Pura Taman Saraswati Ubud – Info Tiket Masuk,Sejarah,Jadwal Tari Kecak

Pura Taman Saraswati Ubud – Berencana liburan mengunjungi Tempat Wisata di Bali ? Jika iya, kenapa anda tidk coba kunjungi Pura Taman Saraswati di Ubud ?

Hi sahabat traveler’s, jumpa lagi sama kang dian, penulis blog informasi Wisata Bali, yang kali ini akan bagikan informasi Wisata Pura Taman Saraswati Ubud.

Postingan Pura Taman Saraswati ini melengkapi daftar Tempat Wisata di Ubud Bali yang menarik dan terkenal yang sebelumnya saya sudah review seperti,

Daftar Museum di Ubud Bali seperti Museum Puri Lukisan, Neka Art Museum, Agung Rai Museum Of Art (ARMA) dan Don Antonio Blanco Museum,

Dan objek wisata di Ubud lainnya seperti Monkey Forest Ubud, wisata Aventure Ayung Rafting Ubud dan wisata sejarah Goa Gajah dan Bukit Campuhan.

Nah lalu apa daya tarik Tempat Wisata di Bali selain pantai Pura Taman Saraswati Ubud Bali ini ?

Seperti apa Sejarah Pura Sarawati Ubud yang menarik untuk kita ketahui ?

Berapa Harga Tiket Masuk Pura Taman Saraswati yang terbaru untuk kita bayarkan ?

Hari dan Jam berapa Jadwal Tarik Kecak di Pura Taman Sarawati Ubud ?

Nah untuk menjawab semuanya, yuk kita langsung saja mengupas seputar Pura Ubud ini secara lengkap dan detil di bawah ini.

Pura Taman Saraswati Ubud Bali

Pura Taman Saraswati Ubud Gianyar Bali

Sahabat traveler’s, kang dian mau bertanya, siapa sih yang akan menolak jika ada saudara atau teman yang mengajak liburan ke Bali ?

Hampir pasti semuanya mau bukan ? karena Bali sudah seperti menjadi pulau impian dimana bukan saja orang indonesia yang tertarik berkunjung ke sana,

Akan tetapi popularitasnya sudah menjadi bagian pariwisata dunia yang tidak terpisahkan, sehingga banyak turis asing yang datang ke Bali.

Banyak sekali Tempat Wisata Hits di Bali yang bisa kita kunjungi, dan sepertinya semua objek wisatanya tidak ada yang tidak bagus.

Nah salah satu tempat wisata di Bali yang saat ini paling banyak dikunjungi wisatawan baik dalam dan mancanegara adalah daerah Ubud.

Ubud adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Gianyar, pesona wisatanya tidak kalah dengan Tempat Wisata di Badung dan juga Tempat Wisata di Seminyak,

Ubud seperti dengan kawasan sekitar Pantai Nusa Dua, di sini banyak tersedia fasilitas Hotel Bintang lima hingga hotel melati yang murah.

Ubud tidak menawarkan pesona tempat wisata alam pantai di Bali yang indah seperti tempat yang lainnya,

Namun Ubud menawarkan pesona keindahan Tempat Wisata di bali selain Pantai yang juga tidak kalah menariknya,

Ubud menawarkan pesona keindahan wisata alam seperti pesawahan, hutan, tebing dan jurang serta wisata arung jeram di sungainya.

Dan jangan lupa Ubud sangat terkenal sebagai sebuah daerah di Bali yang sangat terkenal dengan wisata seni dan budayanya.

Nah salah satu tempat yang biasa digunakan sebagai tempat atraksi seni dan budaya di Bali yang paling terkenal adalah Pura Taman Saraswati Ubud.

Nah seperti apa Sejarah Tempat Wisata di Bali ini ? yuk kita lanjut membacanya di bawah ini

Sejarah Pura Taman Saraswati Ubud

Sejarah Pura Taman Saraswati Ubud Gianyar BaliBali dikenal dengan nama Pulau Dewata, nama ini muncul mungkin karena diangap memiliki banyak Dewa, dikenal juga dengan nama Pulau Seribu Pura.

Di Bali kita akan banyak menemukan sekali lokasi Pura – pura itu berada, termasuk di dalam tempat wisata juga,

Sebagai contohnya adalah saat menikmati Sunset di Pantai Tanah Lot, maka di sana terdapat juga pura yang asal usul dan kisahnya di Sejarah Pura Tanah Lot.

Atau anda sedang liburan mengunjungi Pantai di Bali seperti Pantai Tegal Wangi, Crystal Bay Beach Nusa Penida, pasti anda akan menemukan Pura di sana.

Pura adalah merupakan tempat suci sekaligus menjadi tempat peribadahan umat hindu di pulau Bali, salah satunya Pura Taman Saraswati Ubud ini.

Pembuat Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati ini dibangun oleh seorang maestro atau seniman asal Ubud yang sangat terkenal yaitu I Gusti Nyoman Lempad.

Pura Saraswati ini dibangun atas perintah langsung dari pangeran Ubud dan lokasi tepat berada di belakang Cafe Lotus di Ubud,

Pura Taman Saraswati Ubud digunakan sebagai tempat pemujuaan umat hindu Bali kepada dewi ilmu pengetahuan dan seni, Dewi Saraswati.

Waktu Perayaan Hari Saraswati

Waktu perayaan Hari Saraswati sendiri jatuh pada setiap hari Saniscara (Sabtu) Umanis (Legi) dan wuku Watugunung.

Perayaannya dilakukan setiap 210 hari (atau 7 bulan menurut kalender Bali), sebagai penghormatan kepada dewi ilmu pengetahuan dan seni.

Pada waktu tersebut maka Pura Taman Saraswati Ubud Bali ini akan banyak dipenuhi oleh warga bali yang beragam Hindu.

Beraneka ragam kegiatan peribadatan di lakukan di sini, dan salah satu media ritualnya menggunakan bunga gemitir dari Ladang Bunga Marigold.

Mereka mengucapkan rasa syukur dan terima kasih agar senantiasa dituntun dan diberkahi ilmu pengetahuan dan seni yang mereka miliki.

Para penganut ajaran Wedanta sangat meyakini,

Kemampuan menguasai ilmu pengetahuan dan seni, adalah merupakan jalan untuk mencapai moksa, pembebasan dari kelahiran kembali.

Daya Tarik Wisata Pura Taman Saraswati Ubud

Sahabat traveler’, nah jika di atas kita sudah tahu daya tarik ubud serta sejarah pura taman saraswati di Ubud,

Sekarang yuk kita cari tahu, daya tarik wisata lainnya selain sebagai tempat suci dan peribatan umat hindu Bali,

Apa yang bisa kita lihat dan saksikan jika berkunjung ke pura saraswati di ubud Bali ini ?

1.Pura di Bali yang Cantik

Sahabat traveler’s, hal pertama yang bisa anda saksikan dan akan membuat takjub anda ketia berkunjung ke sini adalah,

Design interior dan eksterior Pura Taman Saraswati ini sangat indah dan catik, baik design interior nya maupun bagian luar pura nya.

Pura di Ubud Bali ini benar – benar merupakan salah satu maha karya seni maestro I Gusti Nyoman Lempad yang sangat cantik dan luar biasa.

Di sini anda bisa melihat banyak hasil karya seni ukir para seniman bali yang terdapat di bagian – bagian pura taman saraswati ini.

Juga terdapat patung Dewi Saraswati yang berdiri anggun di tengah kawasan pura saraswati ini, termasuk juga adanya patung Jero Gede Mecaling.

Banyak pengunjung yang tertarik dengan keindahan bangunan pura ini, kemudian mereka pun mengabadikannya dengan cara berfoto atau mengambil videonya.

2.Pura Kolam Bunga Teratai

Sahabat traveler’s, jika saya bertanya, hal paling menarik apa yang akan membuat anda selalu ingat dengan Pura Taman Saraswati Ubud ?

Maka hampir dipastikan, jawabannya adalah terdapatnya kolam indah yang di atas airnya banyak ditumbuhi bunga teratai.

ya benar, berbeda dengan pura lainnya, Pura saraswati ini selain designnya cantik, juga diberi hiasan taman – taman dan kolam yang dipenuhi teratai.

Keberadaan Kolam Bunga teratai ini seperti semakin mempercantik wajah pura saraswati yang begitu elok bagunannya serta seni ukirannya.

Dan keindahan serta suasana yang diciptakannya akan membuat setiap pengunjung yang datag ke sini merasakan aura spiritual yang kuat sekali.

Nah sahabat traveler’s, itulah 2 dari sekian banyak alasan atau daya tarik, sehingga saat liburan ke Bali anda wajib mengunjungi Pura di ubud Bali ini.

Aktifitas Wisata Manarik di Pura Taman Saraswati 

Sahabat traveler’s, ada banyak aktifitas seru dan menarik yang bisa anda nikmati selama berwisata di kawasan Pura Saraswati di Ubud Bali.

1.Menikmati Suasana Kawasan Pura

Traveler’s, banyak wisataawan yang datang berkunjung ke Pura Taman Saraswati ini selain tertarik dengan arsitektur pura yang indah juga suasana.

Dengan adanya taman – taman hijau nan asri, kemudian kolam cukup luas di sana, menjadikan tempat ini sangat nyaman disinggahi.

Udara di sekitar kawasan Pura Saraswati ubud ini berbeda dengan yang ada di luar lingkungannya, di sini lebih sejuk dan tenang.

Banyak pengunjung yang datang ke sini saat siang menjelang sore, setelah sebelumnya mereka jalan – jalan ke tempat wisata lainnya di Bali seperti,

yang sesudah berwisata dari pesisir pantai yang cuacanya panas seperti di Pantai Sanur atau Pantai Bingin Pectu dan Pantai Pandawa.

Tempat ini bisa bagus sebagai tempat refreshing atau rileksasi sejenak, sebelum anda melanjutkan perjalanan wisata ke objek wisata lainnya di Bali.

2.Menonton Pertunjukan Tarik Kecak

Tari Kecak di Pura Taman Saraswati Ubud Gianyar BaliTraveler’s, apakah anda sedang mencari Tempat Menonton Pertunjukan Tari kecak di Bali, selain di Garuda Wisnu Kencana, Batubulan dan yang lainnya ?

Jika iya, anda sudah berada di lokasi yang tepat, dimana Pura Taman Saraswati ini adalah salah satu lokasi tempat untuk melihat pertunjukanya Tari Kecak.

Traveler’s, Terdapat sebuah pelataran yang dikelilingi oleh kolam teratai sebagai panggung pementasan tarian kecak di sini.

Apa itu tarik Kecak ?

Traveler’s, tari Kecak adalah sebuah pertunjukan tarian seni khas Bali yang dimainkan oleh kaum pria yang ceritanya mengisahkan Ramayana.

Tarian ini dilakukan oleh banyak peserta, dan penarinya terlihat sangat khas memakai kain kotak – kotak seperti papan catur.

Para penarinya duduk berbaris melingkar dan dengan iringan irama tertentu menyuarakan “cak” sambil mengangkat kedua lengan.

Nah pertunjukan Tari Kecak Bali ini sebenarnya mengisahkan saat pasukan kera membantu Rama saat melawan Rahwana di cerita Ramayana.

Tari Kecak adalah merupakan sebuah ritual sanghyang, dimana para penari berkomunikasi dengan tuhan atau roh para leluhur.

Menariknya. saat upacara berlangsung, sepanjang pelaksanaan tari Kecak, para penari tersebut tidak dalam keadaan sadar.

Pencipta Tarian Kecak Bali

Sahabat jika anda bertanya, apakah tarian kecak itu merupakan tradisi dari nenek moyang leluhur masyarakat Bali atau bukan,

Maka jawabannya bukan !!

karena ternyata Tarian Kecak ini merupakan hasil kreasi atau ciptaan dari Wayan Limbak bersama pelukis Jerman Walter spies.

Diciptakan sekitar tahun 1930-an, semua gerak dalam tarian kecak ini diambil dari tradisi sanghyang dan cerita ramayana.

Tari Kecak menjadi populer hingga dikenal Dunia, setelah wayan limbak melakukan tour keliling dunia dengan rombongan penari balinya.

Dan semua keunikan tradisi dan mistisnya Tarik Kecak ini bisa anda saksikan dari dekat dengan melihatnya di Pura Taman Saraswati Ubud.

Bagaimana sahabat sekalian, apakah anda tertarik untuk melihat pertujukan seni tari tradisional khas Bali tari kecak di Pura saraswati ?

Jika iya, maka anda wajib tahu jadwal pementasan atau atraksi tari kecak di Pura Taman Saraswati Ubud Bali ini.

Jadwal Pertunjukan Tari Kecak di Pura Taman Saraswati Ubud

Sahabat traveler’s, pementasan tarian kecak di pura taman saraswati di ubud bali ini tidak setiap hari dan waktu dilakukan.

Hanya di hari Selasa dan Kamis saja di setiap minggunya, dan dipentaskan reguler antara tanggal 19 – 30 setiap bulannya.

Waktu pertunjukannya sendiri dimulai sekitar pukul 19.30 hingga selesai, dan dibawakan oleh group kecak Sandhi Suara.

Harga Tiket Atraksi Tari Kecak di Pura Taman Ssaraswati Ubud 

Sahabat traveler’s, untuk bisa menikmati atrasi pertunjukan tarian kecak di pura taman saraswati, pengunjung dikenakan tarif Rp.75.000/orang.

Harga Tiket Masuk Pura Taman Saraswati Ubud Bali

Seperti kebanyakan Tempat Wisata di Bali pada umumnya, pengunjung yang masuk ke pura di ubud ini tidak dipungut biaya, alias Gratis.

Bagaimana sahabat traveler’s, sangat menarik bukan ?
Nah jika anda tertarik berkunjung ke sini, di bawah kang dian bagi alamat dan peta lokasi, serta jam buka pura taman saraswati.

Jam Buka Pura Taman Saraswati Ubud Bali

Waktu operasional Pura Taman Saraswati bagi kunjungan wisatawan adalah setiap hari, senin hingga minggu, mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WITA.

Alamat Pura Taman Saraswati di Ubud Bali

Jalan Kajeng, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Peta Lokasi Pura Taman Saraswati

[pw_map address=”Pura Taman Saraswati,Jalan Kajeng, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571 ” key=”AIzaSyApnZpRT_YQWQS3Ed4e82caVAq0tAl_tp8″]

Rute Jalan Menuju Pura Taman Saraswati di Ubud Bali

Sahabat traveler’s, cara mengakses lokasi pura taman saraswati sangatlah mudah, ada banyak mode transportasi yang bisa anda gunakan.

Baik dengan kendaraan pribadi, sewa atau rental mobil plus sopir dan motor di Bali hingga menggunakan jasa taksi meter, dan Grab.

Lokasi tempat wisata di Ubud Bali ini berjarak sekitar 37.4 KM dari arah bandar udara ngurah rai ( waktu tempuh berkendara sekitar 1 Jam 28 menit )

Rute Jalan dari ngurah rai airport menuju pura taman saraswati bisa menggunakan rute jalan sebagai berikut ;

Dari bandara, arahkan kendaraan anda menuju Jl. Airport Ngurah Rai,

Kemudian anda ambil arah jalan menuju Jl. Nusa Dua – Bandara Ngurah Rai – Benoa Toll Road/Mandara Toll Road,

Selanjutnya menuju ke Jl. Raya Pelabuhan Benoa – Jl. By Pass Ngurah Rai, – Jl. Raya Batubulan – Jl. A.A. Gede Rai ke – Jl. Kajeng di Ubud.

Dari titik keberangkatan anda lainnya di Bali, silahkan anda bisa lihat di peta/map pura taman saraswati di atas.

Rekomendasi kang dian, bagi anda traveler’s, gunakanlah aplikasi petunjuk jalan Waze yang bisa anda download di Google Playstore.

Tips Wisata ke Pura Taman Saraswati Ubud Bali

Sahabat ada hal yang wajib anda perhatikan, ketika hendak berwisata ke kawasan wisata Pura yang disucikan dan disakralkan di Ubud Bali ini.

Maka setiap pengunjung yang akan masuk komplek pura, anda tetap wajib mengenakan selempang dan sarung di sekitar pinggang.

Hotel Murah Dekat Pura Taman Saraswati Ubud Bali

Bagi sahabat traveler’s yang berencana mengambil tempat menginap di sekitar pura taman saraswati atau di daerah ubud yang murah,

Berikut kang dian punya beberapa rekomendasi tempat penginapan murah di sekitar taman saraswati di ubud yang bagus dan aman anda tinggali.

1.Korin Bali Inn 1

Inilah Hotel Murah dekat Pura Taman saraswati yang lokasinya beralamat di Jl. Monkey Forest Ubud Main Road, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571.

Harga sewa kamar hotel bali inn 1 ini dimulai dengan kisaran harga permalamnya Rp.127.000 – Rp.211.000.

Untuk info harag sewa terkini, reservasi kamar hotel dan info peting lainnya, silahkan bisa menghubungi nomer kontak (0361)970927.

2.Dewi Ayu Accomodation

Inilah Hotel Murah sekitar Pura taman saraswati di ubud lainnya di Jl. Monkey Forest, Ubud, Bali, Kabupaten Gianyar, Bali 80571.

Harga sewa kamar hotelnya terjangkau, dibuka mulai kisaran tarif Rp.300.000/malamnya.

Untuk informasi terbaru harga sewa kamar, reservasi tempat dan info lainnya yang anda perlukan, silahkan hubungi (0361)7450935.

3.Brata Inn

Inilah rekomendasi ketiga Hotel Murah di dekat pura taman saraswati yang berlokasi di jalan Monkey Forest, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571.

Harga sewa kamar hotel brata inn mulai dengan kisaran tarif permalamnya sebesar Rp.275.000.

Untuk reservasi, bertanya harga sewa kamar terbaru dan info penting lainnya, silahkan anda bisa mengontak nomer telpon (0361)974179.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar tempat wisata di ubud bali yang terkenal, yaitu Pura Taman Saraswati.

Bagi anda yang menyukai wisata seni dan budaya, dan mengenal lebih dekat budaya masyarakat hindu bali, datanglah ke Pura Taman Saraswati Ubud.

Pura Taman Saraswati
  • Pura Taman Saraswati
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Pura Taman Saraswati
Alamat : Jalan Kajeng,Ubud Bali
No Tlp : -
Jam Buka : 08.00 - 17.00 WITA
HTM : Gratis
Tiket Tari Kecak : Rp.75.000
Fasilitas : Cafe, hotel dll

5.0
User Rating 4 (2 votes)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)

No Responses

  1. adminbali

Leave a Reply

Sending