Sejarah Pantai Pandawa Bali [ Plus Info Tiket Masuk & Daya Tarik ]

Sejarah Pantai Pandawa Bali– Apakah anda hendak pergi liburan mengunjungi Tempat Wisata di Bali yang terkenal Pantai Pandawa ? Jika iya, sudah tahukah anda akan Sejarah Pantai Pandawa Bali seperti apa ?

Hai sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya kang dian, yang kali ini akan berbagi informasi seputar Sejarah salah satu Objek Wisata di Bali, Pantai Pandawa.

Nah hal menarik dan unik apakah yang bisa kita ketahui dari sejarah pantai padawa di bali ini ? yuk kita simak saja ulasannya di bawah ini.

Sejarah Pantai Pandawa Bali

Sejarah Pantai Pandawa Bali

Sahabat traveler’s, selain eksotisme keindahan alamnya, tempat – tempat wisata di bali juga terkenal dengan asal usul sejarah hingga mitos yang menarik.

Sebagai contohnya, kang dian beberapa waktu lalu juga pernah mengupas Sejarah Pantai Nusa Dua Bali sehingga menjadi kawasan sangat terkenal seperti saat ini.

Begitu juga kang dian pernah berbagi informasi untuk anda, bagaimana unik dan sangat menariknya Sejarah Pura Tanah Lot Bali yang terkenal itu.

Nah lalu seperti apa Sejarah Pantai Pandawa Bali itu ? yuk kita lanjut saja membaca kupasannya di bawah ini.

Alamat dan Lokasi Pantai Pandawa Bali

Baiklah traveler’s, Pantai Pandawa berlokasi di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan di Kabupaten Badung Bali ini memang sangat populer.

Lokasinya yang berjarak hanya sekitar 18 kilometer dari Ngurah Rai Airport, menjadikan tempat wisata di Kabupaten Badung ini mudah diakses wisatawan.

Daya Tarik Wisata Pantai Pandawa Bali

Sejarah Pantai Pandawa Kutuh Bali

Tempat wisata di Bali ini menawarkan daya tarik wisata alam pantai pasir putihnya yang indah serta ombaknya yang tenang.

Pesona keindahan Pantai Pasir Putih di Bali ini telah menjadi lokasi favorit rumah produksi asal ibukota jakarta untuk shooting Sinetron, film hingga FTV.

Tempat wisata menarik di Bali ini juga terkenal sebagai kawasan budidaya rumput laut karena kontur pantainya yang landai.

Selain itu, ada juga hal yang sangat unik yang bisa kita saksikan ketika hendak mengunjungi kawasan tempat wisata di Kuta Bali ini,

Yaitu kita akan melewati tebing kapur di samping kanan dan kirinya yang sangat besar, dan di salah satu sisinya terdapat sejumlah patung.

Patung – patung tersebut berjumlah 6, dimana lima patung nya merupakan sosok patung dari Panca Pandawa yaitu Dharma wangsa, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.

Sementara satu patung lagi adalah patung dari sosok dewi kunti, ibunda dari Yudistira, Bima dan Arjuna.

Nah keberadaan patung – patung inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang melintasinya.

Oleh karenanya banyak dari mereka yang sengaja berhenti atau melambatkan kendaraannya untuk melihat dan mengabadikannya dengan berfoto.

Nah kemudian timbulah pertanyaan,

Sudah tahukah anda asal usul kenapa di di salah satu sisi tebing kapur tersebut tersimpan patung – patung Panca pandawa dan dewi kunti ?

Nah jika belum tahu, inilah asal usul cerita dan Sejarah Pantai Pandawa Bali yang wajib anda ketahui sebelum anda mengunjujungi tempat ini.

Asal Usul dan Sejarah Wisata Pantai Pandawa Bali

Patung Pandawa Lima di Pantai Kutuh BaliSahabat traveler’s, keberadaan patung Panca Pandawa ternyata tidak serta merta berada di tebing kapur yang diperlintasan jalan menuju pantai pandawa.

Hal itu dikarenakan ada kisah yang sangat menarik dan sangat erat kaitannya dengan sejarah keberadaan pantai pandawa itu sendiri.

Ceritanya semua berawal dari kisah di bawah ini,

Sejarah Awal Kehidupan Masyarakat Pantai Pandawa

Traveler’s, awalnya Pantai Pandawa ini dikenal oleh penduduk sekitarnya adalah sebuah pantai yang bernama Pantai Melasti.

Lokasinya sangat tersembunyi, berada di balik sebuah bukit tebing yang besar, sehingga sangat sulit mengakses tempat ini.

Jika mau berkunjung ke sana, dulu setiap orang harus menuruni tebing batu kapur yang curam, sehingga sangat menyulitkan sekali.

Nah mendapati daerahnya terisolir, maka tergeraklah masyarakat desa kutuh untuk membuka kampung halamanya dari dunia luar.

Mereka pun lantas berpikir, bagaimana caranya agar setiap orang yang berkunjung ke sana, bisa dengan mudah menuju ke sana.

Maka mereka pun berinisiatif, untuk membuka keterasingan daerah mereka dengan cara memecah tebing batu untuk membuat jalan akses.

Akhirnya mereka pun bahu membahu, bergotong royong bekerja sama dengan seluruh warga perkampungan desa membelah bukit tebing kapur tersebut.

Maka dimulailah usaha membelah tebing tersebut di tahun 1997.

Dengan pengorbanan biaya dan waktu yang tidak sedikit serta perlu kesabaran yang lama, akhirnya usaha mereka pun berhasil.

Di tahun 2010, Tebing kapur besar yang selama ini jadi penghalang menuju kampung mereka, kini telah berhasil dibelah dan sudah ada jalan di tengahnya.

Dan Tepat pada tanggal 27 desember 2012, akhirnya pantai melasti ini pun ditetapkanlah dirubah namanya menjadi pantai pandawa.

Acara seremonial peresmian tersebut juga ditandai dengan pagelaran perdana Pandawa Beach Festival untuk pertama kalinya.

Nah lalu apa latar sejarahnya sehingga pantai ini diberi nama pantai pandawa ?

Hubungan Sejarah Pantai Melasti dengan Panca Pandawa

Traveler’s, mayoritas masyarakat pulau Bali adalah beragama Hindu, dan mereka sangat kuat menjalankan semua ajarannya dalam kehidupan sehari -hari.

Termasuk warga sekitar pantai ini, kisah perjuangan mereka membuka kampung dengan cara membelah tebing itu ternyata terinspirasi dari kisah Panca Pandawa.

Sejarah Pantai Pandawa Bali ini sangat mirip dengan salah satu kisah dalam Epos Mahabharata, ketika Panca Pandawa dikurung di dalam Goa Gala – Gala.

Nah untuk meloloskan diri dari Gua tersebut, kemudian kelimanya membuatlah sebuah terowongan, yang membuatnya bisa lolos keluar dari Gua tersebut.

Setelah berhasil menyelamatkan diri, Pandawa Lima yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa selanjutnya membuka sebuah perkampungan.

Caranya adalah dengan membuka kawasan hutan belantara yang dikenal sangat angker, dan kemudian dibangunlah sebuah kawasan kekuasaan di sana.

Akhirnya dengan kerja keras dan dukungan seluruh pengikutnya, usaha mereka pun berhasil membangun Kerajaan Amertha dengan yudistira sebagai rajanya.

Nah sahabat, sangat menarik bukan asal usul dan Sejarah Pantai Pandawa Bali ini ? dan memang ada kemiripan cerita dengan kisah Panca Pandawa.

Apakah anda semakin tertarik untuk segera mengunjungi tempat wisata di Badung selatan Bali ini ?

Jika iya, baiklah kang dian juga akan berikan info lainnya berupa aktifitas wisata manarik apa saja yang bisa anda nikmati di Pantai Pandawa.

Aktifitas Wisata di Pantai Pandawa Bali

Sahabat traveler’s, beragam kegiatan seru dan menarik banyak dilakukan oleh wisatawan yang sedang liburan di Pantai Pandawa.

Aktifitas favorit sudah tentu adalah berenang, kemudian juga berjemur di atas pantai pasir putihnya menikmati sinar matahari pagi.

Selanjutnya banyak juga wisatawan yang tidak berenang, mereka jalan – jalan menyusuri pseisir pantainya untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

Aktifitas wisata seru lainnya adalah bermain kano dengan menyewanya terlebih dahulu Rp.25.000 (Single Kano) dan Rp.50.000 (Double Kano) setiap jamnya.

Untuk keamanan anda selama bermain kano, anda bisa menyewa juga peralatan safety jacketnya dengan tarif sewa Rp.20.000/jam.

Bagi yang suka menyelam, anda bisa melakukan aktifitas snorkeling di Pantai Pandawa, menikmati pesona keindahan alam bawah lautnya yang indah.

Bagi yang suka tantangan lebih yang bisa memicu adrenalin, anda bisa ikut bermain paralayang, dengan start di Bukit Timbris dan finis di Pandawa Beach.

Puas bermain atau jalan – jalan, anda pun bisa memilih beristirahat di bawah payung – payung yang berderet rapi di sepanjang pantai.

Harga sewanya sangat terjangkau, yaitu Rp.50.000 sepuasnya.

Hal menarik lainnya, di sini juga tersedia jasa pijat refleksi, dimana untuk bisa menikmatinya anda cukup menyiapkan isi dompet mulai Rp.40.000 – Rp.100.000.

Sebagai salah satu pantai tempat wisata keluarga di bali yang populer, di kawasan pantai pandawa pun telah tersedia tempat – tempat kuliner.

Di sini tersedia pusat kuliner mulai dari cafe hingga warung – warung tenda biasa yang menjajakan aneka hidangan kuliner yang menggugah selera seperti ;

Ada Nasi Goreng, Mie Goreng serta yang tidak boleh anda lewatkan menjajal aneka hidangan laut (seafood) baik dibakar maupun digoreng.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali

Sahabat traveler’s, setiap pengunjung yang akan memasuki tempat wisata alam pantai pasir putih, Pantai Pandawa akan dikenakan biaya.

Adapun Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali resmi terbaru adalah Rp.8.000/orang (Wisatawan Domestik) dan Rp.15.000/orang (Turis Asing).

Sementara untuk tiket parkir kendaraannya, tarif parkir roda dua adalah Rp.2.000, dan Roda empat Rp.5.000 serta Roda Enam Rp.10.000.

Catatan : Harga tiket masuk di atas temporer, sewaktu – waktu bisa saja berubah tanpa pemberitahuan.

Peta Lokasi Pantai Pandawa Bali

Rute Jalan Menuju Pantai Pandawa Bali

Sahabat traveler’s, untuk cara mengakses lokasi tempat wisata pantai pandawa ini, silahkan anda bisa membacanya di postingan saya Review Pantai Pandawa Bali.

Untuk kemudahan anda yang membawa kendaraan sendiri, kang dian rekomendasikan anda menggunakan aplikasi Waze yang bisa download di Google Play Store.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar Tempat Wisata di Kabupaten Badung Bali selatan yang menarik ini, khususnya seputar Sejarah Pantai Pandawa.

Sejarah Pantai Pandawa Bali
  • Sejarah Pantai Pandawa Bali - 9/10
    9/10
  • Harga Tiket Masuk - 10/10
    10/10
  • Fasilitas - 8/10
    8/10
  • Akses - 9/10
    9/10

Ringkasan

Nama : Pantai Pandawa
Alamat : Desa Kutuh,Kuta,Badung Bali
No Tlp : 0361-2725367
Jam Buka : 07.00 - 17.00 WITA
HTM : Rp.8.000 (lokal) Rp.15.000 (Turis)
Fasilitas : Hotel,Resto,Snorkeling dll

9.0/10
User Rating 4 (2 votes)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)

No Responses

  1. adminbali

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.