum geopark batur di kintamani bali ini ?

kemudian seperti apakah cerita Sejarah Museum Geopark Batur Kabupaten Bangli ini ? dan berapakah Harga Tiket Masuk Museum Geopark Batur Bali 2018 ini ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas seperti biasa kang dian mau ajak sahabat sekalian untuk mengetahui informasi selengkapnya di bawah ini.

Museum Geopark Batur Kintamani

Museum Geopark Batur Kintamani Bali
Source Via bagusreynaldiputra

Sahabat traveler’s, ada banyak Tempat Hits di Bali 2018 yang sangat populer dan selama ini menjadi destinasi wisata favorit banyak wisatawan yang tengah liburan di pulau dewata.

objek wisata Pantai di Bali seperti Pantai Kuta, Pantai Melasti, Pantai Pandawa, Pantai Nyang Nyang, Pantai Keramas dan yang lainnya memang masih menjadi primadona wisata bali,

namun demikian Tempat Wisata di Bali selain Pantai juga saat ini terus berkembang dan menjadi Objek Wisata Baru Di Bali yang langsung ngehits, salah satunya wisata museum di bali.

nah jika bicara seputar wisata museum di bali, maka pulau dewata selama ini adalah dikenal merupakan surga wisata yang menawarkan banyak ragam dan jenis museum yang sangat menarik,

sebut saja misalnya beberapa nama museum yang sudah saya review di kawasan Tempat Wisata di Ubud seperti Museum Neka, Museum Arma, Museum Puri Lukisan & Museum Blanco Renaissance,

lalu ada Museum di kawasan Tempat Wisata di Denpasar yang terkenal yaitu Museum Bali Denpasar, kemudian Museum di kawasan Nusa Dua Museum Pasifika,

hingga jenis Museum kekininan bali yang menawarkan museum 3 dimensi pun kini sudah ada dan bisa kita lihat di Museum 3D DMZ dan di IAM Bali 3D Interactive Art Museum dll.

Dan kini telah hadir museum baru di bali, yang menawarkan sensasi wisata menarik dan sangat bagus dijadikan Tempat Wisata Anak di Bali untuk tujuan wisata edukasi, Museum Geopark Batur Kintamani.

Sejarah Museum Geopark Batur Kintamani Bali

Sahabat traveler’s, Museum Baru di Kintamani Bali ini diresmikan pada tanggal 1 April 2016 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI yaitu Sudirman Said,

sebelum bernama Museum Geopark Batur, museum yang lokasinya berada di selatan Gunung Batur ini pada awalnya bernama Museum Gunung Berapi Batur.

Museum Geopark Batur ini pembangunnya dilakukan atas kerjasama beberapa instansi terkait yaitu antara Direktorat Vulkanoli dan Mitigasi Bencana Geologi,

dengan Direktorat Jenderal Geologi dan Sumber Daya Mineral, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral serta pemerintah lokal khususnya Bappeda Kabupaten Bangli.

Museum Geopark Batur berdiri di atas lahan seluas 1.09 hektar, dengan menempati kawasan Taman Wisata Alam Penelokan sesuai surat perjanjian kerjasama yang dibuat pada tanggal 10 Februari 2004,

antara Dirjen Geologi SDM Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Gubernur Bali dan Bupati Bangli, serta dengan Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan RI.

Peletakan batu pertama pembangunan Museum Gunung Api Batur di Kintamani Bali ini dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2004, dan selesai serta diresmikan pada tanggal 10 mei 2007.

Pada tanggal 22 Desember 2011, dilakukan perjanjian kerjasama untuk pengelolan museum gunung api batur dimana tanggung jawabnya dilimpahkan kepada UPT Museum Geologi, Badan Geologi KESDM.

Pada bulan september 2012, kawasan Kaldera Batur diterima menjadi anggota jejaring Unesco Global Geopark, dan jadi awal museum gunung api batur dikembangkan menjadi Museum Geopark Batur.

Untuk pembangunan Museum Geopark Batur Kintamani ini dilakukan secara bertahap sebagai berikut :

  • Masa Perencanaan : Juni – Agustus 2013
  • Pembangunan Fisik Gedung : Agustus – Desember 2013
  • Planning Interior & Sistem Pameran : Maret – Mei 2014
  • Pembangunan Fisik Interior : Juni – Desember 2014

Baca Juga : Sejarah Pantai Pandawa, Sejarah Pantai Nusa Dua dan Sejarah Pura Tanah Lot

Ruang Peragaan Museum Geopark Batur Kintamani

Museum Geopark Batur Kintamani Bali
Source Via Indomalepageants

Sahabat traveler’s, pada saat ini bangunan Museum Geopark Batur di Kintamani Bali ini sendiri menempati ruangan museum yang terdiri dari 2 lantai.

Lantai 1 Gedung Museum Geopark Batur

Pada lantai 1 bangunan museum geopark batur kitmani bali ini terdapat ruangan yang difungsikan sebagai lobby utama serta ruangan Keragaman Geologi.

di ruangan lobby utama terdapat diorama Gunungapi Batur, yaitu miniatur Gunung api Batur dan Danau Batur berbentuk segi enam dengan ukuran 2,5 X 2 meter.

selanjutnya masih di dalam ruangan gedung museum lantai 1 ini juga terdapat pos pengamatan Gunung Api Batur untuk mengamati aktivitas vulkanologi terkini gunung tersebut.

Lantai 2 Gedung Museum Geopark Batur

Sahabat traveler’s, berbeda dengan ruangan lantai 1 Museum Geopark Batur, Pada lantai 2 terdapat ruangan Keragamanan Hayati, Budaya serta ruangan auidtorium.

Pada ruangan auditorium, kita sebagai pengunjung akan disuguhkan dengan tontonan menarik berupa penayangan berbagai film edukasi seputar Gunung Berapi serta Geo Park.

sementra pada lantai bagian paling atas dari Museum Geopark Batur Kintamani Bali ini, terdapat ruang pengamatan aktivitas Gunungapi Batur.

Referensi Artikel : http://museum.geology.esdm.go.id/museum-geopark-batur

Koleksi Museum Geopark Batur Kintamani Bali

Koleksi Museum Geoaprk Batur Kintamani Bali
Source Via adpratama_oink

Di dalam Museum Geopark Batur ini menyajikan koleksi geodiversity contoh material dari letusan gunung batur dan beberapa contoh letusan gunung berapi lainnya di Indonesia.

Daya Tarik Wisata Museum Geopark Batur Kintamani Bali

Daya tarik utama wisata saat kita mengunjungi museum ini adalah kita akan disuguhi informasi dari Pusat Informasi Geopark Gunung Batur dan 33 Lokasi Geopark di Indonesia.

dan anda perlu tahu, museum geopark batur kintamani ini adalah merupakan museum dengan konsep geopark pertama yang ada di indonesia.

di museum ini kita akan banyak belajar mengenal akan keanekaragam hayati (biodiversity), geologi (geodiversity) serta wujdu budaya (cultural diversity).

hal menarik lainnya yang bisa kita dapatkan saat mengunjungi Geopark Batur adalah menyaksikan dua kaldera yang dimiliki oleh Gunung di kintamani bali tersebut.

Yang menjadi unik dari kaldera gunung batur ini adalah di atas atau di dalam kaldera pertamanya terbentuk sebuah kaldera baru yang menjadi kaldera kedua,

dan Pada kaldera kedua inilah terbentuk danau alami bernama Danau Batur yang dari jauh bentuknya tampak seperti yang bulan sabit dengan panjang 7,5 KM dan lebar 2,5 KM.

Sahabat traveler’s, perlu anda ketahui bahwa Kaldera yang ada di Gunung Batur ini diyakini terbentuk paska terjadinya dua letusan besar sekitar 29.300 dan 20.150 tahun silam.

Fasilitas Wisata Museum Geopark Batur Kintamani Bali

Saat ini sudah cukup memadai fasilitas wisata museum ini, dimana mulai dari tempat kuliner, bersantai, areal parkir hingga tempat beribadah pengunjung umat islam pun sudah ada.

Harga Tiket Masuk Museum Geopark Batur Kintamani Bali

Sahabat traveler’s, pada saat tulisan ini dibuat kang dian, setiap pengunjung yang masuk museum akan dikenakan tiket masuk museum geopark batur Rp.20.000 (dewasa) dan Rp.15.000 (anak).

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Waterbom Bali & Voucher Murah Resmi Terbaru 2018.

Jam Buka Museum Geopark Batur Kintamani Bali

Sahabat traveler’s, waktu operasional museum geopark batur setiap harinya adalah mulai buka dari jam 08.00 – 16.00 WITA ( Senin – Kamis ) 08.00 – 14.00 WITA ( Sabtu – Minggu ) Jum’at Libur.

Alamat Museum Geopark Batur Kintamani Bali

Sahabat traveler’s, alamat Museum Geopark Batur lokasinya berada di Jalan Raya Penelokan, Batur Sel., Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652 [ Peta Lokasi ]

Lokasinya berjarak sekitar 64 KM dari kawasan Tempat Wisata di Kabupaten Badung Terpopuler seperti Tempat Wisata di Kuta, Tempat Wisata di Seminyak dan Tempat Wisata di Canggu,

Lokasinya berajarak 32 KM dari Tempat Wisata di Kabupaten Gianyar, 55 KM dari arah kawasan Tempat Wisata di Kabupaten Tabanan dan 50 KM dari Tempat Wisata di Kabupaten Karangasem.

Nah lalu berapakah jarak dan waktu tempuh berkendara dari lokasi anda berada atau tempat – tempat wisata di bali yang paling terkenal lainnya ?

silahkan anda bisa melihatnya di bawah ini, dan berikut kang dian dian akan bagikan contoh rute jalan menuju museum geopark batur kintamani dari ngurah rai airport.

Nomer Kontak Telepon Museum Geopark Batur Kintamani Bali

Sahabat traveler’s, bagi anda yang mau tahu update tiket masuk museum geopark batur terbaru hingga reservasi tempat, silahkan anda bisa menghubungi (0366) 51186.

Rute Jalan Ke Museum Geopark Batur Kintamani dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai

Hotel Murah Dekat Museum Geopark Batur Kintamani Bali

tidak bijak rasanya jika mau mengekplorasi wisata museum geopark dan objek wisata di kintamani jika kita pilih menginap di hotel meski Hotel Murah di Kuta maupun Hotel Murah di Seminyak !

kenapa demikian ? karena pastinya lokasi hotel di kuta dan seminyak lumayan cukup jauh untuk mengakses museum di daerah kintamani bali ini,

sementara banyak Hotel Murah di Kintamani Bali dekat Museum Geopark batur ini yang sangat rekomended untuk anda jadikan saat menikmati waktu liburan di kintamani bangli bali.

dan berikut adalah beberapa nama hotel murah yang lokasinya dekat dengan museum geopark batur di desa penelokan, kintamani kabupaten Bangli bali untuk anda.

1. Amerta sari Hotel & Restaurant di Jalan Windu Sara, Penelokan, Kintamani, Kedisan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652, Phone (0366) 52467, harga mulai Rp.450.000 >> Booking Di sini <<

2. Surya Hotel & Restaurant di Jalan Kedisan, Lake Batur, Kedisan, Kintamani, Bangli Regency, Bali 80652, Phone (0366) 51139, harga mulai Rp.350.000 >> Booking Di sini <<

Nah sahabat traveler’s, dengan informasi di atas, kang dian cukup juga ulasan Fasilitas & daya tarik wisata, Sejarah dan Harga Tiket Masuk Museum Geopark Batur Kintamani.

1 komentar.

  1. tiket masuk museum

    untuk informasi bahwa museum mulai 2019 dikelola oleh pusat pengembangan sumber daya manusia geologi,mineral dan batu bara di bawah kementerian energi dan sumber daya mineral.
    untuk tiket masuk gratis dan jam buka setiap hari pukul 08.00-16.00 WITA

    Did you find this review helpful? Yes No

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sending