Pura Agung Besakih – Info Sejarah, Harga Tiket Masuk & Gambar Denah

Pura Agung Besakih – Deskripsi Sejarah, Harga Tiket Masuk, Denah, Alamat, Peta Lokasi dan Rute Jalan menuju Objek Wisata Pura Agung di Besakih Karangasem Bali, Pura Besakih.

Hi sobat Traveler’s, jumpa lagi dengan Kang Dian, penulis blog informasi Tempat Wisata di Bali, yang kali ini akan me-Review sebuah Pura Suci Umat Hindu di Bali yang terkenal,

yaitu Pura Agung Besakih, yang sesuai dengan namanya berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

Informasi Pura Besakih ini untuk melengkapi daftar 99 Tempat Wisata di Karangasem Bali yang sudah banyak kang dian review sebelumnya untuk anda seperti ;

Objek Wisata Pantai di Bali yang ada di Kabupaten Karangasem yaitu Pantai Amed, Pantai Bias Tugel, Pantai Candidasa, Pantai Labuhan Amuk, Virgin Beach, Pantai Blue Lagoon Padang Bai,

kemudian Tempat Wisata di Bali yang Unik yang ada di Karangasem yaitu Rumah Pohon Bali, Rumah Pohon Temega dan Rumah Pohon Karangasem,

serta yang terakhir Istana Air milik kerajaan Bali Kuno Karangasem yaitu Taman Ujung Karangasem dan Tirta Gangga Karangasem Bali.

Nah lalu seperti apa daya tarik Objek Wisata Pura Besakih di Karangasem Bali ini ?

Berapa Harga Tiket Masuk Pura Besakih ? dan dimanakah Alamat, Peta Lokasi serta Rute Jalan menuju ke sana ?

Baiklah untukmenjawab semua pertanyaan di atas, yuk kang dian mau ajak sahabat sekalian untuk mengetahui informasi lengkapnya di bawah ini.

Pura Agung Besakih

Pura Agung Besakih Karangasem Bali

Sahabat traveler’s, ada banyak sekali terdapat Pura yang ada di Pulau Bali, dan hampir di setiap tempat wisata terkenal di bali dipastikan di situ ada terdapat Pura Suci,

Sebagai contohnya di saat kita mengunjungi objek wisata Pantai Uluwatu di Pecatu, maka kita akan melihat kehadiran sebuah pura indah yang bernama Pura Luhur Uluwatu.

begitu pun saat kita mengunjungi salah satu Tempat Melihat Sunset di Bali yang Romantis seperti Pantai Tanah Lot, maka kita pun bisa melihat Pura Tanah Lot,

Lalu saat kita mengunjungi objek wisata di mengwi, yang merupakan salah satu Tempat Wisata di Badung Bali terpopuler pun kita bisa melihat Pura Taman Ayun,

Belum lagi saat kita mengunjungi Tempat Wisata di Bedugul Bali seperti menikmati keindahan Danau Buyan , Danau Tamblingan dan Danau Beratan, maka di sana pun ada Pura Ulun Danu Beratan.

yang lainnya ada Pura Goa Lawah saat mengunjungi Tempat Wisata Air Terjun di Bali Gianyar, kemudian Pura Tirta Empul saat mengunjungi Istana Tampak Siring,

dan tidak ketinggalan Pura Alas Kedaton hingga Pura yang ada di sekitar Bukit Campuhan di sekitar kawasan Tempat Wisata di Ubud Bali dan masih banyak yang lainnya.

oleh karenanya tidak salah jika kemudian Pulau Bali ini dikenal dengan julukan ” The Island of God ” serta Pulau Seribu Pura.

Nah satu lagi Daftar Pura di Bali yang akan kita bahas sekarang adalah Pura Besakih, dan lebih populer dikenal Umat Hindu Bali dengan nama Pura Agung Besakih.

untuk itu, yuk kita cari tahu dulu informasi dimanakah alamat serta lokasi Objek Wisata Pura Besakih ini di Kabupaten Karangasem-nya.

Alamat Pura Agung Besakih di Karangasem Bali

Sahabat traveler’s, alamat Pura Agung Besakih sesuai namanya adalah Pura Suci Umat Hindu Bali yang lokasinya berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali.

Pura Besakih lokasinya tepat berada di kaki Gunung Tertinggi di Pulau Bali Gunung Agung, dan berada di ketinggian 3.142 meter di atas permuakaan air laut,

jika diperhatikan maka letak geografisnya identik dengan lokasi Pura Ulun Danu Batur dekat Danau Batur di kawasan Tempat Wisata di Kintamani Bali bukan ?

Lokasinya berjarak 65.4 KM atau 1 jam 48 menit berkendara dari kawasan Pantai di Bali yang dekat Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, yaitu Pantai Kelan dan Pantai Jerman.

Sementara dari pusat pariwisata Bali yaitu kawasan Tempat Wisata di Kuta dan Tempat wisata di Seminyak adalah berjarak 63 KM ( 1 Jam 48 menit berkendara )

Lalu jika anda sedang menginap di Resort mewah sekitar Pantai Nusa Dua atau sedang bermain di pusat Watersport Bali di Pantai Tanjung Benoa jaraknya 73 KM ( 1 Jam 57 menit ).

Nah lalu berapakah jarak dan waktu tempuh ke Pura Agung Besakih dari objek wisata terkenal di bali lainnya seperti Nusa Ceningan, Jatiluwih, Canggu Bali dan yang lainnya ?

silahkan anda bisa lihat di peta lokasi Google Map yang akan kang dian berikan di bawah ini.

Peta/Map Lokasi Pura Agung Besakih di Karangasem Bali

Deskripsi dan Denah Pura Agung Besakih

Denah Pura Agung Besakih Karangasem BaliSahabat traveler’s, sebelum kang dian ulas Sejarah Tempat Wisata di Bali serta apa saja daya tarik objek wisata Pura Besakih ini,

ada baiknya saya jelaskan dulu informasi singkat mengenai deskripsi serta seperti apa sih denah komplek Pura Agung Besakih di Karangasem Bali ini ?

Sahabat traveler’s, perlu anda ketahui bahwa Komplek Pura Besakih di Karangsem Bali ini terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih),

dan disekitar Pura Penataran Agung Besakih ini dikelilingi oleh 18 Pura Pendamping, yaitu 1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya.

Tepat di Pura Basukian, di lokasi Pura inilah diyakini pertama kali wahyu Tuhan diterima oleh Hyang Rsi Markendya, cikal bakal Agama Hindu Dharma di Bali, sebagai pusatnya.

Pura Besakih adalah pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Pulau Bali, dan dari semua pura di dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agunglah pura terbesarnya,

Pura ini memiliki banyak bangunan pelinggihnya, yang paling banyak adalah jenis upakaranya dan merupakan pusat semua pura yang ada di komplek Pura Besakih.

Di Pura Penataran Agung terdapat 3 arca atau candi utama simbol stana dari sifat Tuhan Tri Murti, yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa,

dan diyakinni oleh Umat Hindu Bali merupakan perlambang dari sang Maha Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara serta Dewa Pelebur/Reinkarnasi.

Nah sahabat travelr’s, sangat luar biasa bukan Pura di Bali ini ? sehingga tidak salah jika Pura Besakih diusulkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1995.

Nah jika anda sudah tahu seperti apa deskripsi penjelasan serta letak denah Pura Agung Besakih di Kecamatan Rendang Karang asem Bali ini,

lalu seperti apa sih Sejarah dan daya tarik tempat wisata di bali yang juga merupakan pura yang sangat disucikan dan disakralkan umat hindu di pulau dewata ini ?

Sejarah Pura Agung Besakih di Karangasem Bali

Sejarah Pura Agung Besakih Karangasem BaliSahabat Traveler’s, berdasarkan catatan di dalam Buku Sejarah tentang Pura di Bali, Pura Agung Besakih di Karangasem ini dibangun oleh Rsi Markandeya.

Rsi Markandeya sendiri adalah merupakan seorang tokoh agama Hindu yang terkenal dan berasal dari negeri India dan sebelumnya telah menetap lama di Pulau Jawa.

Awal cerita sejarah bagaimana Rsi Markandeya bisa mendirikan Pura Besakih di Bali ini adalah karena mendapat wahyu saat bertapa di Gunung Hyang ( Gunung Dieng di Jawa Tengah ).

Dalam wahyu tersebut, Rsi Markandeya mendapat petunjuk dari sang pencipta untuk merambah hutan Pulau Dawa, dari ujung selatan menuju ke utara,

dan selama perjalana menerambas hutan belantara pulau dawa tersebut, Rsi Markandeya pun menanam kendi yang di dalamnya berisikan logam dan air suci.

Logam – logam di dalam kendi tersebut diantaranya adalah Logam Mulia emas, logam perak, logam tembaga, logam besi dan juga logam perunggu.

Nah bagi masyarakat hindu bali sekarang, kelima benda berupa logam di dalam kendi yang ditanam Rsi Markandeya tersebut dikenal dengan sebutan Mama Pancadatu.

Buku sejarah seputar Pura Agung Besakih ini pun mencatat, selain 5 logam di atas, Rsi Markandeya juga turut menanam permata,

dan nama batu permata yang juga ditanam Rsi Markandeya terssbut dikenal dengan nama Mirahadi yang jika diartikan namanya berati Mirah Utama.

Nah sahabat traveler’s. di lokasi tempat dimana Rsi Markandeya menanam kendi berisi 5 logam dan mutiara inilah yang kemudian tempatnya dberi nama Basuki yang artinya selamat,

Lalu kenapa nama yang diberikan Basuki ? hal tersebut ternyata dikarenakan selama perambahan hutan pulau dawa yang dilakukan Rsi Markandeya bersama para pengikutnya,

berhasil sukses serta selamat di dalam melaksanakan semua tugasnya sesuai dengan petunjuk atau arahan wahyu yang diterima Rsi Markandeya di Gunung Hyang.

Asal Usul Nama Pura Besakih

Sahabat traveler’s, tahukah anda bahwa nama Besakih sendiri berasal dari kata “Basuki“, diambil dari kata “Wasuki” yang berarti Keselamatan dalam bahasa Sansekerta.

Dan seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, maka nama Basuki ini pun di kalangan masyarakat berubah menjadi sebutan Besakih.

Nah sahabat traveler’s, sangat menarik bukan dengan Sejarah Pura Agung Besakih di Karangasem Bali ini ?

Tidak kalah seru dan menariknya bukan dengan Sejarah Pantai Pandawa atau Sejarah Pantai Nusa Dua dan juga Sejarah Pura di Tanah Lot Bali bukan ?

Sejarah Pulau Dawa, Cikal Bakal Pulau Bali dan Pulau Jawa

Sahabat traveler’s, jika ada yang bertanya dengan penejalasan kang dian atas, dimana menemukan dan mebaca Pulau Dawa, berikut penjelasannya.

Sahabat traveler’s, konon dulunya Pulau Bali dengan Pulau Jawa seperti yang kita saksikan sekarang adalah satu kesatuan daratan dan belum dipisahkan oleh selat bali,

Saking Panjang dulunya Pulau ini, maka cikal bakal Pulau bali dan Jawa ini pun diberi nama Pulau Dawa yang artinya memang bisa dimaknai dengan sebutan Pulau Panjang.

Daya Tarik Objek Wisata Pura Agung Besakih Karangasem Bali

Pura Besakih Bali

Sahabat traveler’s, belum afdol atau lengkap rasanya jika kita mengunjungi tempat – tempat wisata hits di Bali, namun kita tidak tahu daya tarik wisatanya bukan ?

nah untuk itulah, kini kang dian mau bagikan info hal dan fakta menarik apa saja sih yang wajib anda ketahui sebelum datang ke Pura Agung Besakih di Bali ini ?

satu hal yang harus anda ketahui di awal, popularitas Pura Besakih ini sudah melegenda dan namanya sudah terkenal hingga ke mancanegara loh,

sehingga jangan kaget, jika anda berwisata ke Pura Agung Besakih ini suatu saat, anda akan melihat begitu banyaknya Turis asing yang datang ke sana.

1.Pura Terbesar di Indonesia

Sahabat traveler’s, Pura besakih selama ini dikenal sebagai salah satu tempat bersembahyang bagi umat yang beragama hindu di Bali.

Jika anda baca di deskripsi serta deah Pura Agung Besakih di atas, maka anda pun pasti sudah tahu bahwa tidak hanya satu pura yang ada di sini, tapi banyak sekali.

Nah karena banyaknya pura di dalam satu areal atau di sebuah kawasan itulah, maka Pura Agung Besakih di Karangasem Bali ini merupakan Pura Terbesar di Nusantara, Indonesia.

Jika anda melihat Gambar atau Foto Pura Agung Besakih di Karangasem Bali yang kang dian tempatkan di atas, maka anda pun bisa melihat,

dimana di Pura Bali Tersebut terdapat banyak anak tangga serta Pintu Gerbang Pura yang sangat besar seebagai pintu masuk area pusat Pura Besakih.

Bahkan karena saking besarnya Pura Agung Besakih ini, maka Nama Pura di Bali yang sangat indah ini pun diberi julukan sebagai Ibu dari Pura – Pura yang ada di Pulau Bali.

Sahabat traveler’s, secara keseluruhan di dalam Komplek Pura Besakih ini terdapt sekitar 202 bangunan besar dan kecil di seluruh 18 komplek bangunan tersebut.

Dari tempat parkir sampai ke pusat pura jaraknya sejauh 300 meter dengan kontur menanjak sehingga diperlukan kondisi yang cukup fit untuk bisa berjalan dari tempat parkir,

belum lagi jika kita jalan mengelilingi pura yang kalau dilakukan maka bisa memakan waktu berjalan kaki hingga 1 jam sambil menikmati kemegahan pura besakih.

2.Bukti Peninggalan Zaman Megalitikum

Sahabat traveler’s, selain kita bisa menyaksikan bukti akan sebuah Pura di Bali yang dibangun berdasarkan konsep Tri Hita Karana,

yaitu sebuah konsep kuno yang terbukti abadi, yaitu konsep keseimbangan antara Manusia dengan alam serta dengan sang maha penciptanya, Tuhan,

Di Pura Agung Besakih ini juga kita bisa melihat dari dekat peninggalan zaman dulu yang berusia ratusan tahun, yang berasal dari zaman megalitik,

Hal tersebut bisa anda buktikan sendiri dengan melihat arsitektur dan juga benda- benda sejarah seperti menhir, tahta batu, struktur teras piramid.

Nah sahabat traveler’s, sampai sejauh ini, sangat menarik bukan membaca dan sekaligus mencari tahu akan sejarah dan daya tarik objek wisata Pura Besakih di Bali ini ?

Nah selanjutnya, yuk kita simak informasi penting lainnya, yaitu berapa sih Harga Tiket Masuk Tempat Wisata di bali yang sangat terkenal ini ?

Harga Tiket Masuk Pura Agung Besakih Bali

Sahabat traveler’s, setiap pengunjung yang datang dan akan memasuki kawasan objek wisata pura besakih akan dikenakan tarif Rp.15.000/orang.

Sementara untuk tarif parkir kendaraan, setiap pengunjung yang membawa kendaraan, maka biaya parkir kendaraan roda dua Rp.2.000/motor dan Rp.5.000/mobil.

Catatan : Harga Tiket Masuk ke dalam kawasan Pura Besakih di Karangasem Bali di atas bisa saja berubah sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan.

Jam Buka Pura Agung Besakih Karangasem Bali

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi Tempat Wisata terpopuler di Karangasem Bali ini, berikut adalah waktu operasional pura di bali ini,

yaitu buka setiap hari, senin hingga minggu, dengan mulai waktu buka objek wisata dari jam 08.00 hingga pukul 17.00 WITA.

Namun bagi anda yang beragam Hindu dan berniat melakukan peribatan atau ritual sembahyang di Pura Agung Besakih, waktunya terbuka 24 jam.

Rute Jalan Menuju ke Pura Agung Besakih di Karangasem Bali

Sahabat traveler;a, cara akses menuju lokasi tempat wisata Pura Besakih di desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem Bali ini sangatlah mudah,

jika anda saksikan peta lokasi google map yang sudah kang dian bagikan informasinya di atas, maka saya yakin anda pun sudah bisa mendapat rute jalannya.

Jika anda wisatawan asal luar bali, kang dian rekomendasikan anda ikut porgram Paket Wisata Bali, karena harga wisatanya akan jauh lebih murah dibanding reguler.

Untuk menuju ke Pura Besakih, anda bisa naik kendaraan pribadi maupun naik moda transportasi umum seperti taksi meter, hingga Rental Mobil di Bali.

sementara untuk petunjuk arah jalan jika anda pertama kali mau berwisata ke Pura Besakih atau tempat wisata menarik lainnya di bali, gunakanlah aplikasi Waze.

Tips Wisata ke Pura Besakih Karangasem Bali

Sahabat traveler’s, jika setelah baca artikel dan deskripsi seputar objek wisata Pura Agung Besakih di atas kemudian anda tertarik datang ke sana,

berikut adalah beberapa tips wisata yang harus anda ketahui sebelum berangkat menuju ke tempat wisata Pura Besakih di karangasem bali ;

1.Bawa Kamera

Sahabat traveler’s, abadikanlah tempat yang kaya akan nilai sejarah dan tidak ternilai harganya ini dengan cara mengabadikannya dengan berfoto.

dengannya, maka setiap anda membuka album foto – foto liburan di bali, selain ingat dengan kesegaran suasananya juga bisa menambah wawasan budaya kita.

2.Wanita Haid dilarang Masuk Pura Besakih

Sahabat Traveler’s, tidak semua pengunjung bisa masuk ke dalam areal Pura Agung Besakih, terutama wanita yang sedang datang bulan.

3.Pengunjung Wajib Pakai Sarung Khas Bali

Sahabat traveler’s, hal lainnya yang wajib anda perhatikan jika mau datang dan memasuki salah satu pura yang disucikan umat hindu bali ini adalah,

Wisatawan yang ingin memasuki kawasan Pura Besakih diwajibkan menggunakan sarung khas Bali sebagai persyaratan untuk memasuki lokasi pura.

Jika anda tidak bwa sarung dari rumah, maka untuk mendapatkan sarung tersebut, anda dapat menyewanya di tempat penyewaan yang ada di sekitar Pura Besakih.

Fasilitas Wisata Dekat Pura Agung Besakih Karangasem Bali

Sahabat traveler’s, sebagai sebuah kawasan tempat wisata favorit di bali yang banyak dikunjungi wisatawan baik dalam dan luar negeri,

di dalam dan dekat atau sekitar Pura Besakih Bali ini sudah tersedia banyak fasilitas wisata, mulai dari pusat wisata kuliner, belanja hingga tempat penginapan.

dan berikut adalah daftar tempat penginapan di dekat Pura Agung Besakih yang sangat rekomended anda tinggali sebagai tempat bermalam atau peristirahtan di sana.

Hotel Murah Dekat Pura Agung Besakih Karangasem Bali

1.Warung Bu Made, inilah penginapan murah berjarak sekitar 6 km dari Pura Besakih di Sidemen, dengan harga sewa penginapan mulai Rp.165.000 >> Booking Di sini <<

2.Puri Karang Besakih, inilah Hotel Murah dekat Pura Besakih di Karangasem Bali, yang harga sewa kamar hotelnya mulai Rp.300.000/malam >> Booking Di Sini <<

3.Artha Agung Resort & Restaurant, inilah tempat penginapan dan resto dekat Pura Besakih berjarak 7 KM, dengan harga sewa kamar permalam Rp.400.000 >> Booking Di Sini <<

4.Puri Agung Inn, inilah hotel murah yang berjarak sekitar 7 KM dari Pura Agung Besakih, dengan harga sewa permalam mulai Rp.210.000 >> Booking Di sini <<

Nah sahabat traveler’s, itulah daftar nama hotel dekat pura besakih di karangasem Bali yang kang dian rekomendasikan dari situs booking terkenal Agoda.com.

dan dengan informasi di atas, kang dian cukupkan juga informasi seputar tempat wisata di kecamatan Rendang Karangasem Bali, Pura Agung Besakih.

https://www.youtube.com/watch?v=XMNppd53nzo
Pura Agung Besakih
  • Pura Agung Besakih
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Pura Besakih
Alamat : Ds Besakih, Rendang Karangasem Bali
Jam Buka : 08.00 - 17.00 WITA
No Tlp : -
Harga Tiket Masuk : Rp.15.000
Fasilitas : Hotel dan Pura

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)

No Responses

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.